bangzaldiAvatar border
TS
bangzaldi
WHO: Corona Bikin Kehidupan Baru, Dia Tetap Bersama Manusia


MATA INDONESIA, JAKARTA – Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Gebreisus menyebut virus corona atau SARS-Cov-2 akan membuat kehidupan ‘dunia normal’ yang baru. Sebab virus penyebab Covid19 itu akan tetap bersama manusia di seluruh dunia.


“Tetapi, dunia tidak akan dan tidak dapat kembali lagi ke cara lama. Harus ada ‘kondisi normal yang baru’ yaitu dunia harus lebih sehat, aman dan dipersiapkan dengan baik. Tindakan kesehatan masyarakat yang sudah dimulai sejak wabah merebak harus menjadi tulang punggung di seluruh negara,” begitu pernyataan Tedros dalam media briefing yang dikutip Kamis 22 April 2020.

Dia juga menilai gerakan ‘diam di rumah’ dan ‘jaga jarak’ atau ‘physical distancing’ telah berhasil menekan penyebaran di banyak negara.

Meski begitu virus itu, menurut Tedros, tetap sangat berbahaya. Bukti awal mengungkap banyak populasi yang tetap rentan. Artinya wabah yang diakibatkan virus tersebut dapat dengan mudah merebak ulang.

Tedros menegaskan tidak ada cara lain untuk menghentikan penyebaran virus tersebut dengan menemukan setiap kasusnya, mengisolasi orang yang positif, melakukan tes setiap kasus, merawat dengan baik setiap kasus terinfeksi serta melacak dan mengarantina setiap orang yang kontak dengan penderita positif.

Selain itu, lebih sering mengedukasi, dan menguatkan masyarakat bahwa perang melawan virus ini tidak bisa efektif tanpa mengerahkan masyarakat dan tanpa partisipasi penuh seluruh warga.

Negara-negara yang tidak menerapkan enam hal tersebut secara konsisten akan banyak kasus positif dan akan banyak nyawa hilang.

WHO menganjurkan untuk menemukan dan melakukan tes setiap kasus corona. Organisasi itu juga berkomitmen mendukung seluruh negara yang menyelamatkan setiap nyawa manusia dalam wabah ini.

Sumber:
WHO: Corona Bikin Kehidupan Baru, Dia Tetap Bersama Manusia
boelnauri
infinitesoul
sebelahblog
sebelahblog dan 18 lainnya memberi reputasi
19
563
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.