Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

riwidyAvatar border
TS
riwidy
Kebaikan Tetanggaku Telah Menyelamatkan Hidupku!
Kebaikan Tetanggaku Telah Menyelamatkan Hidupku!


"Sebenarnya kebaikan itu dimulai dari perhatian lebih ke sesuatu yang mengganggu indera kita, dan mewujudkan gerak batin itu dalam tindakan nyata yang membahagiakan orang lain."


Kebaikan Tetanggaku Telah Menyelamatkan Hidupku!

Kisah sedih ini berulang di kepalaku bagai nyanyian sendu nan sumbang yang berulang terputar dari cd rusak dalam sebuah player jadul. Sungguh memuakkan.

Itulah pengalaman kisah sedihku. Dahulu kala, lebih dari 10 tahun yang lalu. Seperti kotoran yang menempel dan enggan terbuang yang pada akhirnya hanya merupakan kenangan buruk yang membebani jiwa.

Aku mungkin dulu bodoh, dan memang benar-benar tertipu, jatuh ke jerat pria muda yang nyatanya tidak lebih dari penjahat wanita kelas teri dengan modal dengkulnya. Segalanya hanya kebohongan saja.Yah, suamiku dulu tak lebih dari seorang pecundang. Apalagi ditambah dengan mertua dan nenek mertua yang juga sama "kejam"nya.

Tetapi apapun itu hanya bisa kuhadapi dengan tabah. Aku menikah dengannya dengan cinta dan restu, maka hitam putihnya berusaha kucerna dan terus menguatkan hati sendiri.

Aku mengalami apa yang disebut KDRT alias Kekerasan Dalam Rumah Tangga. Memang bukan penyiksaan fisik, tapi lebih ke mentalku yang tersakiti. Ucapan, hinaan, ancaman selalu kuterima setiap hari. Suamiku cuek dengan tanggung jawab sebagai kepala rumah tangga. Dibiarkannya perutku kelaparan. Aku sebagai istri yang seharusnya dikasih nafkah juga ketentraman hidup, tapi suami dan mertua mengabaikannya. Apa salahku?

Allah Maha Besar, walaupun aku demikian disiksa suami dan mertua, Allah bersamaku. Aku yang kelaparan dan bingung, jauh dari teman dan keluarga, mendapatkan bantuan dari para tetangga. Mereka kasihan melihatku rupanya.

Ada sekeluarga tetanggaku itu bernama Mbak W sebut saja begitu, bersama suaminya, Mas P, juga putri tunggalnya F, selalu memberikan perhatian, kasih sayang, juga bantuan.

Padahal mereka tetangga dekat suamiku, rumahnya di belakang rumah kami dan masih terhitung saudara jauh dengan mertuaku. Kenapa justru mau repot membantuku? Sungguh keajaiban dari Allah Swt yang bisa menggerakkan hati mereka. Mereka bisa berpihak pada kebenaran. Alhamdulillah.

Kebaikan Tetanggaku Telah Menyelamatkan Hidupku!

Bentuk kebaikan Mbak W dan Mas P juga F banyak, dan meskipun terlihat sepele dan kecil hal itu telah "menghidupkan" aku yang kelaparan dan juga mengembalikan kehormatanku sebagai manusia. Sungguh seumur hidup aku akan selalu mengenangnya dan merasa sangat bersyukur.

Kebaikan mbak W sebagai tetanggaku antara lain :

- Memberi Makanan Sekedarnya.

Seringkali ketika mereka mendapatkan nasi dari selamatan dan tidak dimakan, selalu memanggilku ke rumah dan membawakanku makanan itu diam-diam tanpa setahu mertua dan suamiku.

Setiap pagi aku juga disuruh bantu masak sebentar untuk sarapan dan ketika matang, kami makan bareng-bareng. Bahagia rasanya dianggap seperti keluarga sendiri.

