nevertalkAvatar border
TS
nevertalk
Marak Pengemis Saat Ramadhan, MUI: Jaga Harga Diri, Jangan Minta-minta


Ketua Komisi Dakwah Majelis Ulama Indonesia (MUI) Cholil Nafis menyoroti banyaknya pengemis dadakan selama bulan suci Ramadhan. Dia berharap para pengemis tersebut bisa menjaga harga diri.
"Kita juga menyerukan agar kita ini bisa menjaga harga diri agar kita tidak minta-minta, karena minta-minta dalam Islam itu tidak baik," kata Cholil ketika dihubungi, Minggu (26/4/2020).
Cholil mengingatkan agar peminta-minta tidak dijadikan suatu profesi apalagi usaha memperkaya diri saat Ramadhan.

"Jadi minta itu karena darurat, karena nggak ada pilihan lain meminta-minta, jangan sampai dijadikan profesi apalagi memperkaya diri dengan meminta-minta," ujar Cholil.

"Karena kan nggak sama ada yang minta-minta karena terpaksa, ada peminta-minta karena dijadikan profesi pas di bulan Ramadhan, bahkan dijadikan memperkaya diri," sambungnya.

Cholil menyarankan agar masyarakat bisa menyalurkan sedekahnya lewat lembaga resmi pemerintah. Hal itu dilakukan supaya bantuan yang diberikan tepat sasaran.
"Kita salurkan lewat Baznas atau UPZ-UPZ yang terdekat dari kita sehingga amil atau lembaga zakat itu lebih tahu mana orang yang tak mampu meminta-minta, ada orang nggak mampu tapi tidak minta-minta," jelasnya.



Diberitakan sebelumnya, pihak Kecamatan Tanah Abang telah mengamankan 55 warga yang sempat tinggal di trotoar. Warga tersebut merupakan pengemis yang berasal dari daerah Jawa Barat (Jabar), bukan warga yang kesulitan ekonomi imbas pandemi Corona (COVID-19) melainkan pengemis musiman di bulan Ramadhan.
"Bukan (warga terdampak Corona). Itu mereka datang ke sini mau meminta-minta seperti tahun kemarin mereka pas bulan Ramadhan mau datang ke sini. Itu sudah fenomena tahunan. Ini bukan hanya di Tanah Abang aja, di Sawah Besar, di Karet Bivak juga ada. Banyak ini," kata Camat Tanah Abang Yassin Passaribu ketika dihubungi detikcom, Sabtu (25/4).


https://news.detik.com/berita/d-4991...13.1541780864

AYO MUI, MENDINGAN BANTU YG GAK MAMPU DARI RUMAH KE RUMAH

JGN TARIKIN DANA LABEL HALAL MULU emoticon-Leh Uga

SY PERCAYA PENDATANG DADAKAN TAPI RAMADAN ADALAH MODUS DAN UDAH TERKOORDINASI emoticon-Imlek

KRN BARENG DATANG DAN SETIAP 500 METER, MEREKA ADA DI SETIAP SUDUT KOTA
Diubah oleh nevertalk 26-04-2020 06:22
denbagoes01
pakolihakbar
infinitesoul
infinitesoul dan 57 lainnya memberi reputasi
58
2.9K
75
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.2KThread40.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.