Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

pakulidiAvatar border
TS
pakulidi
Bom Waktu Korona Klaster Gowa, NTB Butuh Upaya Luarbiasa
KLASTER Gowa, Sulawesi Selatan benar-benar menjadi bom waktu. Dari 93 kasus positif Covid-19 di NTB, 61 orang dari klaster Gowa. Jumlah itu masih bisa terus bertambah.

”Klaster ini paling aktif dalam penyebaran Covid-19,” kata Koordinator Pusat Pengendalian dan Operasi Gugus Tugas NTB H Ahsanul Khalik, kemarin (20/4).
Dalam rilis terbaru Pemprov NTB tadi malam, 21 orang pasien positif semuanya klaster Gowa. Dua orang di antaranya merupakan anggota keluarga yang tertular. ”Kewasapadaan masyarakat  sangat penting saat ini, khusunya dalam melawan penyebaran transmisi  lokal,” kata Khalik.

Warga dari klaster ini yang  sudah di-rapid test hingga saat ini 1078 orang. Hasilnya, 273 diantaranya reaktif. Hasil tes ini berpeluang mengarah ke positif.
”Ini langsung diisolasi,” katanya.
Bom Waktu Korona Klaster Gowa, NTB Butuh Upaya Luarbiasa

Sementara jamaah dengan hasil rapid test non reaktif diwajibkan mengisolasi diri dan dilakukan pengawasan oleh kabupaten/kota.

Dia berharap, semua orang yang melalukan perjalanan ke daerah terjangkit, khususnya jamaah tablig yang ke Gowa, menaati himbauan pemerintah.  ”Sikap kooperatif yang sudah baik saat ini harus terus  ditingkatkan,” katanya.

Termasuk warga yang pernah kontak langsung dengan jamaah klaster Gowa harus koperatif. ”Caranya datangi petugas petugas kita untuk minta diperiksa,” imbuhnya.
Tim Gugus Tugas NTB, kata Khalik, terus melakukan pencegahan dengan imbauan cuci tangan, pakai masker, jauhi keramaian, dan menyiapkan tempat-tempat cuci tangan.  ”Khusus  kluster Gowa komunikasi  gugus tugas, TNI dan  Polri kepada mereka trus dilakukan,” katanya.


Terbukti sudah 1.100 lebih orang yang mau rapid test. Upaya itu akan terus berjalan. ”Bahkan yang ada data dan belum datang memeriksakan diri, dijemput petugas,” jelasnya.

Keluarga pun Tertular.
Sementara itu, Sekda NTB H Lalu Gita Ariadi, selaku ketua pelaksana harian Gugus Tugas NTB mengkonfirmasi 21 kasus Covid-19 baru. Mereka semua klaster Gowa, tiga orang dari Kabupaten Sumbawa, 10 orang asal Kabupaten Bima, dua orang asal Lombok Tengah,  lima orang asal Mataram, dan satu Lombok Barat.

”Hari ini telah diperiksa 68 sampel dengan hasil 45 sampel negatif, dua pasien sampel ulangan positif, dan 21 sampel baru positif Covid-19,” kata Sekda Gita.


Kasus baru positif tersebut, antara lain pasien nomor 73, Tn. S, 57 tahun, pasien nomor 74, Tn. AS, 30 tahun, dan pasien nomor 75, Tn. H, 30 tahun. Ketiganya berasal dari  Desa Labuan Bontong, Kecamatan Tarano, Kabupaten Sumbawa. ”Pasien pernah melakukan perjalanan ke Gowa-Makassar. ”Saat ini menjalani karantina terpusat di Kabupaten Sumbawa dan dalam keadaan baik,” jelasnya.

Kemudian 10 orang lainnya asal Kabupaten Bima. Mereka adalah pasien nomor 76, Ny. R, 38 tahun, asal Desa Kananga, Kecamatan Bolo. Ia tidak pernah melakukan perjalanan ke daerah terjangkit. Tapi kontak erat dengan orang yang pernah melakukan perjalanan ke Gowa-Makassar.

