Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

pesonaindo2020Avatar border
TS
pesonaindo2020
5 Makanan Khas Bali Yang Lezat dan Harus Kalian Coba!


Quote:


Pulau Bali memang sangat terkenal dengan wisata alamnya. Namun, rasanya kurang lengkap jika kita berwisata tanpa menikmati makanan khas dari provinsi tersebut.

Banyak makanan yang memiliki cita rasa pedas, namun ada juga yang memiliki rasa manis serta gurih. 

Tenang saja, semuanya pasti enak-enak dan terjamin kualitasnya.

Menemukan makanan di daerah Bali juga cenderung mudah mengingat banyaknya restoran yang tersedia di pulau Dewata tersebut.

5 Makanan Khas Bali Terlezat dan Terfavorit

Nah, untuk kalian yang akan berwisata ke Bali, yuk coba makanan berikut ini. Dijamin deh, kalian pasti ketagihan dengan menu-menu berikut:


1.Sate Lilit Bali


Wah, kalo ini sih kesukaan saya. Sate ini dibuat dengan cara melilitkan adonan daging kedalam tusuk yang terbuat dari serai. 

Penggunaan bumbu kacang juga telah dioleskan sebelum dibakar, jadi rasanya akan meresap dengan sempurna. Nyum!

Biasanya penjual sate akan menggunakan daging ikan tuna atau ayam. Rasanya sendiri pedas manis dengan aroma serai yang muncul saat memakannya.

2.Ikan Asap Sambal Matah Bali

Sambal matah yang terkenal dari Bali dipadukan dengan ikan bakar segar yang langsung ditangkap dari laut, membuat kita seakan-akan lupa dengan dunia kita. keunikkannya adalah penggunaan sabut kelapa yang digunakan untuk mengasapi.

Membuatnya memang cukup memakan waktu, tapi rasanya gausah diragukan lagi deh. Untuk bumbu ikannya, penjual menggunakan bumbu halus dari cabai, kunyit, bawang putih, dan bawang merah. Setelah matang, ikan akan disajikan dengan nasi dan sambar matah.

3.Ayam Betutu


Ayam betutu sudah sangat dikenal oleh banyak orang. Namun, di Bali ada olahan yang sedikit berbeda dengan yang lain.

Di Bali mereka menggunakan bumbu bernama base genep yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabai, kemiri, terasi, serai, daun salam, daun jeruk, lengkuas, jahe, kunir, dan kencur yang dihaluskan dan ditumis.

Setelah itu, mereka memasukkan daun singkong kedalam perut ayam setelah dilumuri dengan bumbu. Namun sebelum diolah, ayam akan diikat baru direbus beberapa jam sampai bumbu meresap. Setelah direbus, ayam akan dibakar agar rasanya semakin nikmat.

4.Nasi Campur Bali


Nasi campur Bali banyak dijual di berbagai rumah makan, sehingga banyak variasi lauk yang berbeda-beda. Nasi campur sangat enak untuk dimakan kapanpun.

Beberapa lauk yang biasanya tersedia adalah jukut urap, tum ayam, kacang tanah goreng, lawar ayam, dan sambal matah.

Jukut urap sendiri adalah makanan yang dibuat dari nangka muda, dan ada pula yang membuatnya dengan cara mencampurkan hasil rebusan bayam, kacang panjang, dan tauge bersama parutan kelapa bakar.

5.Nasi Tepeng


Nasi tepeng merupakan sebuah hidangan nasi putih yang dimasak agak lama sehingga menjadi lembek. Nasi ini disajikan bersama menu lain seperti sayur, ayam goreng, nangka muda, kacang merah, dan telur.

Yang unik dari nasi tepeng adalah pada penyajiannya yang menggunakan daun pisang sehingga aroma dan rasa dari nasi tetepa terjaga dengan enak.

Itulah 5 rekomendasi makanan khas Bali yang harus kalian cicpi saat berkunjung. Semoga artikel ini bermanfaat. Selamat berlibur!

JANGAN LUPA

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Imlekemoticon-Toastemoticon-Toastemoticon-Toast



Diubah oleh pesonaindo2020 28-04-2020 04:20
rayhanpahlevi27
4iinch
tien212700
tien212700 dan 36 lainnya memberi reputasi
37
1.3K
15
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.