• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Inilah Jawaban Ahli, Kenapa Harus Bangga Punya Mobil Kaleng-Kaleng

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Inilah Jawaban Ahli, Kenapa Harus Bangga Punya Mobil Kaleng-Kaleng


[ HT# 587 ]

Banyak netizen khususnya di dunia otomotif menyebut sebuah mobil merek tertentu dengan istilah body kaleng-kaleng, berkesan murahan. Murah yang bukan murahan pastinya, karena perusahaan saat menjual mobil ke konsumen telah memikirkan jangka panjang dan faktor safety dengan matang. Sudah saatnya kita melek informasi kenapa harus bangga dengan mobil kaleng yang mudah penyok!


kobayogas

Awal mulanya saya juga penasaran kenapa ada mobil dibuat sedemikian ringkih padahal dibeli dengan harga yang tak murah, tidak seperti mobil buatan negeri eropah sana yang banyak dibangga-banggakan karena bodynya kuat bahkan tiang listrikpun kalau bisa dibuatnya tunduk. Eits, tapi tunggu jangan bangga dulu, ya, karena semua ada alasan dan plus minusnya.

Saking penasarannya saya ubek-ubek media luar dan dalam negeri untuk mencari info kenapa ada pabrikan mobil membuat produknya sedemikian ringkih terutama dibagian luarnya? Apakah ini demi mengirit biaya produksi, atau ingin menekan harga jual agar bisa bersaing dipasaran, lalu bagaimana nasib konsumen dilapangan ketika terjadi accident? Dan akhirnya saya menemukan apa yang dimaksud dengan teknologi Crumple zone.

Awalnya, ketika teknologi pembuatan mobil belumlah secanggih sekarang, perusahaan otomotif memang memproduksi body dan chasis kendaraannya sekuat mungkin dengan harapan bisa bertahan lama, mampu melindungi pengendaranya, bahkan kalau bisa mengalahkan kekuatan body tank sekalipun.



danjhonson

Waktu terus berjalan, namun kekuatan fisik yang dimiliki oleh mobil-mobil tersebut ternyata membawa efek negatif yang justeru membahayakan seisi penumpangnya. Ketika terjadi sebuah kecelakaan, benturan yang dihantarkan (efek kinetik dan gravitasi) ke dalam kabin tidak teredam (terdeformasi) dengan baik yang akibatnya justeru berakibat amat fatal, membuat seisi penumpang rawan terbentur dengan benda disekitar mobil dengan benturan yang keras dan padat, sekalinya terkena beturan akan fatal yang dirasakan, dalam presentase angka kecelakaan banyak memakan korban yang minim bisa diselamatkan dan atau nyaris tanpa luka ringan dan cenderung terluka parah.

Dan kini seharusnya kita patut bersyukur karena para insinyur otomotif telah menemukan teknologi yang dinamakan Crumple zone. Crumple zone di titik pusatkan di bagian depan dan belakang mobil, tujuannya tentu untuk meredam benturan dengan lebih sempurna. Ketika terjadi sebuah benturan akibat kecelakaan maka area Crumple zone bagian reinforcement akan menahan agar jangan sampai getarannya masuk ke kabin, ini akan secara otomatis meredam dan menyerap benturan yang terjadi seketika itu juga.

Crumple Zone ternyata memiliki nama yang berbeda pada tiap produsen. Pada Honda disebut dengan G-Con (G-Force Control) + ACE, Toyota dan Daihatsu menyebutnya GOA Body (Global Outstanding Assesment), Suzuki dengan TECT (Total Effective Control Technology) lalu Mazda dengan SkyActiv Body dan lainnya.



designfeatures

absoluterescue

Teknologi Crumple zone juga memungkinkan bagian terpadat atau terkuat seperti baja tetap bisa dipertahankan dibagian tertentu yang intinya diposisikan untuk melindungi dan menjamin keselamatan seisi penumpang, dan tentu saja memimimalisir korban dalam keadaan fatal dan juga mencegah korban di luar mobil lebih parah, seperti bagian bumper yang sengaja dibuat mudah penyok, atau bagian pintu yang tersenggol pemotor, pejalan kaki dsb.

Nah, jadi sekarang kita sudah tahu dong alasan utama kenapa ada pabrikan yang dengan sengaja memposisikan bagian tertentu terlihat ringkih, mudah penyok, atau yang kita kenal dengan istilah body kaleng ini.

Jadi mulai saat ini kita justeru harus bangga memiliki mobil berbody kaleng ini karena untuk menjamin keselamatan seisi penumpang di dalam mobil dan orang lain disekitar mobil. Keselamatan adalah faktor utama bagi seisi penumpang dan orang lain, pluuus kini ditambahkan dengan fitur airbag makan jaminan keselamatan menjadi lebih baik lagi.

Dan mungkin, nilai plus lainnya bagi pabrikan otomotif adalah ongkos produksi jadi lebih hemat tanpa harus mengorbankan kualitas dan keselamatan pemilik kendaraan juga orang lain, bukan begitu, kawan?



Sebuah opini
Sumur. kobayogas, detik
Img.header. jpninfo



Copyright © 2016 - 2020 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Diubah oleh iskrim 04-05-2020 05:42
Mangazatria
nona212
tien212700
tien212700 dan 242 lainnya memberi reputasi
241
15.6K
313
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.7KThread14.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.