joscelin17Avatar border
TS
joscelin17
Kementan Luncurkan Antivirus Corona Berbasis Eucalyptus


jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pertanian (Kementan) meluncurkan antivirus berbasis eucalyptus, di ruang utama Agriculture War Room (AWR), Jakarta, Jumat (8/5).
Inovasi antivirus itu merupakan hasil uji lab para peneliti pertanian yang dinilai mampu menangkal penyebaran virus.


Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengatakan sebelum diluncurkan, antivirus memiliki hasil pengujian terhadap virus influenza, virus beta, dan gamma corona yang menunjukkan kemampuan membunuh virus sebesar 80-100 persen.

“Balitbangtan juga membuat beberapa prototipe eucalyptus dengan nano teknologi dalam bentuk inhaler, roll on, salep, balsem, dan defuser. Kami akan terus kembangkan dengan target utamanya korban terpapar virus covid 19," kata Syahrul.


Dia menuturkan, saat ini ada sekitar 700 jenis eucalyptus di dunia dengan kandungan bahan aktif yang beragam. Namun, bahan aktif utamanya terdapat pada cineol-1,8 yang memiliki manfaat sebagai antimikroba dan antivirus.

"Insyaallah ini akan berhasil. Oleh karena itu tidak ada alasan untuk takut terhadap virus ini, tetapi kita juga harus terus waspada,” sambung Syahrul.


Sementara itu, Kepala Balitbang Fajry Jufri menjelaskan, penelitian ini sebenarnya adalah hasil identifikasi melalui beberapa tanaman herbal dari jamu-jamuan seperti temulawak, jahe, jambu biji, dan minyak Atsiri.

Kemudian, setelah dilakukan uji efektivitas bahan aktif yang terkandung di dalamnya, maka langkah selanjutnya adalah membawa hasil penelitian ke laboratorium. Baru setelahnya inovasi ini bisa dikatakan sebagai produk kekebalan tubuh dan tahan terhadap paparan virus.

"Kami sudah mencobanya kepada yang terpapar virus covid-19 dan hasilnya sangat baik. Namun untuk itu kami masih harus menunggu dari pihak terkait untuk dapat didistribusikan,” ujar dia.

Di samping itu, manfaat dari eucalyptus ini adalah melegakan saluran pernapasan, kemudian menghilangkan lendir, pengusir serangga, disinfektan luka, penghilang nyeri mengurangi mual, dan mencegah penyakit mulut.

"Dalam waktu dekat kami akan kembangkan secara luas sesuai arahan Presiden dan Menteri Pertanian,” tandas dia. (cuy/jpnn)

Spoiler for Sumber :


Kali ini dari Kementerian Pertanian klaim obat nya emoticon-Malu (S)Semoga sukses aja uji cobanya
Diubah oleh joscelin17 08-05-2020 14:55
nurulnadlifa
uzanzd
fatqurr
fatqurr dan 28 lainnya memberi reputasi
29
2.7K
38
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.8KThread40.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.