Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

MUF0REVERAvatar border
TS
MUF0REVER
Ternyata, Obat yang Dipesan Jokowi untuk Corona Beresiko Gagal Jantung
Ternyata, Obat yang Dipesan Jokowi untuk Corona Beresiko Gagal Jantung

Kamis, 16/04/2020 15:19 WIB


Jakarta, law-justice.co - Presiden Joko Widodo sudah memesan klorokuin ke China untuk mengobati pasien covid-19. Namun, ternyata, penggunaan klorokuin (chloroquine) dan hidroksiklorokuin (hydroxychloroquine) masih diperdebatkan dan menjadi polemik di kalangan para ilmuwan dan pakar medis.

Ada yang meyakini potensinya untuk mengobati pasien corona, namun belakangan ada juga yang mulai khawatir atas efek samping dan risiko keamanan dari obat tersebut.

Melansir CNN Health, obat ini dinilai efektif untuk indikasi awal pengobatan COVID-19. Namun sampai saat ini belum ada uji klinis yang pasti tentang dampak kedua obat tersebut, terutama untuk kinerja jantung pasien.

Di Brazil uji coba penggunaan obat ini bahkan sudah disetop, begitu juga di Swedia yang sudah mengeluarkan peringatan untuk tak gunakan COVID-19 sebagai obat.

Sejumlah kardiolog di Amerika Sekrikat bahkan mewanti-wanti rumah sakit dalam penggunaan obat ini, terutama untuk pasien dengan riwayat penyakit jantung karena ada risiko implikasi serius.

Para kardiolog yang tergabung dalam American Heart Association, American College of Cardiology and Heart Rhythhm Society sampai menerbitkan pedoman untuk lebih berhati-hati dan mempertimbangkan riwayat jantung pasien sebelum mengaplikasikan klorokuin dan hidroksiklorokuin kepada pasien COVID-19.


"Urgensi COVID-19 tidak boleh mengurangi tahapan ilmiah yang kita gunakan dalam pengobatan COVID-19," kata Dr. Robert Harrington, presiden American Heart Association.

Dia menambahkan bahwa obat-obatan ini dapat bekerja melawan COVID-19 secara individu atau dalam kombinasi. Disarankan untuk berhati-hati dengan obat-obatan ini khususnya mereka yang memiliki penyakit kardiovaskular.

Direktur Pusat Pendidikan Vaksin dan seorang dokter yang merawat di Divisi Penyakit Menular di Rumah Sakit Anak Philadelphia Dr Paul Offit mengatakan tingkat keamanan klorokuin dan hidroksiklorokuin mungkin berbeda secara keseluruhan, tapi tidak ada alasan untuk mengatakan apakah yang satu lebih aman dibanding yang lainnya untuk jantung si pasien.

Saat ini, tidak ada pengobatan untuk COVID-19 yang disetujui oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan AS, tetapi agensi telah mengeluarkan otorisasi penggunaan darurat untuk klorokuin dan hidroksiklorokuin untuk mengobati pasien yang dirawat di rumah sakit dengan COVID-19.

"Di kondisi dunia yang lebih baik, jika kita tidak begitu panik tentang virus ini, kita akan menunggu dan melihat apakah obat ini memiliki nilai selain pernyataan Presiden bahwa ia memiliki beberapa nilai menyembuhkan pasien COVID-19," kata Offit.

Obat klorokuin ini mirip dengan hidroksiklorokuin, tetapi hidroksiklorokuin disebut turunan yang kurang toksik dari klorokuin.

Hidroksiklorokuin memiliki struktur dan mekanisme kimia yang sama bertindak sebagai basa dan imunomodulator yang lemah.

"Hydroxychloroquine telah digunakan setidaknya di bagian dunia yang lebih maju sangat luas untuk pengobatan lupus dan semacamnya dan itu jauh lebih aman," kata Dr. William Schaffner, seorang profesor kedokteran pencegahan dan penyakit menular di Vanderbilt University School of Medicine di Nashville.

Meski begitu, ia mengakui masih ada kekhawatiran residual untuk obat ini.

Presiden Donald Trump menggembar-gemborkan obat-obatan ini khususnya hidroksiklorokuin berpotensi menjadi obat untuk menghentikan COVID-19.

Pejabat di Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan hingga saat ini mereka menunggu hasil studi dan evaluasi penggunaan klorokuin dan hidroksiklorokuin sebagai pilihan pengobatan COVID-19, terutama karena obat ini sudah `off label` untuk mengobati pasien di negara tertentu.

"Komunitas medis dan penelitian benar-benar memperhatikan potensi hidroksiklorokuin dan klorokuin dengan serius. Saat ini, tidak ada bukti dari uji coba kontrol acak yang berfungsi dan dokter juga telah diperingatkan untuk mencari efek samping dari obat untuk memastikan bahwa pertama-tama kita tidak membahayakan. Kami dengan sabar menunggu hasil dari persidangan yang sedang berlangsung," kata Dr. Mike Ryan, direktur eksekutif Program Kedaruratan WHO. (cnbcindonesia)

(Gisella Putri\Editor)

https://www.law-justice.co/artikel/8...gagal-jantung/

Ternyata keputusan dan kebijakan yg diambil jongos petugas partai selalu berakhir blunder dan salah terus. Emang ini pleciden iq nya nampak rendah terlihat sekali dengan raut wajahnya yg plonga plongo, bagusnya emang mundur kalau udah gak bisa menangani negara NKRI, biar digantikan oleh wapres saja

Lihat akibat kebijakan salah ambil obat korban jiwa terus bertambah, bahkan jadi yg terburuk soal korban jiwa di ASEAN, peringkat 3 korban jiwa di Asia setelah Cina dan Iran, death rate nomor 1 di Asia, jongos harus tanggung jawab minimal mundur dari jabatannya




Polling
0 suara
Setujukah anda jika Jokowi mundur dari jabatan presiden
Diubah oleh MUF0REVER 24-04-2020 14:11
denbagoes01
infinitesoul
sebelahblog
sebelahblog dan 58 lainnya memberi reputasi
55
3.6K
88
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.1KThread41KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.