• Beranda
  • ...
  • Music
  • Thrash Metal Hingga Heavy Metal, Ini Lagu Metallica Terbaik Menurut Ane / Terfavorit

pcjamesAvatar border
TS
pcjames
Thrash Metal Hingga Heavy Metal, Ini Lagu Metallica Terbaik Menurut Ane / Terfavorit


Hai agan agan, balik lagi dengan ane PCJAMES. Hari ini ane kembali menulis thread agan agan. Thread ane hari ini akan membahas soal musik gan, genre musik yang cukup rentan dan sensitif nih kalau dibahas di KASKUS. Dan Band yang akan ane bahas adalah band favorit ane yang bisa dibilang sebagai band paling legendaris dan hebat di genre ini secara mainstream. Yoi gan, hari ini ane akan membahas soal musik Heavy Metal tepatnya Metallica.




Sebelum ada agan agan yang mau ngomel, iya iya tau Thrash Metal itu Subgenre dari Heavy Metal dan Heavy Metal bukan subgenre. Namun yang ane maksud adalah, Metallica adalah band yang sejak awal mengusung Thrash Metal di setiap musiknya hingga 90an awal, namun sejak saat itu hingga 2008 mereka mengalihkan musik mereka sedikit dengan memainkan Heavy Metal murni. Dan di album terbaru mereka, aroma Thrash Metal kembali mengental. Nah, sebagai fans Metallica yang masih cupu (dari SD - Lulus SMA Sekarang), dan dari kedua genre yang pernah mereka usung, ini lagu lagu terbaik mereka versi ane gan.


1. The Day That Never Comes




Yap ini gan, lagu Metallica favorit ane dari seluruh album mereka. Lagu yang datang dari album kebangkitan mereka setelah hiatus 5 Tahun, sejak 2003 dan saat itu album yang mereka rilis tak se-hebat album mereka sebelumnya. Lagu yang membawa kembali Thrash Metal (Meskipun Gak Sepenuhnya) kedalam musik Metallica sejak mengusung Heavy Metal di era Enter Sandman. Yap, ini dia The Day That Never Comes. Single utama mereka di album Death Magnetic yang dirilis pada tahun 2008. Lagu yang berdurasi 8 Menit kurang 4 detik. Lagu ini terkenal dengan gabungan Heavy Metal dan Thrash Metal yang terasa di dekat penghujung lagu ketika tempo semakin cepat. Solo gitar andalan Kirk Hammett juga cukup panjang di lagu ini. Video klip lagu ini kental dengan nuansa perang di daerah timur tengah. Dilansir dari wikipedia, lagu ini sebenarnya bermakna soal Pengampunan dan mengambil kisah dari hubungan ayah dan anak.

2. Battery


Selanjutnya, mari kita mundur ke tahun 80an. Era emas pertama Metallica, terutama di era Thrash Metal mereka. Ketika mereka merilis satu dari dua album paling legendaris mereka yaitu Master Of Puppets. Namun, yang menjadi favorit ane bukan Master Of Puppets tapi lagu yang menjadi opening track album ini yaitu Battery (biar ga dikata poser poser amat aw haha). Lagu dengan durasi 5 menit 13 detik ini dirilis pada tahun 1986. Lagu ini mungkin diawal memiliki pola yang sama dengan lagu One, Dimulai dengan intro lembut dengan alunan gitar akustik, lalu mulai ditaruh hentakan drum dan distorsi gitar dan akhirnya musik mulai bermain dengan keras dan cepat khas Thrash Metal pada umumnya. Tentu saja bagian terfavorit ane dari lagu ini adalah permainan gitar dari Kirk Hammett.

3. Enter Sandman




Oke, ane balik lagi nih membahas lagu mainstream Metallica. Mungkin yang paling mainstream dari Metallica. Kalau ane nyebut lagu ini di nomor satu, auto dikatain poser ane. Tapi karena ane suka, ane wajib masukin. Era pertama Metallica saat mengusung Heavy Metal murni dan juga di era ini mereka berhasil menelurkan album tersukes mereka selain Master Of Puppets. Dan Enter Sandman menjadi lagu pentolan di album ini. Lagu yang berdurasi 5 setengah menit dan dirilis pada tahun 1991. Cukup khas, intro lagu ini juga diawali dengan cukup tenang dan lama kelamaan semakin keras. Lagu ini pun sempat menempati posisi ke 10 dalam Bilboard Hot 100 US pada tahun itu.

4. Hardwired




Dan terakhir, lagu yang tergolong baru dari Metallica (iya meskipun udah 4 tahun hehe). Lagu yang datang setelah penantian panjang fans Metallica menunggu 8 tahun perilisan album baru, dan untuk ane pribadi lagu ini sangat memuaskan dan ane sangat suka. Hardwired, lagu yang dirilis pada tahun 2016 dan berdurasi 3 menit. Lagu ini bisa dibilang jadi obat kangen fans Metallica yang lebih menyukai era 80an mereka karena kembali mengusung Thrash Metal ditambah Speed Metal. Dari awal lagu ini sudah dimainkan dengan tempo cepat dengan permainan drum yang kompleks dari Lars Ulrich. Lagu ini menjadi lagu nomor 1 dalam Chart Billboard Mainstream Rock dan masuk dalam nominasi Best Rock Song Grammy 2017.

Sumber :

Opini Pribadi

Wikipedia

Kevinsmithon
nunu403
onik
onik dan 210 lainnya memberi reputasi
209
6.6K
199
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Music
MusicKASKUS Official
19.7KThread8.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.