News
Batal
KATEGORI
link has been copied
55
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eb6d9ddaf7e9316f33ca30b/kecerdikan-amerika-serikat-menghancurkan-jepang-di-pertempuran-midway
Jakarta - Pertempuran Midway menjadi salah satu pertempuran paling penting dalam sejarah Perang Dunia ke-2, yang melibatkan Jepang dan Amerika Serikat (AS). Pertempuran ini terjadi di Atol (Pulau) Midway yang terletak di Samudra Pasifik sebelah utara. Seakan belum puas dengan peristiwa Pearl Harbor sebelumnya, enam bulan kemudian, armada Jepang berniat ingin menuntaskannya dalam Pertempuran Midway
Lapor Hansip
09-05-2020 23:27

Kecerdikan Amerika Serikat Menghancurkan Jepang di Pertempuran Midway

Kecerdikan Amerika Serikat Menghancurkan Jepang di Pertempuran Midway

Jakarta - Pertempuran Midway menjadi salah satu pertempuran paling penting dalam sejarah Perang Dunia ke-2, yang melibatkan Jepang dan Amerika Serikat (AS).

Pertempuran ini terjadi di Atol (Pulau) Midway yang terletak di Samudra Pasifik sebelah utara. Seakan belum puas dengan peristiwa Pearl Harbor sebelumnya, enam bulan kemudian, armada Jepang berniat ingin menuntaskannya dalam Pertempuran Midway ini.

Serangan atas Pearl Harbor memang menimbulkan kerugian yang sangat besar kepada Amerika Serikat, namun Jepang masih menganggap bahwa serangan tersebut masih kurang.

Terlebih lagi banyak komandan dan tentara Amerika Serikat yang tidak ada di sana saat terjadi penyerangan. Maka Operasi Midway pun dijalankan atas perintah Laksamana Yamamoto untuk menyelesaikan pekerjaan Jepang yang tidak tuntas enam bulan yang sebelumnya.

Dalam penyerangan ini, Yamamoto mengerahkan kekuatan armadanya secara besar-besaran. Hampir semua sumber kekuatan Jepang, dikerahkan dalam penyerangan ini. Kapal-kapal perang yang dibawa juga sangat banyak, meliputi 4 kapal induk pengangkut pesawat, 150 lebih kapal perang, 248 pesawat tempur, dan 16 pesawat amfibi. Dengan kekuatan ini, Yamamoto yakin bahwa Jepang dapat menaklukkan Midway.

Ternyata AS sudah mempersiapkan kejutan lain, rencana penyerbuan Jepang, jumlah pasukan, dan lokasi yang akan dituju dapat diketahui dengan mudah oleh AS. Dengan bekal dari informasi inilah, AS berada dalam kondisi yang lebih siap.

Untuk menghadapi taktik yang akan digunakan oleh Jepang, AS menyerang melalui udara. Pengalaman sukses yang dilakukan oleh Jepang dengan menyerang Pearl Harbour dari udara tampaknya memang dimanfaatkan oleh AS.

Penyerangan pertama yang dilakukan Jepang adalah dengan mengerahkan 7 buah pesawat pengebom dan 1 pesawat pengintai. Serangan tersebut mengakibatkan kerusakan yang cukup serius di sekitar pangkalan Midway. Namun, serangan udara Jepang tidak bertahan lama setelah mendapatkan balasan dari meriam anti pesawat milik AS.

Puluhan pesawat berhasil ditembak jatuh, banyak pilot yang gugur, mengakibatkan kerugian besar bagi Jepang. Tak lama kemudian, AS langsung meluncurkan pesawat-pesawat pengebomnya untuk menyerang kapal induk Jepang.

Kedatangan pesawat AS ini jelas mengagetkan pasukan Jepang, karena tidak menyangka akan disambut terlebih dahulu. Terlebih lagi, mereka sedang mempersiapkan pesawat yang akan diterbangkan ke Midway. Saat itu, banyak pesawat yang hancur sebelum selesai dipersiapkan untuk menyerang Midway.

