KarjoKareAvatar border
TS
KarjoKare
Akibat Isu Keamanan, Sejumlah Negara dan Lembaga Larang Gunakan Zoom

Selama masa pandemi ini, aplikasi video conference zoom mengalami lonjakan pengguna. Banyak orang yang memanfaatkan aplikasi ini untuk interaksi jarak jauh dengan rekan kerja, sahabat, dan keluarga mereka. Zoom juga menawarkan berbagai macam fitur menarik sehingga pengguna betah untuk melakukan video conference dengan aplikasi ini.


Akan tetapi dibalik eksitensinya tersebut, sejumlah isu keamanan menghantui pengguna zoom, mulai dari penyusupan orang yang tak dikenal pada saat video conference (Zoom Bombing), data pengguna yang bocor, panggilan yang tidak dienkripsi end to end, hingga banyaknya akun pengguna zoom yang dijual di pasar gelap.

Untuk isu Zoom Bombing sendiri baru – baru ini terjadi di Indonesia, tepatnya di lembaga negara Wantiknas. Ini dialami ketika Wantiknas mengadakan diskusi secara online dengan menggunakan aplikasi zoom. Akan tetapi di tengah diskusi tiba – tiba ada suara orang asing yang masuk ke diskusi tersebut dan gak lama setelah itu muncul gambar tidak senonoh yang dilakukan oleh dua orang laki – laki.

Itu salah satu contoh masalah keamanan yang dialami pengguna zoom. Masih banyak lagi contoh lain yang dialami oleh pengguna di banyak negara. Akibat dari masalah keamanan ini, banyak negara dan lembaga yang melarang untuk menggunakan aplikasi ini, diantaranya:



Quote:



sumber

rykenpb
nunu403
zachwaadzromare
zachwaadzromare dan 170 lainnya memberi reputasi
171
6.5K
138
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sains & Teknologi
Sains & TeknologiKASKUS Official
15.5KThread10.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.