faridakustAvatar border
TS
faridakust
Bikin Ngabuburit Lebih Low Budget, Ngapain Aja Sih?
Bulan ramadhan atau bulan puasa memang tidak jauh dengan yang namanya ngabuburit. Tradisi ngabuburit memang sudah menjadi kegiatan rutin dilakukan untuk menanti datangnya waktu berbuka setiap bulan ramadhan. Yang pasti sudah sejak dulu sudah ada ya, entah siapa yang memulainya. Mulai dari anak-anak, remaja bahkan orang dewasa. Termasuk kalian juga pastinya.

Mulai jam 4 atau setelah ashar jalan-jalan biasanya sudah mulai padat dipenuhi kendaraan. Ada yang menuju pusat kota, taman kota atau hanya sekedar muter-muter lihat suasana jalan saja. Penjual takjil juga sudah mulai berderet sepanjang pinggir jalan. Mulai dari sayur, lauk-pauk, hingga takjil manis seperti kolak, es campur, bubur mutiara dan masih banyak lagi tentunya. Eits jangan ngiler dulu loh ya!. Godaan orang yang lagi puasa memang berat, segala makanan atau takjil yang terlihat berasa menggoda dan semua ingin dibeli. Padahal justru malah jadi pemborosan dan belum tentu akan termakan semuanya bukan, mubazir jadinya.

Tapi jangan kawatir, buat kalian yang ingin tetep ngabuburit dengan low budget bisa banget. Apa aja sih yang bisa dilakuin selagi menunggu bedug berbuka tiba. Yuk simak!

1. Nonton Film

Pas banget nih buat kalian yang suka banget nonton film. Bagi pecinta drakor dengan film berepisode, cocok nih nonton sambil rebahan. Bisa sampai seharian nggak keluar rumah menikmati film sampai selesai. Tidak perlu ngabuburit keluar dan sudah pasti kantong aman.

2. Masak Sendiri

Bagi kalian yang nggak ngapa-ngapain bisa nih meluangkan banyak waktu buat masak sendiri. Selain masakan sendiri lebih sehat, sudah tentu juga hemat bisa dimakan serumah. Kalian juga bisa loh bikin takjil sendiri, tidak usah kawatir bagi kalian yang tidak bisa masak cari referensi dulu resep-resep takjil nikmat di internet. Jadi tidak perlu tuh jajan-jajan di luar.

3. Nongkrong Depan Rumah

Kalau di kampung biasanya para ibu-ibu ngabuburit dihabiskan di depan rumah. Setelah selesai memasak dan beberes biasanya para ibu-ibu mejeng di depan rumah lihat orang ngabuburit lalu lalang. Kumpul dengan tetangga sambil ngrumpi dan tanya-tanya menu berbuka masing-masing. Apabila bedug dan adzan maghrib berkumandang baru mereka bubar untuk berbuka. Itu sebabnya kalau kalian pernah ke kampung kebanyakan di depan rumah dipasang tongkrongan sederhana dari bambu. Gimana asik bukan?

4. Rebahan

Pasukan rebahan mana suaranya?. Puasa memang membuat orang sedikit malas untuk ngapa-ngapain. Kebanyakan pasti memilih rebahan menunggu sambil menunggu waktu untuk menyiapkan menu berbuka. Rebahan atau tidur boleh saja, sebab tidurnya orang puasa termasuk ibadah. Ingat jangan kebablasan yaa, lebih baik cari aktifitas lain yang bisa menghilangkan rasa malas.

5. Bersepeda

Bersepeda bisa menjadi salah satu pilihan nih untuk kita ngabuburit. Keliling kampung saja nggak usah jauh-jauh yang terpenting bisa mengalihkan rasa lapar dan dahaga kita. Disamping hemat karena tidak perlu bensin, bersepeda dapat menghilangkan kegabutan juga loh. Bersepeda bareng teman-teman biar semakin seru sambil nunggu waktu berbuka. Tentunya nggak menuh-menuhin jalan jadi aman dan sudah pasti menyehatkan.

Itulah sedikit dari banyaknya kegiatan yang bisa dicoba dengan budget yang tidak terlalu menguras kantong. Bagaimana sudah ada yang mencobanya?. Manfaatkan kegiatan selama WFH di bulan ramadhan ini untuk lebih banyak bersama keluarga tercinta ya. Cari kegiatan-kegiatan positif lainnya sambil menunggu waktu berbuka puasa. Kalau masih tetap kepengin ngabuburit tapi tidak mau boros atau takut akan pandemi yang tengah melanda, bisa muter-muter saja tidak akan jadi masalah. Tetap jaga jarak dan pakai masker ketika keluar rumah ya.


Sumber gambar: Google.com
Diubah oleh faridakust 25-04-2020 05:27
saeful07
tafakoer
berdjayapku
berdjayapku dan 64 lainnya memberi reputasi
65
2.9K
128
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Lifestyle
LifestyleKASKUS Official
10.4KThread10.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.