AS memiliki kelebihan dari segi taktik. Banyak kapal tempur milik Jepang berhasil dilumpuhkan dan mengalami kerusakan yang sangat parah, beberapa dari kapal-kapal itu juga memilih kabur keluar pertempuran, salah satunya adalah kapal bernama Hiryu.

Namun, kapal tersebut tetap dapat ditenggelamkan oleh AS, sehingga serangan balik ini tentu mengakibatkan kerugian yang sangat besar bagi Jepang. Dan ini menjadi kekalahan mutlak bagi Jepang.

Tercatat sebanyak 4 kapal induk Jepang tenggelam bersama dengan 3.000 tentaranya yang juga tewas. Sedangkan untuk pihak AS, kerugian yang mereka alami hanya satu kapal induk dan destroyer yang tenggalam, dengan jumlah tentara tewas yang lebih sedikit, yakni 307 orang.

https://m.kumparan.com/amp/absal-bac...ay-1tCSl5E1ASE

Militansi jepang luar biasa, tapi sayang seribu sayang, negara yg dia hadapi bukan sembarang negara...

amerika sudah banyak terlibat pertempuran, ada civil war, mexico war, ada lusitania war, dan masih banyak lagi..

Namun sekarang jepang dan amerika adalah sekutu dekat, dan jepang sangat hormat dan patuh kepada amerika
Diubah oleh 747.400
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fatqurr dan 25 lainnya memberi reputasi
24
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Kecerdikan Amerika Serikat Menghancurkan Jepang di Pertempuran Midway
09-05-2020 23:34
Jepang n Amerika sekarang seKutu,dulu mereka adalah seKetombe..emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lupis.manis dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Kecerdikan Amerika Serikat Menghancurkan Jepang di Pertempuran Midway
09-05-2020 23:35
hikmanya kita merdeka emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Kecerdikan Amerika Serikat Menghancurkan Jepang di Pertempuran Midway
09-05-2020 23:38
irak kuwait bertempur. amerika turut campur....
profile-picture
profile-picture
uray24 dan 747.400 memberi reputasi
2 0
2
Kecerdikan Amerika Serikat Menghancurkan Jepang di Pertempuran Midway
09-05-2020 23:58
penulisnya pasti habis nonton midway terus langsung bikin nih artikel emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan uray24 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kecerdikan Amerika Serikat Menghancurkan Jepang di Pertempuran Midway
10-05-2020 00:02
Salut itu ya ma orang Vietnam Utara
Merdeka dr cinak
Perang ma orang champa
Perang ma perancis
Perang ma amerika
Perang ma covid-19
Kurang apa lagi coba
profile-picture
profile-picture
profile-picture
soljin7 dan 5 lainnya memberi reputasi
5 1
4
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Kecerdikan Amerika Serikat Menghancurkan Jepang di Pertempuran Midway
10-05-2020 00:10
Biasa itu
Film dari sisi pemenang pasti lebih heroik
Vietkong ama rusia aja kalah ama rambo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Kecerdikan Amerika Serikat Menghancurkan Jepang di Pertempuran Midway
10-05-2020 00:21
iya saking cerdiknya freeport emasnya lari ke amrik selama puluhan tahun.

emoticon-Leh Uga

indonesia dikasih pajak aja sama % dikit
profile-picture
profile-picture
profile-picture
747.400 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Kecerdikan Amerika Serikat Menghancurkan Jepang di Pertempuran Midway
10-05-2020 00:29

Dari segi kekuatan, armada Jepang memiliki 131 kapal perang berbanding hanya 50 kekuatan AS. Antara penyebab kekalahan Jepang :

1. Kecerdikan AS memintas transmisi komunikasi Jepang. Ini menjadikan AS tau maksud Jepang dan bisa memperkirakan langkah2 yg akan diambil. Kesimpulannya AS tau isi perut armada Jepang sedangkan Jepang blank.

