prada567Avatar border
TS
prada567
Pengen Puasa Lancar? Yuk Intip Tips & Trik Nya Dibawah


Assalamu'alaikum Warrahmattullahi Wabarrakattuh

Jumpa lagi di trit ane @prada567agan dan sista semua.
Tak terasa ya kita sudah memasuki bulan suci Ramadhan. Dimana bulan yang penuh berkah suci dan bulan penuh pahala. Seru bukan SistGan? Saat-saat yang ane tunggu itu, momment buka puasa pertama, pasti banyak tetangga kanan kiri yang datang ngasih makanan untuk berbuka puasa, iya gak Gan? Sama kan? Hehehe.... Apalagi ketika tarawih di masjid san saling berebut takjil zaburan. Tapi itu semua seperti nya agak terhambat ya sobat? Disamping kita harus jaga kesehatan, kita diwajibkan social distancing agar tak tertular Covid-19.

Lama banget Openning nya.. hehe. Langsung aja ya. Cekidot

Ada beberapa hal yang harus kita lakukan agar puasa kita lancar nih GanSist..

1. Niat.


Niat adalah maksut dan tujuan dalam beramal untuk mendekatkan diri kepasa Allah SWT, mencari Ridho dan pahalaNya. Nah, Sista dan Agan semua sudah pada tau kan Niat nya? Ane kira semua sudah tau ya. Karena tanpa Niat ibadah kita tidak akan di terima.

2. Menyegerakan berbuka dan mengakhirkan sahur.


Kita dianjurkan untuk segera berbuka jika sudah memasuki waktu berbuka puasa.
Seperti anjuran hadist Rasulullah SAW "Manusia senantiasa berada diatas kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka puasa" [HR. Tirmidzi dan Bukhari]
Dan juga mengakhirkan makan sahur jika mendekati waktu imsyak.
"Kami pernah makan sahur bersama Rasulullah, lalu melaksanakan shalat subuh. Aku bertanya 'berapa jarak antara adzan dan sahur?' beliau menjawab 'seperti lamanya bacaan 50 ayat' "[H.R Bukhari dan Muslim].

3. Perbanyak konsumsi cairan.


Biasakan untuk mengkonsumsi banyak cairan terutama saat malam hari, karena tubuh akan kehilangan cairan saat berpuasa. Minumlah 8 gelas air putih selama malam hari. Dengan rincian 4 gelas saat malam hari, 2 gelas saat berbuka dan 2 gelas saat sahur.
Kira-kira Agan dan Sista semua kuat nggak 8 gelas? Rasanya lebih ya SistGan karena saat puasa haus banget bagi ane. Hihii

4. Kontrol emosi.


Nah. Selama puasa, menurut ane inilah yang paling penting. Kita harus bisa mengontrol emosi agar tak meluap saat menghadapi permasalahan sehari-hari. Bila kerjaan semua salah, dimarahi atasan, atau ketika dimarahi pacar. Ups.. hehe
Menurut ane, kita harus perbanyak istighfar dan memperbanyak sabar agar emosi kita bisa terkontrol dan tidak membatalkan puasa kita.

5. Berbuka dengan makanan ringan yang manis.


Berbukalah dengan memakan makanan ringan yang manis untuk menggantikan stamina kita setelah menahan lapar dan haus. Contohnya kita bisa memakan kurma seperti anjuran Nabi SAW.
Dengan memakan kurma, tubuh segera memulihkan stamina kita.
Sebaiknya jangan makan makanan berat dulu ya sobat. Nanti tidak kuat sujud saat shalat maghrib karena kekenyangan. Hehe. SistGan selalu begitu kan? Sama. Xixixi

6. Jangan mengkonsumsi makanan berminyak.


Nah, Sista dan Agan semua. Selama kita melaksanakan puasa. Sebaiknya hindari dulu makanan yang mengandung minyak berlebih. Agar kita tidak merasa dehidrasi saat siang hari.
Tenggorokan cenderung merasa kehausan karena efek kita mengkonsumsi makanan yang mengandung minyak berlebih. Itulah sebabnya kita harus menghindari dulu mengkonsumsi nya. Boleh sih jika udah kepengen banget. Tapi jangan berlebihan ya sobat.

7. Meminum air hangat saat sahur.


Meminum air hangat di pagi hari atau saat sahur dapat memulihkan tubuh, menyediakan tenaga bagi pencernaan dan mengurangi sisa metabolisme yang dapat menumpuk dalam sistem kekebalan tubuh.
Nah, Sista dan Agan semua. Jika kita terpaksa mengkonsumsi makanan berminyak, solusinya adalah meminum air hangat, dengan begitu minyak yang masih menempel di tenggorokan akan terdorong ke dalam sistem pencernaan dan mengurangi efek dehidrasi.
Meminum air hangat juga bisa membersihkan usus, mencegah sembelit, mengurangi rasa nyeri, mengurangi berat berlebih serta melancarkan sirkulasi darah.
.

Nah. Itulah tips dan trik agar puasa kita lancar sampai selesai.


.


Bila ada langkah membekas, ada kata menoreh luka, sudinya melapangkan hati untuk menerima ucapan menyambut Ramadhan. Mohon maaf lahir batin.
Dan selamat menjalankan ibadah bulan suci Ramadhan.
Marhaban Ya Ramadhan.

.

.

.


Wassalamu'alaikum Warrahmattulahi Wabarrakattuh. Semoga ibadah kita diberi kelancaran
Aamiin

Original Posted by. @prada567
Polling
0 suara
Tips & Trik ane bermanfaat?
infinitesoul
sebelahblog
luluvi
luluvi dan 73 lainnya memberi reputasi
74
2.4K
50
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.