Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Sports
  • Cara Asik Berolahraga Tanpa Mengganggu Ibadah Puasa

RetnoQr3nAvatar border
TS
RetnoQr3n
Cara Asik Berolahraga Tanpa Mengganggu Ibadah Puasa
olahraga saat puasa
Cara Asik Berolahraga Tanpa Mengganggu Ibadah Puasa

Bukan hal yang aneh saat menjalankan puasa perasaan badan terasa lemas selalu. Hal itu mungkin karena berkurangnya asupan makanan, nutrisi, dan cairan dalam tubuh. Namun, hal tersebut bukan menjadi alasan untuk bisa bermalas-malasan dengan hanya melakukan tidur sepanjang waktu.

Dengan tidur sepanjang hari, bukannya badan menjadi segar, tapi malah badan bertambah lemas. Walaupun sedang berpuasa, maka produktifitas dan kewajiban untuk menjaga tubuh tetap bugar harus tetap dilaksanakan.

Berikut tips yang biasa ane lakukan untuk tetap melakukan olah raga tanpa membatalkan ibadah puasa:

1. Sahur yang cukup
Cara Asik Berolahraga Tanpa Mengganggu Ibadah Puasa

Makan sahur merupakan satu di antara rangkaian berpuasa. Makan sahur menjadi awalan sumber dan tabungan tenaga untuk menjalani aktivitas selama berpuasa di siang harinya. Untuk itu, sangat diperlukan makanan yang cukup gizi dan nutrisi, ditambah lagi kaya akan serat. Dengan makanan yang kaya serat, kita akan terasa kenyang lebih lama. Salah satu contoh makanan berserat adalah: bayam, wortel, dan sebagainya.
Selain makan yang cukup, diperlukan juga meminum air putih yang cukup. Hal ini dikarenakan kondisi tubuh manusia yang sebagian besar terdiri dari cairan, maka butuh cairan yang cukup juga.

2. Pilih olahraga ringan Cara Asik Berolahraga Tanpa Mengganggu Ibadah Puasa

Banyak jenis olahraga yang bisa kita pilih untuk menjaga tubuh agar badan tetap bugar. Contohnya: berlari, berjalan, shit up, push up, dan sebagainya. Pilihlah olahraga yang ringan menurut ukuran kemampuan tubuh kita ketika berpuasa.

3. Lakukan menjelang buka puasa
Cara Asik Berolahraga Tanpa Mengganggu Ibadah Puasa

Agar aman dari hal-hal yang tidak diinginkan setelah berolahraga, contohnya haus, maka ane biasa melaksanakan olahraga menjelang berbuka puasa. Olahraga yang dilakukan ini sekalian ane melakukan ngabuburit bareng anak-anak.

4. Tidak berlebihan

Tips aman berolahraga saat berpuasa adalah tidak berlebihan, karena sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. kemampuan tubuh kita, hanya kita yang tau. Tidak perlu memaksakan untuk mengikuti siapapun ketika berolah raga.

Quote:

5. Lakukan dengan bahagia
Cara Asik Berolahraga Tanpa Mengganggu Ibadah Puasa

Terakhir, jangan lupa bahagia. Karena olahraga itu untuk menyehatkan tubuh sekaligus jiwa. Kalo olahraga bikin stress bukannya menyehatkan, malah membuat sakit nanti. Bahkan, terkadang dalam sehari ane hanya melakukan pemanasan atau streaching saja. Agar otot-otot di tubuh tidak kaku.

Nah, itu tips dan trik yang ane lakukan untuk berolahraga ketika dalam kondisi melakukan ibadah puasa. Semoga bermanfaat.

Salam hangat,
RetnoQr3n


sumber gambar
Opini pribadi
Diubah oleh RetnoQr3n 24-04-2020 07:58
nona212
081364246972
tien212700
tien212700 dan 34 lainnya memberi reputasi
35
1.7K
44
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sports
SportsKASKUS Official
23.3KThread12KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.