News
Batal
KATEGORI
link has been copied
335
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eb53af5f4d6950489758780/sayonara-larangan-ekspor-benih-lobster-era-susi-tamat
Akhirnya pemerintah melalui Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo mencabut aturan larangan ekspor benih lobster yang sempat dibuat oleh Menteri KKP sebelumnya Susi Pudjiastuti. Edhy Prabowo telah mengeluarkan Permen No 12 tahun 2020 tentang pengelolaan lobster, kepiting, dan rajungan di wilayah RI.
Lapor Hansip
08-05-2020 17:56

Sayonara! Larangan Ekspor Benih Lobster Era Susi Tamat

Past Hot Thread
Quote:Sayonara! Larangan Ekspor Benih Lobster Era Susi Tamat

Sayonara! Larangan Ekspor Benih Lobster Era Susi Tamat

Jakarta, CNBC Indonesia - Akhirnya pemerintah melalui Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo mencabut aturan larangan ekspor benih lobster yang sempat dibuat oleh Menteri KKP sebelumnya Susi Pudjiastuti. Edhy Prabowo telah mengeluarkan Permen No 12 tahun 2020 tentang pengelolaan lobster, kepiting, dan rajungan di wilayah RI

"Pada saat Peraturan Menteri ini mulai berlaku, Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 56/PERMENKP/2016 tentang Larangan Penangkapan dan/atau Pengeluaran Lobster (Panulirus spp.), Kepiting (Scylla spp.), dan Rajungan (Portunus spp.) dari Wilayah Negara Republik Indonesia (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2016 Nomor 1999), dicabut dan dinyatakan tidak berlaku," kata Edhy Prabowo.

Ketentuan ini berlaku efektif pada 5 Mei 2020, adapun Edhy Prabowo menandatangani aturan ini pada 4 Mei 2020. Pertimbangan aturan ini antara lain untuk menjaga keberlanjutan ketersediaan sumber daya perikanan, peningkatan kesejahteraan masyarakat, kesetaraan teknologi budidaya, pengembangan investasi, peningkatan devisa negara.

Pada aturan ini beberapa pasal yang mengatur soal dibolehkannya kembali aktivitas ekspor benih lobster dapat dilihat dari pasal 5 dan 6.


Quote:Pasal 5

(1) Pengeluaran Benih Bening Lobster (Puerulus) dengan Harmonized System Code 0306.31.10 dari wilayah Negara Republik Indonesia hanya dapat dilakukan dengan ketentuan:

a. kuota dan lokasi penangkapan Benih Bening Lobster (Puerulus) sesuai hasil kajian dari Komnas KAJISKAN yang ditetapkan oleh direktorat jenderal yang menyelenggarakan tugas dan fungsi di bidang perikanan tangkap;

b. eksportir harus melaksanakan kegiatan Pembudidayaan Lobster (Panulirus spp.) di dalam negeri dengan melibatkan masyarakat atau Pembudi Daya setempat berdasarkan rekomendasi direktorat jenderal yang menyelenggarakan tugas dan fungsi di bidang perikanan budidaya;

c. eksportir telah berhasil melaksanakan kegiatan Pembudidayaan Lobster (Panulirus spp.) di dalam negeri sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3 ayat (1) yang ditunjukkan dengan: 1) sudah panen secara berkelanjutan; dan 2) telah melepasliarkan Lobster (Panulirus spp.) sebanyak 2 (dua) persen dari hasil Pembudidayaan dan dengan ukuran sesuai hasil panen;

d. pengeluaran Benih Bening Lobster (Puerulus) dilakukan melalui bandara yang telah ditetapkan oleh badan yang menyelenggarakan tugas dan fungsi di bidang karantina ikan, sebagai tempat pengeluaran khusus Benih Bening Lobster (Puerulus);

e. Benih Bening Lobster (Puerulus) diperoleh dari Nelayan kecil penangkap Benih Bening Lobster (Puerulus) yang terdaftar dalam kelompok Nelayan di lokasi penangkapan Benih Bening Lobster (Puerulus);

f. waktu pengeluaran Benih Bening Lobster (Puerulus) dilaksanakan dengan mengikuti ketersediaan stok di alam yang direkomendasikan oleh Komnas KAJISKAN dan ditetapkan oleh direktorat jenderal yang menyelenggarakan tugas dan fungsi di bidang perikanan tangkap;

g. penangkapan Benih Bening Lobster (Puerulus) harus dilakukan dengan menggunakan alat penangkapan ikan yang bersifat pasif;

h. memiliki Surat Keterangan Asal yang diterbitkan oleh dinas kabupaten/kota yang membidangi perikanan pada pemerintah daerah setempat;

i. penangkap Benih Bening Lobster (Puerulus) ditetapkan oleh direktorat jenderal yang menyelenggarakan tugas dan fungsi di bidang perikanan tangkap; dan

j. eksportir Benih Bening Lobster (Puerulus) harus terdaftar di direktorat jenderal yang menyelenggarakan tugas dan fungsi di bidang perikanan tangkap.

