Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

wahid30Avatar border
TS
wahid30
Rapid Test Buatan BPPT Deteksi Corona Dalam 15 Menit


Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN) menyatakan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) telah menciptakan alat rapid test untuk mendeteksi virus corona SARS-CoV-2.

Menristek Bambang Brodjonegoro mengklaim alat rapid test itu mampu memberikan hasil cepat dalam waktu sekitar 15 menit dengan tingkat sensitivitas alat rapid test hanya 75 persen.

Alat rapid test itu digunakan untuk deteksi awal dengan cara mendeteksi antigen atau bagian virus corona yang masuk ke dalam tubuh manusia.

"Alat ini tidak seakurat PCR, tapi bisa bantu screening awal dan berikan penanganan," kata Bambang saat konferensi pers di Gedung BNPB, Jakarta, Senin (6/4).

Bambang menjelaskan ada dua jenis rapid test, yakni berbasis microchip dan LAMP. Dengan berbasis microchip, rapid tes itu dapat mendeteksi mulai hari ke-2 infeksi. Sedangkan rapid test berbasis LAMP yang diketahui buatan LIPI memiliki reagen berbeda dengan test kit PCS sehingga lebih mudah diperoleh.

Selain itu, Bambang menyampaikan BPPT juga mengembangkan polymerase chain reaction (PCR) portabel untuk mendeteksi SARS-CoV-2. Alat tes PCR diketahui lebih akurat dibandingkan alat rapid test serologi atau antibodi (RDT Micro-chip atau RDT IgG IgM).

Alat tes ini akan menggunakan isolat RNA dari Balitbangkes Kementerian Kesehatan. Inovasi alat PCR portabel itu disebut bisa membantu agar pengecekan corona dengan metode PCR dilakukan di berbagai daerah.

"BPPT akan kembangkan mobile test kit berbasis PCR," ujarnya.

Di sisi lain, Bambang menyampaikan Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (LAPAN) juga diklaim turut berkontribusi melalui layanan salah satu satelit buatannya, yaitu LAPAN-A2/LAPAN-ORARI.

Satelit itu telah mengirimkan pesan anjuran physical distancing atau upaya menjaga jarak fisik kepada masyarakat melalui frekuensi radio 145.825 MHz. Pesan lain terkait penanggulangan COVID-19 juga dapat dikirimkan melalui satelit ini.


muyasy
smoothx
nona212
nona212 dan 21 lainnya memberi reputasi
22
696
4
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.