Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Keadaan Ngabuburit di Tengah Pandemi Virus Covid-19, Memberi Pelajaran Baik!

masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Keadaan Ngabuburit di Tengah Pandemi Virus Covid-19, Memberi Pelajaran Baik!

Suasana ngabuburit masa pandemi covid-19, masih ramai tapi teratur!


Pandemi covid-19 menjadi momok menakutkan bagi seluruh manusia di dunia, karena sejak awal munculnya virus ini pada akhir tahun 2019 dari hari ke hari bertambah terus menerus korban terdampak hingga saat ini.

Dengan adanya virus covid-19 yang semakin merajalela, keadaan berubah begitu cepat. Ekonomi dunia melemah, masyarakat semakin hari semakin gundah karena harus diam di rumah, sedangkan mereka banyak yang kehilangan pekerjaan dan hidup dalam keadaan susah.

Pemerintah Negara-negara terdampak virus ini pun juga mengambil kebijakan demi keselamatan Negara dan masyarakatnya masing-masing.
Baik dengan membuat peraturan yang membatasi mobilitas masyarakat, menutup Negara dari kunjungan Negara lain yang berdampak dengan pemasukan Negara dan masih banyak peraturan dan kebijakan-kebijakan yang lainnya.

Begitupun dengan keadaan di Negara kita tercinta Indonesia, Pemerintah kita juga telah menetapkan beberapa peraturan untuk pencegahan dan penanganan virus covid-19 ini.
Penetapan karantina wilayah, larangan melakukan mudik di bulan ramadhan, penerapan sistem kerja dari rumah dan masih banyak penetapan peraturan-peraturan yang lainnya.
Tentu tidak hanya peraturan, kebijakan juga diturunkan oleh Pemerintah untuk membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak virus covid-19.

Datangnya bulan ramadhan di tengah pandemi bisa diibaratkan sebagai lahan memohon ampunan, karena virus covid-19 tidak hanya semata sebagai ujian, namun juga menjadi teguran agar umat manusia ingat kepada Sang Pencipta dan tidak berlebihan dalam merusak dunia.
Lantas apakah pandemi covid-19 ini berpengaruh dengan keadaan bulan ramadhan?
Tentu saja sedikit banyak sangat berpengaruh.
Mulai dari ibadah sunah, wajib, bahkan tradisi-tradisi ramadhan pun ikut terdampak.

Salah satu tradisi di bulan ramadhan yang sedikit berubah yaitu Ngabuburit, pada umumnya di bulan-bulan ramadhan yang telah lalu waktu ngabuburit adalah waktu yang paling ditunggu oleh para pemuda, waktu sore hari menunggu maghrib dihabiskan untuk jalan-jalan atau mencari makanan untuk berbuka puasa.

Namun karena virus covid-19 keadaan ngabuburit ramadhan tahun ini sangat berbeda. Sepi, lengang dan jarang sekali ada orang yang berani berkeliaran.
Mungkin orang yang hendak keluar rumah harus berpikir berulang kali, karena tidak dapat bebas keluar begitu saja.
Hampir di setiap gang dan perbatasan didirikan Posko pengamanan, bagi mereka yang ingin melintas wajib diperiksa dan harus mengenakan masker.
Jadi karena alasan inilah masyarakat enggan untuk keluar dari rumah hanya untuk ngabuburit.

Di bawah ini beberapa potret jalanan di desa ane dan melintas ke tetangga desa yang berhasil diabadikan saat ngabuburit!


Quote:



Quote:



Quote:


Jika dibilang ujian dan cobaan memang virus covid-19 ini adalah ujian berat bagi umat manusia, namun bukan berarti adanya virus ini tidak ada manfaat kebaikan sama sekali yang dapat kita ambil.
Kita bisa mendapatkan pelajaran atas ujian ini, bahwa meskipun kita diciptakan sebagai makhluk Allah yang paling sempurna dalam bentuk fisik dan pemikiran kita tetap sebagai makhluk, sungguh tak layal jika kita menyombongkan diri seolah-olah kita pemilik dan pengatur takdir kehidupan.

Saat ini adalah waktunya kita memohon ampunan kepada Allah Subhanahuwataalla, memperbaiki kehidupan agar tidak semena-mena terhadap sesama manusia di kehidupan ke depannya.

Itulah tadi keadaan bulan ramadhan yang berbeda di tengah pandemi virus covid-19 yang ane rasakan, mungkin setiap wilayah mempunyai perbedaan karena memang setiap daerah memiliki keadaan yang berebeda-beda terkait penyebaran virus ini.

Untuk Agan dan Sista yang merasa kehidupannya terdampak dengan adanya pandemi virus covid-19, bisa ceritakan dengan membuat thread atau komentar di bawah.
Saat ini rasa simpati, empati dan doa terbaik untuk kepentingan bersama adalah salah satu bentuk perjuangan kita selain dari mengikuti himbauan dan perintah dari pemerintah.

Semoga keadaan ini lekas berakhir berganti dengan kebaikan, dan kita bisa kembali melanjutkan kehidupan dan beribadah di bulan ramadhan. Aamiin

Terima kasih untuk yang sudah singgah, sampai jumpa di thread-thread Agan TS bertema ramadhan yang lain!




Penulis: @masnukho
Pengalaman Pribadi Penulis


emoticon-Cendol Ganemoticon-Rate 5 Staremoticon-Keep Posting Gan


Cendol kebaikan
darmawati040
Gimi96
Kokonata
Kokonata dan 37 lainnya memberi reputasi
38
1.2K
37
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.