Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

boyadriannAvatar border
TS
boyadriann
Sering Pakai, Namun Kamu Belum Tahu Kepanjangan Dari Wi-Fi?
Sering Pakai, Namun Kamu Belum Tahu Kepanjangan Dari Wi-Fi?
Internet. Satu kata ini menjadi salah satu hal yang paling kita butuhkan di era digital seperti sekarang. Satu hari saja tanpa internet rasanya dunia akan berakhir.
Salah satu teknologi yang membuat kita bisa menikmati internet adalah Wi-Fi. Jaka yakin kalian semua pernah menggunakan Wi-Fi. Tapi, apakah kalian tahu kepanjangan dari Wi-Fi?
Kalau kamu tahu, berarti kamu hebat! Kalau yang belum tahu, jangan berkecil hati. Jaka akan kasih tahu kepanjangan Wi-Fi lengkap dengan fungsi-fungsinya!

Definisi Wi-Fi
Wi-Fi adalah teknologi yang memanfaatkan gelombang radio untuk menyediakan konetivitas jaringan. Koneksi Wi-Fi dibuat menggunakan adaptor nirkabel untuk membuat Hotspot.
Apa itu Hotspot? Yang jelas bukan tempat panas . Hotspot adalah area di sekitar router nirkabel yang terhubung ke jaringan sehingga memungkinkan kita untuk mengakses internet tanpa kabel.

Sejarah Wi-Fi
Wi-Fi memiliki sejarah yang cukup panjang. Wi-Fi pertama kali dirilis untuk publik pada tahun 1997 ketika sebuah komite bernama 802.11 terbentuk.
Pembentukan komite ini memicu pembuatan IEEE802.11 yang menjadi seperangkat standar untuk mendefinisikan komunikasi jaringan area lokal nirkabel. Inilah yang menjadi dasar adanya jaringan Wi-Fi.
Seperti yang sudah dijelaskan di awal, Wi-Fi menggunakan gelombang radio untuk memancarkan sinyal. Wi-Fi berjalan di dua jenis frekuensi, yakni 2.4Ghz dan 5Ghz.

Fungsi Wi-Fi
Selama ini yang kita tahu dari Wi-Fi adalah membuat kita bisa terhubung dengan internet sehingga bisa berselancar di browser media sosial. Padahal, Wi-Fi tidak hanya itu.
Pertama, Wi-Fi bisa menghubungkan beberapa perangkat tanpa kabel. Misalkan dalam satu perusahaan terdapat enam PC. Semua PC tersebut bisa terkoneksi satu sama lain dengan memanfaatkan jaringan Wi-Fi.
Karena terhubungan, maka kita bisa mengirim data secara langsung. Selain lebih cepat, pengiriman data dengan menggunakan Wi-Fi juga lebih praktis dan efisien.
Nah, tadi Jaka sudah menyinggung sedikit tentang Hotspot bukan? Nah, smartphone kita bisa dimanfaatkan menjadi modem dengan menyalakan fitur hotspot tethering pada ponsel kamu. Fitur ini bisa kita gunakan dengan adanya Wi-Fi Geng!

Kepanjangan dari WiFi
Secara mengejutkan, banyak orang yang tidak mengetahui kepanjangan dari Wi-Fi. Padahal, Jaka yakin sudah banyak orang yang menggunakan tekonlogi ini.
Wi-Fi merupakan kepanjangan dari Wireless Fidelity atau dalam bahasa Indonesia menjadi kepercayaan kepada nirkabel.
Mungkin, maksudnya waktu itu adalah kepercayaan bahwa era kabel akan segera berakhir dan digantikan oleh teknologi wireless. Hal itu ada benarnya, karena sekarang sudah banyak teknologi yang wireless.
Karena kata-kata yang tidak lazim inilah yang membuat banyak orang tidak mengetahui kepanjangan dari Wi-Fi.

Cara Mempercepat Koneksi Wi-Fi
Nah, kalau kamu termasuk pengguna Wi-FI yang sering mengeluh lemotnya internet, Jaka punya beberapa tips nih geng agar kamu bisa mengakses internet lebih kencang.

1. HP dengan Teknologi Wi-Fi Terbaru
Tentu saja semakin baru sebuah teknologi Wi-Fi, semakin kencang internet yang bisa dijalankan. Biasanya, handphone-handphone terbaru sudah dilengkapi dengan teknologi terbaru.
Jadi, kalau handphonemu termasuk jadul, mungkin udah waktunya kamu ganti HP nih geng! Enggak butuh keluar duit banyak, karena Jaka punya rekomendasi handphone murah yang yahud!

2. Mencari Posisi yang Tepat
Karena nirkabel, tentu kita tidak bisa melihat di mana sinyal Wi-Fi berada. Oleh karena itu, bisa jadi internet kamu lambat karena posisimu tidak tepat.
Carilah posisi terbaik tanpa mengurangi kenyamananmu berinternet. Kalau bisa, carilah tempat yang dekat dengan router Wi-Fi.

3. Hindari Elektronik Lain
Adanya elektronik lain di sekitar kita bisa mengganggu sinyal Wi-Fi lo geng. Sebut saja microwave. Oleh karena itu, usahakan untuk tidak dekat-dekat dengan barang eletronik lain.

4. Menggunakan Aplikasi.
Selain tiga cara di atas, banyak aplikasi-aplikasi yang bisa kamu manfaatkan untuk memperkuat sinyal Wi-Fi. Apa saja? Langsung aja mampir ke tulisan Jaka yang satu ini, dijamin ampuh!
Akhir Kata

Jadi, sekarang udah tahu kan geng apa kepanjangan dari Wi-Fi? Jaka ulangi sekali lagi, Wi-Fi merupakan kepanjangan dari Wireless Fidelity ya geng.
Coba deh kamu tanya ke temenmu, Jaka yakin banyak yang enggak tau. Semoga artikel ini bermanfaat ya.
0
1.4K
1
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Education
EducationKASKUS Official
22.6KThread13.7KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.