Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

localnewsAvatar border
TS
localnews
3 Perawat RSUD Bung Karno Solo Diusir dari Tempat Kosnya
3 Perawat RSUD Bung Karno Solo Diusir dari Tempat Kosnya

Pemberian stigma kepada tenaga kesehatan (nakes) masih saja terjadi di tengah pandemi Corona atau COVID-19. Kini korbannya adalah tiga perawat yang bertugas di RSUD Bung Karno (RSBK) Solo.

Tiga perawat itu terusir dari indekosnya di kawasan Grogol, Sukoharjo. Mereka lalu dijemput oleh rekan kerjanya dan menempati tempat tinggal sementara di lantai 5 RSBK.

Kabar tersebut awalnya diunggah akun Instagram RSUD Bung Karno, yaitu rsudbungkarno. Dalam video tersebut, dijelaskan bahwa tim dengan ambulans tidak sedang sedang menjemput pasien COVID-19, namun tenaga kesehatan yang terusir dari tempat tinggalnya.

Tergambar beberapa tenaga kesehatan telah siap dengan barang-barangnya dan dimasukkan ke dalam ambulans. Ambulans tersebut kemudian mengarah ke RSUD Bung Karno, Kelurahan Mojo, Pasar Kliwon, Solo.

Direktur RSUD Bung Karno, Wahyu Indianto mengatakan peristiwa tersebut terjadi hari Jumat pekan lalu. Ada tiga nakes yang ditolak dari indekos yang mereka tinggali.

“Iya betul, enggak tahu itu disuruh pergi begitu saja. Sebabnya apa juga enggak tahu,” kata Wahyu kepada wartawan, Senin (27/4).

Dia pun mengirimkan ambulans untuk menjemput pegawainya tersebut. Untuk sementara, mereka tinggal di lantai 5 RSUD Bung Karno.

“Ada tiga orang perawat, perempuan, satu kos. Kebetulan di RSUD masih ada tempat yang bisa untuk menampung mereka,” ujarnya.

Dia menilai penolakan tersebut tidak masuk akal. Sebab pihak RS telah menerapkan standar prosedur untuk mencegah penularan COVID-19.

“Sebetulnya ketakutan mereka tidak masuk akal. RSUD Bung Karno sudah menerapkan safety dengan baik. APD (alat pelindung diri) lengkap, keluar ruang isolasi harus mandi bersih,” kata dia.

Sementara itu, Camat Grogol, Bagas Windaryanto, mengaku belum mendapatkan informasi terkait hal tersebut. Dia juga belum mengetahui lokasi kejadiannya.

“Saya belum tahu. Ini masih kita telusuri,” katanya, Senin (27/4/2020) sore.

Menanggapi polemik itu, Sekretaris Daerah (Sekda) sekaligus Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Solo, Ahyani, menyiapkan rumah sitaan kasus korupsi Djoko Susilo, Ndalem Priyosuhartan, untuk tempat tinggal nakes terdampak, termasuk pegawai RSBK.

“Ndalem Priyosuhartan akan kita fokuskan untuk menampung teman-teman nakes yang terdampak, seperti misal diusir ibu kos,” kata Ahyani di Balai Kota, Senin (27/4/2020).


sumber: http://www.wartaregional.com/2020/04/28/3-perawat-rsud-bung-karno-solo-diusir-dari-tempat-kosnya/
armand112
4iinch
sebelahblog
sebelahblog dan 23 lainnya memberi reputasi
24
1.1K
17
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.