ivoox.idAvatar border
TS
ivoox.id
Survei KPAI: 56,5% Siswa Tidak Mau Membayar SPP Saat Pandemi Covid-19


Komisi Perlindungan Anak Indonesia dalam surveinya menemukan keinginan siswa tidak membayar Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) selama pandemi virus Corona atau Covid-19.

Komisioner KPAI bidang pendidikan Retro Listyarti mengatakan, 56,6% siswa tidak mau membayar SPP. Siswa yang ingin membayar SPP secara utuh 29,1 persen, kemudian siswa yang mengusulkan pembayaran SPP separuh 14,3 persen.

Retno menuturkan, alasan siswa ingin adanya pengurangan biaya SPP karena pekerjaan orang tua mereka terdampak Covid-19. Dengan demikian, pendapatan orang tua siswa menurun, bahkan ada yang tidak memiliki penghasilan karena di-PHK.

“Para responden juga berargumentasi bahwa biaya operasional sekolah seperti listrik dan air juga berkurang karena tidak ada kegiatan lagi di sekolah,” kata Retno Listyarti saat memaparkan hasil surveinya terkait PJJ di tengah Covid-19 melalui video conference, Jakarta, Senin (27/4/2020).

Survei ini dilakukan pada 13-20 April 2020 dengan jumlah responden mencapai 1.700 siswa. Para responden berasal dari 20 provinsi dan 54 kabupaten/kota. Survei menggunakan metode deskriptif kuatitatif. Survei dilaksanakan dengan teknik multistage random sampling.

Adapun teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner yang diberikan menggunakan aplikasi google forms kepada 246 pengadu sebagai responden utama dan 1.700 responden pembanding.



franssinaga
wakyu06
zachwaadzromare
zachwaadzromare dan 153 lainnya memberi reputasi
154
7.7K
256
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.