kartu.prakerjaAvatar border
TS
kartu.prakerja
Berapa Dana Kartu Prakerja yang Masuk Kantong Startup RI?


Berapa Dana Kartu Prakerja yang Masuk Kantong Startup RI?

16 April 2020 14:18

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah mengungkapkan dana pelatihan Program Kartu Pra Kerja yang masuk ke startup RI. Menurut pemerintah dana yang pelatihan tersebut diberikan kepada lembaga pelatihan yang menawarkan layanannya via 8 platform.

Untuk melakukan pelatihan peserta Kartu Pra Kerja, pemerintah memutuskan untuk bermitra dengan 8 platform. Yakni, Tokopedia, Skill Academy by Ruangguru, Maubelajarapa, Bukalapak, Pintaria, Sekolahmu, Pijarmahir, dan Sisnaker.

Direktur Komunikasi Manajemen Pelaksana Prakerja Panji Winanteya Ruky mengatakan anggaran Kartu Pra Kerja senilai Rp 20 triliun yang dikucurkan oleh pemerintah diperuntukkan untuk membayar insentif sebesar Rp 3,55 juta kepada 5,6 juta target peserta pelatihan Prakerja.

"Nah dari Rp 3,55 juta itu, Rp 1 juta untuk peserta dari pemerintah untuk pelatihan. Nah, tapi lembaga pelatihan ini menawarkan jasanya via 8 platform digital. Antara mereka, kalau ada persetujuan komersil, itu antara mereka, bukan kami," jelas Panji kepada CNBC Indonesia, Kamis (16/4/2020).

Sampai saat ini, ada lebih dari 900 jenis pelatihan online yang disediakan oleh delapan digital platform. Untuk bisa mengikuti pelatihan, ada biaya yang harus dibayarkan anggota Kartu Pra Kerja. Besarannya mulai dari Rp 150 ribu hingga Rp 850 ribu.

Biaya tersebut bakal dibayarkan anggota Kartu Pra Kerja menggunakan insentif yang dikirimkan oleh pemerintah sebesar Rp 1 juta. Kendati demikian pemerintah tidak mau pihaknya disebut telah membayarkan biaya kepada startup atau platform digital.

"Jadi apakah fee atau apa, kami tidak bayar fee. Kami hanya bayarkan bantuan pelatihan kepada si peserta. Kalau lembaga pelatihan kemudian bayar komisi ke market place itu di luar kami," jelasnya.

Panji mengatakan, tidak menutup kemungkinan pemerintah bakal menambah jumlah mitra. Saat ini setiap platform digital telah diikat perjanjian selama dua tahun. Selama periode itu, pemerintah akan mengevaluasi dan bisa memutus kontrak jika platform tidak memenuhi ketentuan.

"Ke depannya akan ditambah. Tidak ada hambatan untuk masuk ke sini, asal memenuhi syarat di Permenko (Peraturan Menteri Koordinator Perekonomian) dan mau bekerja sama memenuhi layanan masyarakat sesuai dengan aturannya," kata Panji.

cnbcindonesia.com
https://www.cnbcindonesia.com/tech/2...ong-startup-ri
terserahsaja659
onik
crazzyid
crazzyid dan 10 lainnya memberi reputasi
11
1.7K
17
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.8KThread40.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.