Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

nunungsetyawanAvatar border
TS
nunungsetyawan
10 Ayam Hias Unik yang Mungkin Anda Belum Ketahui
10 Ayam Hias Unik yang Mungkin Anda Belum Ketahui
Ayam hias merupakan jenis ayam yang banyak diminati oleh para penghobi ayam hias. Dikatakan ayam hias karena memiliki beberapa keunikan yang terdapat dianggota tubuhnya, mulai dari warna dan jenis bulunya, bentuknya, hingga suara kokoknya yang dapat mencuri perhatian setiap orang yang melihat dan mendengarnya. Ayam hias memang jenis ayam yang memiliki keunikan yang tidak dimiliki oleh ayam biasa, maka dari itu banyak yang memilih ayam hias untuk hobi maupun koleksi.
Namun sekarang ini ayam hias yang unik dan banyak mencuri perhatian, kini sudah mulai sedikit terlupakan. Entah karena para penghobinya sibuk dengan pekerjaannya atau mungkin bisa saja saat ini masih banyak yang belum mengenali jenis-jenis ayam hias yang mungkin memang masih asing karena sebagian besar diwilayah tempat tinggalnya belum banyak dijumpai ayam hias tersebut.
Kini kami dari jualayamhias.com akan mengingatkan kembali beberapa jenis ayam hias yang ada didunia yang sekarang ini sudah mulai sedikit terlupakan. Ayam hias yang terdapat didunia ini memiliki banyak jumlahnya, kami akan mengingat kembali dan mengenalkan 10 jenis ayam hias tersebut yaitu
1. Ayam Batik Itali
Ayam batik itali adalah jenis ayam hias yang memiliki keunikan dibagian bulunya. Warna bulunya yang hitam dan putih itu membentuk motif seperti batik. Ayam batik memang ukuran badannya memang tidak terlalu besar. ayam batik itali ini mulai dikembangkan yaitu pada abad ke-19.

2. Ayam Batik Kanada
Ayam batik kanada memiliki warna bulu yang bermotif seperti batik juga yaitu perpaduan antara warna hitam dan keemasan. Sama dengan ayam batik itali, ayam batik kanada juga memiliki ukuran badan yang tidak terlalu besar sehingga cocok untuk dijadikan sebagai ayam hias.

3. Ayam Kapas
Mengapa dinamakan ayam kapas? Itu dikarenakan jenis bulunya yang memang seperti kapas. Folikel antara bulu satu sama lain tidak melekat sehingga terlihat seperti kapas. Jenis ayam hias ini berasal dari negara China kemudian diperkenalkan oleh Marcopolo ke negara-negara Eropa . selain jenis bulunya yang unik, ayam kapas juga memiliki keunikan sendiri diantara ayam hias lainnya, pada umumnya ayam memiliki jari yang berjumlah empat akan tetapi ayam kapas memiliki jari yangberjumlah lima. Meskipun ayam kapas yang paling terkenal adalah yang berwarna putih, tetapi jenis warna bulu lainnya juga tidak kalah menarik seperti warna cokelat merah dan hitam.

4. Ayam Mutiara
Dilihat dari namanya saja jenis ayam hias ini sudah terlihat unik. Ayam mutiara ini jenis ayam hias yang sebenarnya berasal dari keluarga burung(aves). Pada bulunya terdapat bintik-bintik putih seperti mutiara. Ayam mutiara memiliki berbagai jenis yaitu ayam mutiara biasa, ayam mutiara hitam, ayam mutiara putih, ayam mutiara silver dan ayam mutiara plangkok. Ayam ini memiliki yang hanya bertelur saat musim hujan tiba.

5. Ayam Poland
Ayam poland juga sering disebut dengan ayam mahkota, ayam jambul atau ayam tanduk. Mengapa demikian karena ayam poland ini memiliki bulu dibagian kepalanya yang menyerupai mahkota. Meskipun memiliki nama poland namun jenis ayam hias ini bukan berasal dari negara Polandia melainkan dari negara Belanda dan masuk ke Indonesia pada saat masa penjajahan. Di negara asalnya ayam poland ini memiliki bulu yang lebat tetapi ayam poland yang hidup di Indonesia bulunya tidak begitu banyak. ayam poland memiliki berbagai warna yaitu hitam putih, kecoklatan, kekuningan, abu-abu dan berbagai campuran dari warna tersebut.

6. Ayam Onagadori
Ayam berekor panjang ini berasal dari negara Jepang. Ekornya panjang ini bisa mencapai 10-15 meter. Di Indonesia sendiri ekor onagadori bisa mencapai 1,5 meter jika dipelihara dengan perawatan yang bagus.

7. Ayam Phoenix
Ayam hias phoenix adalah ayam hias yang berasal dari negara Jerman. Ayam phoenix ini memiliki cirikhas ekor yang panjang dan lurus. Memiliki berbagai variasi warna bulu diantaranya putih, merah, hitam putih, kuning hitam dan merah hitam. Memiliki cirikhas jengger berwarna merah, kaki berwarna abu-abu dan paruh hitam kekuningan.

8. Ayam Cemani
Ayam cemani termasuk jenis ayam hias yang asli berasal dari Indonesia tepatnya di daerah Temanggung Jawa Tengah. hampir bulu disepanjang tubuhnya berwarna hitam, dan anggota tubuh lainnya seperti pada bagian paruh, jengger, tenggorokan, kaki, dubur keculai lidahnya yang berwarna putih atau abu-abu.

9. Ayam Ketawa
Ayam ketawa juga termasuk jenis ayam hias yang berasal dari Indonesia yang berada di Kabupaten Sindrap, Sulawesi Selatan. Diliha dari fisiknya memang mirip dengan ayam lokal pada umumnya yang membedakan dan membuat ayam ini unik yaitu suara kokoknya, saat ayam ketawa berkokok suaranya mirip dengan orang yang sedang ketawa.

10. Ayam Kalkun
Ayam hias yang satu ini memiliki postur tubuh yang besar sehingga daging yang dihasilkan pun akan lebih banyak. ayam kalkun sendiri memiliki banyak jenisnya diantaranya ; kalkun bronze, kalkun black spanish, kalkun putih/ white holland , kalkun golden palm, royal palm dan bourbon red. Biasanya jenis kalkun yang diambil sebagai pedaging yaitu jenis ayam kalkun bronze yang harganya lebih murah dibanding ayam kalkun jenis lainnya.


Beberapa jenis ayam hias saat ini memang sedikit terlupakan, maka dari itu jualayamhias.com mengingatkan kembali berbagai jenis ayam hias yang unik agar para penghobi disela-sela kesibukannya bisa meluangkan waktu untuk mengingat kembali jenis-jenis ayam hias yang mungkin dahulu pernah menjadi ayam hias favoritnya dan kembali untuk mengkoleksi sebagai hobinya.

untuk melihat jenis ayam hias lainnya bisa dibuka di website kami http://www.jualayamhias.com/

Diubah oleh nunungsetyawan 29-03-2016 01:25
pakolihakbar
budiagpra
budiagpra dan pakolihakbar memberi reputasi
2
8.2K
29
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.