Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

januaraxeltiouwAvatar border
TS
januaraxeltiouw
Membuat Home Recording ?? Siapa Takut...
Kali ini saya akan membagikan sedikit tips mengenai bagaimana memulai membangun sebuah home recording untuk mengisi kekosongan selama dirumah aja. Langsung aja inilah beberapa peralatan yang dibutuhkan :

1. PC/ Laptop
    PC/ Laptop adalah wadah untuk kita melakukan proses pengerjaan rekaman. Adapun spek yang diperlukan adalah sebagai berikut :
   Proc : Intel Core i3 atau diatasnya
   Ram : 8Gb atau diatasnya
   Vram : 1 Gb atau diatasnya (tidak pun gak jadi masalah)
   Hdd   : 500 Gb atau diatasnya

2, Audio Interface :
    Audio Interface atau yang dikenal sebagai soundcard adalah alat yang paling penting dimiliki karena ini merupakan converter dari analog ke digital - digital ke analog. Tips yang paling bagus dalam memilih audio interface adalah carilah produk yang memang sudah memiliki nama sehingga kualitas tak perlu di ragukan lagi contoh : Presonus, m-Audio, Steinberg, Focusrite, Avid dll. Selain itu pilihlah audio interface yang memiliki fitur bit depth dan sample rate yang besar sehingga memungkinkan untuk mengerjakan audio dalam skala besar.

3. Microphone :
    Microphone disini buakan sebagai pengera suara akan tetapi sebagai media untuk menangkap suara analog yang kemudia dilanjutkan untuk diproses di audio interface. Ada 2 jenis microphone yang sering digunakan yaitu : Dynamic dan condensor. Untuk Condesnsor memerlukan daya tambahan yang bisa didapat dari fitur phantom power audio interface. untuk lebih jelasnya mengenai microphone pelajari disini . Selain microphone juga diperlukan stand mic + spider dan juga pop filter.

4. Kabel :
    Kabel adalah hal penting yang wajib kita miliki juga. Pemilihan kabel yang biasa saja menyebabkan noise yang berlebihan ketika kita melakukan rekaman, oleh karena itu usahakan jangan sembarangan memilih kabel. Saran saya lebih baik bikin sendiri di toko audio jauh lebih murah, pakai aja merk : Canare untuk kabelnya dan Neutrix untuk Kepala Jacknya.
  Kabel memiliki bermacam jenis :
  a. XLR Kabel
  b. TS mono
  c. TRS Stereo
  d. Aux
  e. RCA

 5. Audio Monitor (Speaker / headphone)
    Audio monitor difungsikan untuk melakukan review ketika sedang merekam atau mixing dan mastering. Speaker dan headphone ini berbeda dengan speaker/ headphone pada umumnya (multimedia) karena fungsionalnya yang merupakan audio monitor. Tips ketika mencari audio monitor yaitu carilah yang memiliki kapasitas range yang lebar. Ingat tidak ada speaker flat, semua speaker mendapat tambahan warna/karakter sound dari pabrik sehingga lebih baik kita yang belajar untuk mengenal karakter speaker/headset kita tersebut. Contoh speaker yang standart : Yamaha HS, KRK, Focal, Adam, M-Audio, Samsons, DS Acoustic (Lokal punya nii..). Sedangkan untuk headphone ada ; Audio Technica, Sennheiser, Shure dll.

6. Headphone Amp.
    yang ini optional bisa digunakan atau tidak, karena fungsinya yang hanya membagi suara dari 1 output speaker menjadi beberapa output speaker.

Berikut adalah video yang bisa kalian tonton untuk mendapatkan penjelasan lebih detail :



Jadi itulah beberapa peralatan yang dibutuhkan ketika kita hendak membangun sebuah home recording, so gak perlu takut lagi tidak memiliki lahan/tempat. Dimanapun, kapanpun bisa kalian lakukan karena semua peralatan saat ini serba kecil dan semua serba efisien dan memiliki tingkat mobilitas yang tinggi, so.. saya tunggu project teman-teman semua.

Terima kasih telah membaca dan menonton video kami, jika bermanfaat bagikan kepada yang lain.
Salam Hangat - Axel Tiouw


0
408
1
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Music
MusicKASKUS Official
19.8KThread9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.