(2) Harga patokan terendah Benih Bening Lobster (Puerulus) di Nelayan ditetapkan oleh direktorat jenderal yang menyelenggarakan tugas dan fungsi di bidang perikanan tangkap.

(3) Harga patokan terendah Benih Bening Lobster (Puerulus) di Nelayan dijadikan dasar pertimbangan dan usulan harga patokan ekspor yang ditetapkan oleh kementerian yang menyelenggarakan tugas dan fungsi di bidang perdagangan.

(4) Penetapan kuota dan lokasi penangkapan Benih Bening Lobster (Puerulus) sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf a, dilakukan setiap tahun.


Pasal 6

Kegiatan pengeluaran Benih Bening Lobster (Puerulus) dari wilayah Negara Republik Indonesia sebagaimana dimaksud dalam Pasal 5 ayat (1), dikenakan kewajiban membayar Bea Keluar dan/atau Penerimaan Negara Bukan Pajak per satuan ekor Benih Bening Lobster (Puerulus) dengan nilai yang ditetapkan oleh kementerian yang menyelenggarakan tugas dan fungsi di bidang keuangan negara

Persoalan larangan ekspor benih lobster dilakukan karena adanya alasan lingkungan pada era menteri KKP Susi Pudjiastuti. Jokowi sempat meminta kepada Edhy untuk tidak gegabah dalam melakukan ekspor benih lobster.


Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) sempat mengungkapkan aliran dana penyelundupan benih lobster ke luar negeri mencapai Rp300 miliar-Rp900 miliar per tahun. Dana tersebut digunakan mendanai pengepul dalam negeri dan membeli benih tangkapan nelayan lokal.

Edhy menegaskan, pencabutan larangan ekspor benih lobseter bukan dimaksudkan untuk mengeksploitasi laut Indonesia. Kembali dibukanya ekspor ini justru untuk memastikan keberlangsungan industri kelautan tetap berjalan.

"Jangan kita ngomong hanya seolah-olah kita mau eksploitasi alam tanpa batasan. Saya bukan tipikal seperti itu. Saya sangat percaya bahwa keberlangsungan industri kelautan Indonesia ini hanya bisa berkembang kala didasari oleh keberlanjutan," kata Edhy tahun lalu.


Komeng TS =
Ini serius goblok.

Eksportir harus bisa budidaya buat dapat ijin ekspor benih lobster.

Logikanya kalau mereka bisa budidaya kenapa KKP malah beri ijin ekspor benih bukannya tuh eksportir disuruh budidaya benih sampai lobster dewasa baru boleh di ekspor ?

Permasalahannya budidaya loster itu resikonya besar. Pengusaha eksportir pasti lebih pilih ekspor benih daripada disuruh budidaya. Tinggal ngepul benih dari nelayan terus kirim ke luar negeri, instant profit zero risk. Kalau seperti ini pembudidayaan cuma jadi sekedar syarat formalitas.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
k90abin dan 239 lainnya memberi reputasi
240
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 11 dari 13
Sayonara! Larangan Ekspor Benih Lobster Era Susi Tamat
09-05-2020 12:28
Demi duwid gerindra khianati pks&hti😤
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Sayonara! Larangan Ekspor Benih Lobster Era Susi Tamat
09-05-2020 12:29
Yasudahlah. Ane nyimak ajaemoticon-Hansip
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan risky.jahat memberi reputasi
2 0
2
Sayonara! Larangan Ekspor Benih Lobster Era Susi Tamat
09-05-2020 12:30
tegasin dong emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan risky.jahat memberi reputasi
2 0
2
Sayonara! Larangan Ekspor Benih Lobster Era Susi Tamat
09-05-2020 12:41
sekarang banyak amat orang goblok yg dapet jabatan
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan risky.jahat memberi reputasi
2 0
2
Sayonara! Larangan Ekspor Benih Lobster Era Susi Tamat
09-05-2020 12:56
pro dan kontra masih terus bergulirrr ane liatin aja deh
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan risky.jahat memberi reputasi
2 0
2
Sayonara! Larangan Ekspor Benih Lobster Era Susi Tamat
09-05-2020 12:57
mikirnya cm buat menyenangkan investor. negara ini sudah hancur
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan risky.jahat memberi reputasi
2 0
2
Sayonara! Larangan Ekspor Benih Lobster Era Susi Tamat
09-05-2020 12:59
dibelakang sebuah aturan ada pengusaha yg bermain sbage sponsor. jika pemangku kebijakan tidak bijaksana maka tinggal tunggu akibatnya nanti.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Sayonara! Larangan Ekspor Benih Lobster Era Susi Tamat
09-05-2020 13:31
pada jaman sekarang ini yang namanya sea food sudah mendunia sampai di desa desa.dan budi daya lobster pun juga sulit ya..tapi iki mlah sekarang larangan ekspor dicabut,pastinya sangat menguntung tetangga,ya semoga saja dengan ini devisa negara jadi lebih baik lagi.
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan risky.jahat memberi reputasi
2 0
2
Sayonara! Larangan Ekspor Benih Lobster Era Susi Tamat
09-05-2020 13:54
"Logikanya kalau mereka bisa budidaya kenapa KKP malah beri ijin ekspor benih bukannya tuh eksportir disuruh budidaya benih sampai lobster dewasa baru boleh di ekspor ?"


