Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

nasgorbabiAvatar border
TS
nasgorbabi
Ditekan Amerika Serikat, Indonesia Batal Membeli Su-35 dari Rusia
Jakarta - Indonesia terancam terkena sanksi ekonomi, apabila tetap membeli peralatan militer Rusia, lewat Countering America's Adversaries Through Sanction Act.

Indonesia membatalkan rencana pembelian jet tempur Rusia, Sukhoi Su-35, karena Amerika Serikat (AS) mengancam akan memberikan sanksi apabila Indonesia tetap melanjutkan rencana tersebut.

Indonesia membatalkan rencana pembelian 11 jet tempur Su-35 senilai US$ 1,1 miliar setelah AS mengancam akan menjatuhkan sanksi terhadap Indonesia, karena membeli perlengkapan militer dari Rusia. Dasar sanksi berdasarkan Countering America's Adversaries Through Sanctions Act .

Sebelumnya, pada Agustus 2017 pemerintah berencana membeli 11 Su-35 dengan imbalan Rusia akan membeli komoditas Indonesia, seperti minyak kelapa sawit, kopi, teh, furnitur, dan rempah-rempah. Perjanjian tersebut akhirnya ditandatangani oleh Menteri Pertahanan Indonesia saat itu, Ryamizard Ryacudu, pada Februari 2018.

Namun, berdasarkan Countering America's Adversaries Through Sanctions Act, yang ditandatangani oleh Presiden AS Donald Trump Agustus 2017, Indonesia terancam dikenai sanksi jika membeli perlengkapan militer Rusia.

Melalui Countering America's Adversaries Through Sanctions Act, AS dapat menjatuhkan sanksi ekonomi kepada negara yang mencoba melawan atau melakukan kegiatan yang berpotensi merugikan kepentingan AS.

Pertemuan yang diadakan beberapa kali antara perwakilan Departemen Pertahanan AS dan Indonesia membahas mengapa Indonesia tidak diperbolehkan membeli peralatan militer Rusia. Namun, perwakilan AS hanya menjawab bahwa hal tersebut merupakan kebijakan AS.

Sebagai gantinya, AS menawarkan kepada Indonesia untuk membeli jet tempur F-16 Viper. Namun, Indonesia justru melirik F-35, yang merupakan bagian dari program Joint Strike Fighter (JSF) AS.

Batalnya kesepakatan pembelian Su-35 muncul saat perwakilan Indonesia menyimpulkan bahwa mengambil posisi yang berlawanan dengan AS, merupakan langkah yang salah.

Bloomberg juga melaporkan, Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi telah berdiskusi dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Ketiganya dilaporkan mengambil kesimpulan, bahwa keputusan pembelian Su-35 akan membahayakan hubungan dagang dengan AS.

Menanggapi batalnya kesepakatan pembelian Su-35 ini, Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva mengecam langkah AS, yang ia sebut sebagai praktik yang melanggar aturan dan norma bisnis yang transparan dan sah.

"Bukan rahasia lagi AS memberikan tekanan kepada negara-negara yang berniat membeli peralatan pertahanan dari Rusia. Tujuannya jelas, agar negara-negara tersebut beralih ke Washington," ujar Vorobieva, dilansir dari Bloomberg.

https://katadata.co.id/amp/berita/20...-35-dari-rusia

Pendapat TS:

Harga 1 Unit Sukhoi SU 35 adalah 924 Miliar

Harga 1 Unit B-2 Spirit adalah 29 Triliun

Menurut hemat TS, walaupun mahal sekali, alangkah lebih baik jika Indonesia membeli pesawat siluman B-2 Spirit punya amerika, bentuknya keren lho, kaya ufo gitu..

jika F-22 Raptor tidak dijual, mungkin Indonesia bisa nego beli B-2 Spirit

TS lihat di Youtube, pesawat apa ini kok bagus sekali..

Ditekan Amerika Serikat, Indonesia Batal Membeli Su-35 dari Rusia


Ditekan Amerika Serikat, Indonesia Batal Membeli Su-35 dari Rusia


Ditekan Amerika Serikat, Indonesia Batal Membeli Su-35 dari Rusia


dan ini videonya gan, keren banget pesawatnya..


denbagoes01
pakolihakbar
infinitesoul
infinitesoul dan 47 lainnya memberi reputasi
48
3.6K
104
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.