KarjoKareAvatar border
TS
KarjoKare
Aturan IMEI Diberlakukan, Berikut Tips Beli Ponsel Resmi

Guna menekan peredaran ponsel ilegal alias BM, pemerintah melalui kementerian Kominfo, Perdagangan, dan Perindustrian telah menetapkan regulasi IMEI. Regulasi ini mulai ditetapkan pada tanggal 18 April 2020. Regulasi ini ditetapkan setelah melalui 6 bulan masa sosialisasi ke masyarakat.

Karena aturan ini telah diberlakukan, maka buat Agan dan Sista yang ingin membeli Handphone, Komputer genggam, dan Tablet (HKT), dianjurkan untuk melakukan pengecekan kembali nomor IMEI gadget yang akan dibeli.


Bagi yang masih bingung dengan nomor IMEI, nomor ini biasanya ada di box smartphone yang terdiri dari 15 digit nomor. Jika nomor IMEI yang tertera di box smartphone kalian terdaftar di Kementerian Perindustrian, maka smartphone tersebut legal.

Kalian juga harus melakukan pengecekan setelah ponsel dipasang SIM card lokal. Jika perangkat tersebut tidak mengalami kendala pada layanan telekomunikasi alias bisa terkoneksi dengan provider, maka ponsel tersebut bisa dinyatakan bukan smartphone BM.

Saat ini pemerintah meyakini bahwa smartphone yang sekarang beredar merupakan produk resmi dan legal. Namun, alangkah baiknya lagi jika pembeli memastikan kalau smartphone yang dibeli memiliki IMEI yang sah dan dapat diaktifkan dengan SIM card. Ini dilakukan sebelum dilakukan pembayaran ya GanSis.

Nah, buat Agan dan Sista yang beli smartphone secara online di marketplace, kalian harus hati – hati nih. Kalian harus bisa memastikan kalau perangkat yang kalian terima dapat digunakan dan legal, meskipun pemerintah udah meminta marketplace yang ada di Indonesia menjual perangakt HKT yang resmi dan uah terdaftar di Kemenperin.

Jadi, mulai sekarang Agan dan Sista kudu hati – hati nih beli smartphone baik itu secara online atau offline. Apalagi smartphone yang dibeli merupakan smartphone bekas. Jangan sampai uah ngeluarin duit banyak, tapi taunya ponselnya gak bisa digunain...



zachwaadzromare
sarkaje
tien212700
tien212700 dan 173 lainnya memberi reputasi
174
10.4K
177
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Handphone & Tablet
Handphone & Tablet
icon
10.8KThread8.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.