omongan TS sangat perlu dijawab nih sama KKP. kenapa logika pembuatan aturannya malah kebolak-balik sih.
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan risky.jahat memberi reputasi
2 0
2
Sayonara! Larangan Ekspor Benih Lobster Era Susi Tamat
09-05-2020 14:54
Cape liat menteri KKP yg skrg.
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan risky.jahat memberi reputasi
2 0
2
Sayonara! Larangan Ekspor Benih Lobster Era Susi Tamat
09-05-2020 15:00
yah... menyedihkan program yg dah dibuat buat kesejahteraan, gitu aja lenyap
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan risky.jahat memberi reputasi
2 0
2
Sayonara! Larangan Ekspor Benih Lobster Era Susi Tamat
09-05-2020 15:05
wah ini mgkn jadi berita besar juga sih, ya gimana ya udah dilarang dr jaman susi, ini skrg menguntungkan indonesia apa gak ya
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan risky.jahat memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Sayonara! Larangan Ekspor Benih Lobster Era Susi Tamat
09-05-2020 15:14
padahal kyaknya mnguntungkan
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan risky.jahat memberi reputasi
2 0
2
Sayonara! Larangan Ekspor Benih Lobster Era Susi Tamat
09-05-2020 15:24


Quote:Original Posted By valentin03
kebanyakan pada marah" ga jelas , pada debat kusir . selalu nyalain pemerintah. tanpa memberikan kritikan dan solusi yang jelas.

ga nyadar dia sendiri ga ada manfaat sedikitpun untuk negara ini.

Gue sih ngerasa kesel soalnya gue bayar pajak.
Pajaknya bakal kasih makan orang yg ga kompeten di bidangnya.
Baca komen” yg gak?
Itu kritikan semua, “jangan”, “butuh kesabaran”, “ga bisa instan”, “liat vietnam berani take a risk”.
Keluarga Gue ada vila di pantai krui lampung, di sono lobster 1kg 40k,-60k bandingin ama yg hasil impor harganya?
Lo masak mau anjir bayar mahal.

Kalo di bilang ga ada manfaatnya?
Balikin duit pajak yg di makan bakal gaji orang” ga bener dong?
Sakit aja bpjs ga bisa kasih gue fasilitas yg layak. Akhirnya bayar lebih biar bisa dapet yg layak.

Minimal yg baca komenannya, inget pas doi dah jadi orang, jangan kaya mentri ini, di hujat ga enak, jadi ada rasa harga diri dalam berkerja. Ga cuman duit doang.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Sayonara! Larangan Ekspor Benih Lobster Era Susi Tamat
09-05-2020 16:30
bagus ya kalau berhenti ekspor.. biar bisa di olah sama org kita sendiri dan di jualemoticon-Toast
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan risky.jahat memberi reputasi
2 0
2
Sayonara! Larangan Ekspor Benih Lobster Era Susi Tamat
09-05-2020 17:16
Bangsa ini emang mental nya mental pecundang ya ? Ga ada usaha utk ningkatin budidaya lobster kah ? Ekspor benih sama aja bikin negara lain untung dan justru nnti negara ini yg rugi .

profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
1 0
1
Sayonara! Larangan Ekspor Benih Lobster Era Susi Tamat
09-05-2020 17:32
ceperan gede
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
1 0
1
Sayonara! Larangan Ekspor Benih Lobster Era Susi Tamat
09-05-2020 17:47
Makin gak percaya sama poliTikus negeri ini
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
1 0
1
Sayonara! Larangan Ekspor Benih Lobster Era Susi Tamat
09-05-2020 17:55
Semakin terpuruk petani dan nelayan Indonesia
Diubah oleh Maxxx100
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
1 0
1
Sayonara! Larangan Ekspor Benih Lobster Era Susi Tamat
09-05-2020 18:37

Menterinya Dari GERINDRA

Cuman mau bilang, menteri nya dari partai GERINDRA..
profile-picture
darmawati040 memberi reputasi
1 0
1
Halaman 11 dari 13
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia