• Beranda
  • ...
  • Tanaman
  • 6 Pohon Berbunga Eksotis Sebagai Alternatif Sakura Jepang

sllzAvatar border
TS
sllz
6 Pohon Berbunga Eksotis Sebagai Alternatif Sakura Jepang

Sakura Jepang / Cherry Blossom (Prunus serrulata 'Kanzan') | Source : pinterest.com/Marsha Walker


Siapa sih yang tidak tau bunga Sakura?Pastinya hampir seluruh dunia tahu ya pohon bunga yang melambangkan negara Nippon ini.

Tapi sangat disayangkan, pohon Sakua Jepang (Prunus serrulata) memang tidak memungkinkan untuk di tanam dengan 'cara yang biasa' di Indonesia, alasannya karena perbedaan iklim (Hardiness Zone) yang terlalu jauh.

Sebagai alternatif, beberapa spesies pohon tropis dengan bunga yang tak kalah indah dan eksotis dapat dipilih sebagai penggantinya. Pohon-pohon ini juga populer sebagai tanaman perdu, hias, dan lanskap sama seperti halnya Sakura Jepang lho.

Berikut ini 6 Pohon Berbunga Eksotis Sebagai Alternatif Sakura Jepang :


1. BUNGUR (Lagerstroemia speciosa)


Source : inlandvalleygardenplanner.org


Bungur atau yang akrab kita kenal dengan nama 'Sakura Lokal'adalah spesies tanaman dari genus Lagerstroemia dalam keluarga Lythraceae yang berasal dari anak benua India. Saat ini pohon bungur telah menjadi tanaman hias yang populer di seluruh dunia, terutama di wilayah tropis Asia.

Varian warna bunga bungur : Pink (Lagerstroemia speciosa), Putih (Lagerstroemia tomentosa), Ungu (Lagerstroemia 'Purple Magic'), Plum (Lagerstroemia langkawiensis), Merah (Lagerstroemia 'Dynamite'), dan Hitam (Lagerstroemia 'Black Diamond')


2. TABEBUYA (Tabebuia)


Source : flickr.com/mauro halpern


Tabebuya adalah sejenis tanaman yang berasal dari Brazil dan termasuk jenis pohon berukuran besar. Seringkali pohon tabebuyadikira sebagai Sakura oleh kebanyakan orang karena ia memiliki bunga yang bentuknya mirip seperti bunga sakura. Ini menjadi salah satu pohon berbunga yang paling populer sebagai alternatif Sakura Jepang. Bahkan dalam beberapa tahun belakangan ini, pohon tabebuya gencar di tanam pemkot di banyak daerah di Pulau Jawa untuk tanaman perdu dan hias di tepi jalan raya.

Varian warna bunga tabebuya : Kuning (Tabebuia chrysantha), Pink (Tabebuia rosea), dan Putih (Tabebuia roseo-alba).


3. JAKARANDA (Jacaranda)


Source : rindiehan.blogspot.com


Jakaranda adalah genus tanaman berbunga yang terdiri dari 49 spesies dalam keluarga Bignoniaceae, asli dari Amerika Tengah, Amerika Selatan, Kuba, Hispaniola, dan Bahama. Pohonnya juga ditanam secara luas di Asia, terutama di Nepal. Beberapa taman kota di Indonesia pun ditanami pohon jakarandasebagai pohon hias sekaligus pohon perdu sama halnya seperti pohon tabebuya.


4. FLAMBOYAN (Delonix regia)


Source : cabanapoolbar.com


Flamboyan adalah pohon yang dapat tumbuh dengan ukuran yang cukup besar dan berbunga merah cerah. Pohon flamboyanumum dibudidayakan di daerah tropis dan subtropis sebagai tanaman perdu dan hias. Sayangnya, pohon ini terancam punah di habitat aslinya karena perusakan habitat.


5. ANGSANA (Pterocarpus indicus)


Source : birdingphilippines.com


Angsanaadalah spesies pohon penghasil kayu berkualitas tinggi. Dalam perdagangan, kayu angsana disebut dengan rosewood atau narra. Pohonnya memiliki bunga berwarna kuning dan tampak indah saat mereka mekar kompak di musimnya.


6. TRENGGULI (Cassia fistula)


Source : nurserylive.com


Tengguli atau Golden Shower Tree adalah spesies pohon berbunga dalam keluarga Fabaceae. Pohon trenggulimemiliki bunga dengan warna kuning cerah dan menjuntai indah. Tengguli banyak ditanam sebagai pohon hias dan tanaman obat tradisional.


==xx==xx==xx==xx ==xx==xx ==xx==xx ==xx==xx ==xx==xx ==xx==xx==

NadarNadz
nona212
edv039
edv039 dan 35 lainnya memberi reputasi
36
3.6K
25
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Tanaman
TanamanKASKUS Official
3.9KThread2.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.