• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • 5 Kebaikan Saat Pandemi, Mulai Sumbangkan Gaji Sebulan Hingga Kondangan Online!

omconsAvatar border
TS
omcons
5 Kebaikan Saat Pandemi, Mulai Sumbangkan Gaji Sebulan Hingga Kondangan Online!
Selama masa pandemi Covid-19 ini, banyak masyarakat muali menunjukan sifat asli sebagai bangsa yang menjunjung tinggi nilai gotong royong. Tentunya hal seperti ini harus terus kita lakukan sebagai masyarakat yang humanis dan berempati terhadap sesama. Karena hanya dengan saling menebar kebaikan kita pasti akan mampu melewati masa pandemi global yang mengkhawatirkan ini.



Lantas apa saja momen kebaikan yang selama ini dilakukan masyarakat Indonesia selama pandemi Covid-19?

Langsung saja simak 5 kebaikan yang telah Mimin rangkum dibawah ini, cekidots!


1. Rumah Makan yang Membagikan Ratusan Porsi Soto Gratis
Tidak dipungkiri lagi jika pandemi Covid-19 membuat banyak UMKM mengalami penurunan omset yang drastis. Salah satu UMKM yang sedang mangalami masa sulit tersebut adalah rumah makan Soto Seger Boyolali (SSB) Hj Amanah.



Meskipun penjualannya menurun, ternyata tidak membuat rumah makan tersebut berkecil hati. Bahkan, belakangan ini rumah makan SSB ikut berkontribusi bagi masyarakat yang mengalami kesulitan ekonomi dengan membagikan 500 porsi soto secara gratis sejak 26 Maret lalu.

Pemilik rumah makan SSB pun juga membuka sistem mengantar soto ke rumah-rumah masyarakat. Dengan begitu, rumah makan ini berharap bisa membantu masyarakat di masa-masa sulit ini.


2. Anggota DPRD Mentawai Sumbangkan Sebulan Gajinya untuk Rakyat
Seorang anggota dewan memang seharusnya memiliki rasa empati yang kuat terhadap masyarakat dari daerah pemilihan yang diwakilkannya. Rasa empati tersebut belakangan ini ditujukkan oleh seorang anggota DPRD Mentawai bernama Maru Saerejen.



Kepedulian Maru terhadap masyarakat Mentawai memang sudah menjadi komitmennya. Meskipun memang belum mampu menjawab semua keluhan masyarakat, namun setidaknya ia telah menunjukkan sikap peduli terhadap rakyat yang ia wakilkan. Ia rela untuk memberikan bantuan dengan menyumbangkan sebulan gajinya untuk meringkan kebutuhan masyarakat.

"Ini saya lakukan demi rakyat, saya menerima banyak keluhan masyarakat, terlebih saat ini kita sedang dilanda bencana non alam, adek-adek mahasiswa yang di padang butuh bantuan, maka saya merespon keluhan, tentu dengan semampu saya," tutur Maru Saerejen di Tuapejat pada 17 April 2020.

Duh, andai semua wakil rakyat punya seperti itu ya GanSist.. emoticon-Frown


3. Wanita Asal Bandung yang Berbagi Hand Sanitizer Gratis
Seorang pengguna Twitter dengan nama akun @etnafst juga menginspirasi banyak orang untuk saling menebar kebaikan di situasi sulit salama pandemi Covid-19 ini. Wanita asal Bandung tersebut saat itu berinisiatif untuk membagikan hang sanitizer secara gratis untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang kesulitan mendapatkan ketersediaan hand sanitizer.



Wanita yang bekerja di perusahaan IT itu mengatakan siapapun yang berdomisili di Bandung bisa mendapatkan hand sanitizer gratis tersebut. Dia dan temannya tidak menentukan prioritas penerima hand sanitizer gratis.

Melihat kebaikan wanita tersebut, warganet pun menyambut dengan suka hati pemberian tersebut. Banyak yang merasa lega karena telah mendapatkan hand sanitizer untuk mencegah penyebaran Covid-19.


4. Tukang Lontong Keliling Bagi-bagi Makanan ke Petugas Kebersihan
Kerasnya kota Jakarta tidak membuat pria bernama Wasroni untuk saling berbagi kepada orang sekitarnya yang membutuhkan.

Pedagang lontong sayur di kawasan Tebet, Jakarta Selatan tersebut belakangan ini memang memilih tetap berjualan untuk menyambung hidup keluarganya. Namun, sembari berjualan, ia juga membagi-bagikan lontong sayur secara cuma-cuma di jalan raya kepada petugas kebersihan dan pengemudi ojek online.



Saat ditemui oleh Tribunjakarta.com di rumahnya yang berukuran 4 x 5 meter tersebut, Wasroni mengatakan jika pandemi Covid-19 ini memang meresahkan masyarakat, namun bukan berarti ia tidak bisa bergerak untuk membantu sesama.

"Orang bersedekah itu, tidak menunggu jadi orang kaya atau mampu dulu. Saya membantu semoga menjadi inspirasi bagi banyak orang,"ungkap Wasroni.


5. Gagal Nikah Gegara Covid-19, Najwa Shihab Beri Dukungan Ala Kondangan Online
Dalam situasi sulit seperti sekarang ini, dukungan moril tentunya sangat penting untuk menumbuhkan semangat masyarakat agar tetap bisa menjalani kehidupan. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh Najwa Shihab kepada calon pengantin yang batal nikah gegara pandemi Covid-19.

Pasangan pengantin tersebut bernama Novel dan Agil.



Meskipun gagal nikah, Najwa tetap menebarkan kebahagiaan bagi pasangan pengantin tersebut melalui video call. Bahkan Najwa juga mengundang Ganjar Pranowo pada "kondangan online" tersebut untuk menghibur calon pasangan pengantin.

"Walaupun nikahnya nggak jadi tapi kita tetep rame-rame ngasih kejutan dan semangat ya udah dandan semua loh," ujar Najwa Shihab.


* * *

Itu dia GanSist berbagai kebaikan yang dilakukan masyarakat Indonesia selama pandemi Covid-19.

Entah apapun latar belakangnya, kamu juga bisa kok untuk menebar kebaikan kepada masyarakat sekitar yang membutuhkan.

Jangan pernah berhenti untuk menyebarkan kebaikan ya GanSist!
emoticon-Blue Guy Cendol (L)


Referensi
1, 2 , 3 , 4 , 5

bestakesiangan.
25225766935253
rasyha03
rasyha03 dan 187 lainnya memberi reputasi
188
1.6K
123
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.