Pasien nomor 80, anak-anak, inisial IA, 14 tahun, dari desa yang sama. Ia juga kemungkinan tertular klaster Gowa. ”Punya riwayat kontak erat dengan orang yang pernah melakukan perjalanan ke Gowa Makassar,”  jelasnya.


Warga Desa Kananga yang tidak melakukan perjalanan ke Gowa namun positif Covid-19 yakni pasien nomor 79, Ny. IJ, 63 tahun. ”Pasien kontak erat dengan orang yang pernah melakukan perjalanan ke Gowa,” jelas Gita.

Lima warga Desa Kananga lainnya positif setelah melakukan perjalanan ke Gowa yakni pasien nomor 77, Tn. I, 38 tahun, pasien nomor 81, an. Tn. B, laki-laki, usia 32 tahun, pasien nomor 83, Tn. S, 65 tahun, pasien nomor 84, Tn. S, 30 tahun, dan pasien nomor 85, Tn. MS, 33 tahun.

Pasien positif lainnya yakni pasien nomor 82Tn. A, 57 tahun, penduduk desa Kore, Kecamatan Sanggar. Pasien pernah melakukan perjalanan ke Gowa Makassar.

Pasien nomor 78, Tn. AH, 28 tahun, penduduk Desa Bonto Kape, Kecamatan Bolo. Pasien tidak pernah melakukan perjalanan ke daerah terjangkit tapi kontak erat dengan orang yang pernah melakukan perjalanan ke Gowa. ”Saat ini menjalani karantina terpusat di Kabupaten Bima dengan kondisi baik,” ujarnya.

Delapan lainnya dari Pulau Lombok yakni pasien nomor 86, Tn. MZ, 28 tahun, penduduk Desa Tanak Beak, Kecamatan Batukliang Utara, dan pasien nomor 87, Tn. A, 60 tahun, penduduk Desa Aik Darek, Kecamatan Batukliang, Kabupaten Lombok Tengah. ”Keduanya pernah melakukan perjalanan ke Gowa Makassar,” jelasnya.
Bom Waktu Korona Klaster Gowa, NTB Butuh Upaya Luarbiasa

Pasien nomor 88, anak-anak berinisial MA, 13 tahun, penduduk Kelurahan Karang Pule, Kecamatan Sekarbela, Kota Mataram. Pasien tidak pernah ke daerah terjangkit tapi kontak erat dengan orang yang melakukan perjalanan ke Gowa Makassar.

Pasien nomor 89, Tn. MF, 49 tahun, penduduk Kelurahan Pejarakan Karya, Kecamatan Ampenan. Pasien pernah melakukan perjalanan ke Gowa Makassar dalam 14 hari sebelum sakit.


Pasien 90, Tn. SMP, 57 tahun, penduduk Jatisela, Kecamatan Gunungsari, Kabupaten Lombok Barat. Pasien 91, Tn. A, 36 tahun, penduduk Keluarahan Pejeruk, Kecamatan Ampenan, dan pasien 93, Tn. R, usia 46 tahun, penduduk Kelurahan Dayen Pekan, Kecamatan Ampenan, Kota Mataram. ”Ketiganya pernah melakukan perjalanan ke Gowa Makassar,” jelasnya.

Sementara pasien 92, Ny. HK, 41 tahun, penduduk Kelurahan Karang Pule, Kecamatan Sekarbela, Kota Mataram. Pasien tidak pernah ke daerah terjangkit tapi kontak erat dengan orang yang pernah melakukan perjalanan ke Gowa Makassar.
Dengan adanya tambahan 21 kasus baru total se-NTB 93 orang, dengan perincian 11 orang sudah sembuh, empat meninggal dunia, serta 78 orang masih positif dan dalam keadaan baik.

Dengan seluruh kasus ini, maka kini semua kabupaten/kota di NTB telah memiliki pasien positif Korona. Dengan hasil ini, maka seluruh dareah di NTB masuk zona merah. Tak ada lagi zona hijau seperti hari sebelumnya.(ili/r6)



sumur panjang jeru

kesan pesan, ya ndak ada sih, takut saya emoticon-Big Grin


4iinch
infinitesoul
sebelahblog
sebelahblog dan 49 lainnya memberi reputasi
50
2.3K
44
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.8KThread41.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.