marusareAvatar border
TS
marusare
Tips Irit Berpuasa Ala Anak Kost
Hayoooo sapa  nih disini yang anak kosan, kalian pasti pernah melakukan tips-tips ini!

Berburu Takjil Gratis

Cara lainnya yang bisa dilakukan untuk berhemat selama bulan puasa adalah dengan berburu takjil gratis. Sembari menunggu waktu untuk berbuka puasa, Kamu bisa berburu takjil gratis yang biasanya ditawarkan di masjid-masjid ataupun di jalan raya. Biasanya terdapat beberapa komunitas atau kelompok yang menawarkan takjil gratis bagi pengguna jalanan tersebut. Tak ada salahnya menerima takjil gratis tersebut, anggap saja hal tersebut merupakan rezeki gratis yang didapatkan saat bulan puasa.

Buatlah Menu Berbuka Puasa

Cara hemat yang bisa dilakukan selama bulan puasa adalah dengan membuat list menu makanan selama bulan puasa. Biasanya menu buka puasa pada umumnya, akan membuat anggaran menjadi berlebih. Hal ini sebenarnya wajar karena kebiasaan membeli makanan yang lebih dibandingkan biasanya saat bulan puasa. Namun jika hal ini dibiarkan terus menerus akan menghabiskan uang saku bulanan kamu. Untuk mengakalinya, Kamu bisa menyusun menu makanan apa saja yang mengenyangkan dan menyehatkan untuk buka puasa dan sahur. Sehingga hal ini nantinya akan memudahkan Kamu untuk mengestimasi biaya pengeluaran selama bulan puasa. Cara ini juga efektif untuk tidak membuat makanan bersisa dan akhirnya terbuang sia-sia.

Kurangi Kegiatan Ngabuburit

Sudah menjadi hal yang wajar saat akan berbuka puasa, kamu melakukan ngabuburit bersama dengan teman-teman. Namun sadarkah kamu jika hal ini lah yang membuat keuangan menjadi boros? Hal ini dikarenakan rasa lapar yang sedang melkamu membuat Kamu terasa kalap melihat jajanan, makanan dan minuman yang terpajang. Sehingga membuat Kamu membeli semuanya hanya untuk memuaskan keinginan saja.

Cobalah Memasak

Bila di kosan terdapat dapur, tak ada salahnya untuk memanfaatkan dapur tersebut untuk membuat makanan untuk buka ataupun sahur. Tak perlu memasak yang berlebihan, cukup yang sederhana dan mengenyangkan akan memuaskan perut Kamu. Dengan memasak akan sangat efektif untuk menghemat uang saku setiap harinya. Jika tak terlalu pandai memasak, Kamu bisa mengikuti resep di internet. Saat ini banyak sekali resep hingga video memasak yang mudah diikuti.


NadarNadz
saeful07
nona212
nona212 dan 7 lainnya memberi reputasi
8
373
8
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Lifestyle
LifestyleKASKUS Official
10.4KThread11KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.