Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Mengapa Motor gak Menggunakan Penggerak Roda Depan ya? Ini Alasannya!

partaioliangAvatar border
TS
partaioliang
Mengapa Motor gak Menggunakan Penggerak Roda Depan ya? Ini Alasannya!

Berbeda dengan mobil, motor menggunakan sistem penggerak roda belakang untuk bisa dikendarai. Sementara mobil menggunakan penggerak roda depan atau kombinasi dari keduanya. Kenapa demikian, semua ada alasannya GanSis...

Tempo dulu ternyata ada sepeda motor berpenggerak roda depan sekitar tahun 1938 yang dikembangkan oleh lima insinyur yang disebut Killinger and Freund Motorcycle. Motor tersebut menggunakan mesin dua tak berkapasitas 600 cc. Proyek itu merupakan versi upgrade dari motor asal Jerman, Megola.


Setelah proyek motor berpenggerak roda depan Megola dihentikan, pabrikan motor tersebut tidak terlalu tertarik dengan proyek ini. Sebab, desain penggerak roda depan pada sepeda motor memiliki banyak kelemahan dibanding kelebihan yang dimilikinya.

Kalau desain roda depan mengambil peran menjadi pengarah (untuk berbelok) dan penggerak (untuk berjalan), maka akan membuat motor kehilangan fleksibilitas. Selain itu, motor berpenggerak roda depan juga membutuhkan bagian mekanis yang lebih kompleks sehingga meningkatkan biaya produksi. Desain penggerak roda depan pada sepeda motor juga dapat menyebabkan roda depan selip saat melakukan akselerasi mendadak. Sebab, gaya inersia akan menyebabkan motor cenderung fokus ke bagian belakang.

Selain itu, peran roda depan sebagai pengarah kendaraan pada mobil dan motor juga berbeda. Mobil bisa membelokkan roda depan tanpa memiringkan rodanya. Tapi motor, biasanya untuk berbelok akan sedikit miring. Dengan asumsi roda depan memiliki dua peran sebagai penggerak dan pengarah, maka pengemudi motor berpenggerak roda depan akan sulit mengendalikannya.

sumber

nona212
tien212700
iskrim
iskrim dan 31 lainnya memberi reputasi
32
3.1K
22
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.7KThread15.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.