Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

djinggo88Avatar border
TS
djinggo88
5 Fakta Terapi Plasma Darah yang Didonasikan Pasien 03 untuk Obati Coron
Jakarta -

Ratri Anindya, pasien corona nomor 03 berhasil sembuh. Kini ia mendonorkan plasma darahnya untuk membantu pasien Corona yang masih berjuang.

Terapi plasma darah diketahui sebagai salah satu cara untuk mengobati pasien Corona khususnya dalam kondisi kritis. Namun apa saja fakta-fakta di balik terapi ini? Simak penjelasan berikut.

1. Bagaimana terapi plasma darah untuk pasien Corona?

Pengobatan dengan terapi plasma darah dilakukan dengan menyuntikkan plasma darah yang mengandung antibodi penangkal Corona pada pasien terinfeksi virus Corona COVID-19.

2. Siapa yang bisa mendonor plasma darah pada pasien Corona?

Seseorang yang sudah dinyatakan sembuh dari virus Corona COVID-19. Orang tersebut harus memiliki golongan darah yang sama dengan pasien yang akan menerima donor plasma darahnya.


3. Apakah terapi plasma darah terasa sakit?

Francisco Lopez, ahli hematologi di Pusat Medis St Luke, mengatakan prosedur terapi transfusi plasma darah seseorang tidak sakit dan berlangsung selama sekitar satu jam. Sementara mentransfer plasma darah ke pengidap Corona memakan waktu sekitar dua jam.

4. Bisakah seseorang mendonor plasma darah kedua kalinya?

Bisa. Lopez mengatakan seseorang dapat melakukan transfusi plasma darah kembali setelah 14 hari.

5. Seberapa efektif melakukan terapi plasma darah?

Dokter di China melakukan terapi plasma darah pada lima pasien Corona dengan rentang usia 36 sampai 73 tahun dan dilaporkan sembuh. Studi ini terbit di Journal of American Medical Association (JAMA).

Meski begitu satu dokter di California, AS, melakukan terapi serupa pada pasien dengan kondisi kritis namun sayangnya tak bisa terselamatkan karena virus Corona sudah merusak banyak organ tubuhnya. Namun terapi plasma darah tersebut masih dipercayai para ahli sebagai obat potensial.

================================

sumber


nah di indonesia , saat ini klo gak salah udah 1000an orang yg sembuh.alangkah baiknya klo pemerintah meminta mereka jadi donor plasma untuk membantu penderita covid 19 , terutama yg dengan gejala sedang-berat, jadi diharapakan bisa membantu menekan angka kematian

emoticon-Shakehand2





armand112
4iinch
sebelahblog
sebelahblog dan 22 lainnya memberi reputasi
23
1.1K
16
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672KThread41.7KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.