2. Terlalu jumawa, merasa sudah menang besar dari AS setelah pertempuran Laut Coral sebelumnya.

3. Silent Radio armada Jepang.

4. Armada Battleship Yamato/Musashi dan 25 penjelajah berat/ringan pimpinan Yamamoto berada jauh dari lokasi pertempuran, sekitar 2300 mil. Meskipun armada ini bukan kapal induk, setidaknya meriam dan penangkis udaranya yang banyak bisa bertindak sebagai payung kapal2 induk.

5. Kesalahan fatal Nagumo yang seperti bermain "Quick Change - Siapa cepat tukar baju.

6. Keberuntungan AS
Diubah oleh samuel.tirta
profile-picture
profile-picture
profile-picture
747.400 dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kecerdikan Amerika Serikat Menghancurkan Jepang di Pertempuran Midway
10-05-2020 00:33
Bagi ane, Film Midway (1976) lebih realistis, detail dan menegangkan dibanding versi barunya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
747.400 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Kecerdikan Amerika Serikat Menghancurkan Jepang di Pertempuran Midway
10-05-2020 00:37
Gpp ane balas komen yang ngga Junk deh

Jadi IJN itu ngira waktu Pearl harbor udh ngancurin seluruh armada laut AS..padahal ngga..kapal2 induk lagi ngga ada disitu dan kapal2 battleship kelas besar yang dahsyat macem Iowa, Missouri, Tennessee, Alabama dll ga ada di Hawai juga..kalo Arizona sih udah tua

Dan Jepang juga nyangkanya pesawat AS macem Curtis P40 Tomahawk aja yang secara teknis kalah lincah dari A6M Zero..padahal pesawat2 macem F6F Hellcat, F4U Corsair yg lebih lincah dari Zero udh disiapin di kapal induk lain plus pembom lincah SBD Dauntless

Jadilah armada yang abis pulang dari gempur Pearl Harbor itu gampang di lacak ama armada besar AS yang isinya kapal2 induk ama pesawat2 tempur AS terkini ama Battleship2 besar..dan di sergap

Sebenernya pertempuran laut setelah Pearl Harbor ga cuma di Midway..ada Battle Coral Sea..Battle Leyte Gulf..dll
profile-picture
profile-picture
profile-picture
747.400 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Kecerdikan Amerika Serikat Menghancurkan Jepang di Pertempuran Midway
10-05-2020 00:44
ts mungkin kurang baca sejarah, kalo soal pengalaman perang,jepang ga kalah banyaknya sama us
setelah restorasi meiji jepang melaksanakan kebijakan ekspansionis, yg pertama kena korea, lalu manchuria, bahkan sampe rusia dibikin bertekuk lutut sama jepang

satu"nya kekurangan jepang adalah kemampuan produksinya tidak sebanding dengan us, makanya habis midway jepang kalah terus karena produksi kapalnya lambat ga secepat us emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
soljin7 dan 4 lainnya memberi reputasi
4 1
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kecerdikan Amerika Serikat Menghancurkan Jepang di Pertempuran Midway
10-05-2020 01:11
Ane Suka Waktu jepun Beri kejutan, pagi hari
Banyak persiapan, lagian petinggi militer jepun sudah meramal kekalahan, krn mereka tau krn mereka menyerang Duluan,
peristiwa pear harbour, yg pangkalan angkatan laut Raksasa sedunia Diserangnya emoticon-Leh Uga
Lalu sbelum hiroshima dan nagasaki
Ada kutipan petingginya "kita cuma bangunin Singa tidur " dlam film Tora Tora Tora,
akibatnya ya amerika ga ber etika nyerang, langsung kedalam negara di bom (langsung masuk kamar)
emoticon-Leh Uga
Dan banyak juga orang asli jepang berhianat jadi warga negara amerika krn iming iming uang, pekerjaan, dan t4 tinggal oleh amerika yg emang tapi emang pasti janjinya emoticon-Big Grin,
akhirnya bnyak juga ras jepun yg lupa nenek moyangnya di jepun, krn dulu pekerjaan mengharuskab hapus informasi asal kampung dan hidup baru, lagian yg diserang kota boongan emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
soljin7 dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Kecerdikan Amerika Serikat Menghancurkan Jepang di Pertempuran Midway
10-05-2020 02:26
Jelas banget TSnya gak paham isi tritnya.

