Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • CitiCar, Mobil Listrik Terbaik Amerika Sebelum Mobilnya Elon Musk

partaioliangAvatar border
TS
partaioliang
CitiCar, Mobil Listrik Terbaik Amerika Sebelum Mobilnya Elon Musk

Sekarang ini mobil Tesla menjadi salah satu mobil listrik yang paling sukses di Amerika bahkan dunia. Sudah banyak jenis mobil listrik yang dikeluarkan perusahaan Elon Musk ini. Dan sudah beragam teknologi pun yang udah diterapin di setiap mobil Tesla. Tapi meskipun sukses, Tesla bukanlah mobil listrik pertama yang populer di Amerika.

Sebelum mobil-mobil listrik seperti Nissan Leaf, Toyota Prius, dan Tesla menguasai pasar, Chrysler pernah menjajakan mobil listrik lebih dulu di negeri Paman Sam. Pabrikan yang telah mengenalkan mobil listrik di AS ini bernama CitiCar. Mobil ini mulai diproduksi pada tahun 1974 oleh perusahaan bernama Sebring – Vanguard.


Pada era CitiCar muncul, pasar otomotif Amerika dipenuhi dengan mobil – mobil berotot seperti Mustang dan Chevrolet. Akibatnya keberadaan CitiCar tidak begitu dikenal. Umur mobil ini pun gak panjang di jalur produksi. Pada tahun 1977, CitiCar berhenti produksi, dimana kala itu mobil listrik ini telah diproduksi sebanyak 4.500 unit.

Angka produksi itu memang sangat kecil jika dibandingkan dengan produksi mobil konvensional lainnya. Namun, faktanya mobil ini adalah mobil listrik dengan jumlah produksi terbanyak sampai akhirnya dikalahkan oleh produksi mobil Tesla di tahun 2010.

FYI, CitiCar tersedia dalam 3 varian di pasaran dengan pilihan baterai. Varian termurah menggunakan baterai 36v dengan motor penggerak bertenaga 2,5 hp. Selanjutnya ada yang mengangkut baterai 48v dengan tenaga listrik 3,5 hp, sedangkan yang paling tertinggi memiliki tenaga hingga 6 hp. Di pasaran mobil ini sudah cukup sulit ditemukan. Seorang yang mendapatkan mobil ini dan menjual mematok harga USD 3.500 atau sekitar Rp 54 juta.


mamaproduktif
nona212
tien212700
tien212700 dan 20 lainnya memberi reputasi
21
1.7K
13
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.7KThread15.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.