- Mbak W Membeli Roti dariku untuk Pekerjanya

Aku bisa membuat roti unyil yang isinya bermacam-macam. Mbak W mau menampungnya, bahkan sering memesan untuk cemilan sore pekerjanya. Alhamdulillah aku bersyukur walau keuntungannya sangat sedikit.

- Memberi Pekerjaan di Usahanya.

Mbak W adalah juragan batu-bata yang mempunyai banyak pekerja, dan aku ditarik diajarinya mencetak bata dan sebagainya. Gratis. Dia berinisiatif demikian karena mengetahui keuntungan penjualan roti unyilku tak seberapa. Kalau tak laku malah merugi.

Walau latar belakangku jauh dari dunia kuli dan kerja keras begitu, aku mau saja melakukannya. Alhamdulillah bisa mendapat sampai 10-20 ribu perhari sebagai upahku.

- Memberikan Hiburan dan Kekuatan

Sesekali F main ke rumah dan mengobrol dan bercanda denganku. Kadang aku yang main ke rumahnya nonton tv karena di rumah suamiku tidak bebas dan dimarahi kalau nonton tv. Kalau ada waktu senggang, aku diajak jalan-jalan dan makan di rumah makan. Hal yang mustahil dilakukan suami dan mertua.

- Memberikan Pembelaan dan Perlindungan

Ada kalanya suami dan mertuaku keterlaluan dalam beberapa hal, Mas P dan Mbak W menbelaku walau dengan bahasa bercanda. Mereka juga senantiasa mengawasi kami. Alhamdulillah.

Begitulah GanSist kisah hidupku dahulu. Alhamdulillah, aku sudah pisah dengan suami tak bergunaku itu dan lepas dari mertua yang kejam berkat tetanggaku. Aku masih hidup dan waras juga berdaya untuk menuntut cerai.

Tetanggaku yang baik itu masih berkomunikasi denganku sampai sekarang walau lewat What'sApp saja. Bahkan ketika aku menikah lagi, mereka juga datang dan berbahagia dengan kebahagiaanku

Walau mungkin bagi tetanggaku tidak merasa banyak memberi bantuan, bagiku sangat berarti dan mendorong diriku untuk tetap bersemangat menghadapi kenyataan hidup. Lalu berjuang lepas dari neraka itu. Alhamdulillah. Alhamdulillah. Alhamdulillah.

Sekarang aku bisa berbahagia, hidup tentram, bahagia bersama suami baik, penyayang dan mencukupi kebutuhanku dengan baik.

Andai dahulu tidak ada bantuan dari Mbak W sekeluarga aku mungkin masih tenggelam dalam drama kehidupan bak sinetron ikan terbang itu dan kemudian mati pelan-pelan. Atau mungkin malah hidup tapi gila karena tidak kuasa menerima siksaan hidup.

Alhamdullillah, bantuannya yang kecil tapi konsisten dan berulang itu memberi dampak yang demikian dahsyat dalam hidupku. Hidupku GanSist! Aku masih hidup berkat bantuan itu.

Terimakasih Mbak W, Mas P dan F. Semoga acara pernikahan F yang tertunda karena pandemi Corona dapat dilaksanakan sebelum tahun ini berakhir dengan keadaan Corona sudah lenyap. Aamiin.

Demikian kisahku GanSist, pesanku tetaplah jadi baik, bantulah sesama, walau itu kelihatan sepele. Percayalah bahwa seseorang yang sangat membutuhkan bantuan itu akan merasakan ketulusan dan kebaikan kita. Akhirnya kebaikan akan balik lagi ke kehidupan kita. Semoga.

Selamat menjalankan ibadah puasa dan terus sebarkan kebaikanmu.








Ngawi, 02042020




Ss cendol maniak
Spoiler for 10 cendols :





Sumber kisah :
opini pribadi
Sumber gambar :
www.pexels.com
klik


zvp
oranduweid
swiitdebby
swiitdebby dan 40 lainnya memberi reputasi
41
703
19
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.