Yang berjasa dalam pertempuran Midway itu cuma 2.

Letnan Intel dari pihak AS.

Laksamana Nimitz yang mau mendengar masukan dari Letnan Intel yang tadinya gak digubris pendahulu Nimitz.


Dan ditambah dengan kebodohan petinggi militer Jepang yang gak mau mendengar masukan dari tentara muda Jepang.

Akhirnya pimpinan tentara tua Jepang ini ikut tenggelam sukarela dengan Laksamana Jepang berikut Kapalnya yang sengaja ditenggelamkan dengan 2 torpedo agar Kapal tidak jatuh ketangan AS.
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Kecerdikan Amerika Serikat Menghancurkan Jepang di Pertempuran Midway
10-05-2020 02:54
Setau gw jepang ga kalah jauh buat produksi alat perang mereka, sebenernya mesin perang mereka masi bejibun di mainland

mereka kekurangan pilot handal , akhirnya pke strategi kamikaze yg ga membutuhkan skill mumpuni
profile-picture
profile-picture
747.400 dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Kecerdikan Amerika Serikat Menghancurkan Jepang di Pertempuran Midway
10-05-2020 04:32
Quote:Original Posted By 747.400


amerika sudah banyak terlibat pertempuran, ada civil war, mexico war, ada lusitania war, dan masih banyak lagi..



jangan lupa vietnam emoticon-Malu

chester nimitz emang jenius gan emoticon-Shakehand2
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kecerdikan Amerika Serikat Menghancurkan Jepang di Pertempuran Midway
10-05-2020 04:47
Bangunin macan tidur sih...
profile-picture
747.400 memberi reputasi
1 0
1
Kecerdikan Amerika Serikat Menghancurkan Jepang di Pertempuran Midway
10-05-2020 04:57
jepang terlalu percaya diri
profile-picture
747.400 memberi reputasi
1 0
1
Kecerdikan Amerika Serikat Menghancurkan Jepang di Pertempuran Midway
10-05-2020 05:28
jepang memang sudah patuh krena perjanjian kalah perang dibawah meja..
profile-picture
profile-picture
747.400 dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2 0
2
Kecerdikan Amerika Serikat Menghancurkan Jepang di Pertempuran Midway
10-05-2020 08:45
Di Battle of Midway ini armada Jepang kehilangan 4 kapal induk yg menjadi tulang punggung penyerangan Pearl Harbour. AS kehilangan USS Yorktown yg tenggelam. Di pertempuran ini juga memperlihatkan kelemahan intelijen Jepang dalam menganalisa kekuatan musuhnya. Pada Battle of Coral Sea, Jepang berhasil melumpuhkan USS Yorktown bahkan menganggapnya tenggelam.

USS Yorktown ditunda dan kembali diperbaiki hanya dalam tempo 10 hari saja dan langsung ready for combat. Beda dengan Jepang, akibat eurofia kemenangan dimana2 awal ekspansi ke selatan, merasa jumawa dan menganggap enteng AS. Jepang sebelum Battle of Midway sudah dibuai mabuk kemenangan.
profile-picture
profile-picture
kudo212 dan atamlee memberi reputasi
2 0
2
Kecerdikan Amerika Serikat Menghancurkan Jepang di Pertempuran Midway
10-05-2020 12:03
Quote:Original Posted By flothermow
hikmanya kita merdeka emoticon-Cool


Cek lagi gan .. Benar Pengeboman,Hiroshima dan Nagasaki memberi dampak kekuatan militer Jepang, tapi bukan faktor utama yang membuat Jepang menyerah tanpa syarat pada sekutu .. emoticon-Blue Guy Peace
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia