KarjoKareAvatar border
TS
KarjoKare
Tips Aman Parkir Mobil di Rumah Dalam Waktu yang Lama

Himbauan untuk lebih banyak berkativitas di rumah membuat mobil lebih lama terparkir dirumah. Kondisi ini tentunya berdampak tidak baik, jika mobil diparkir dengan sembarangan tanpa pertimbangan – pertimbangan tertentu. Berikut ini ada beberapa tips GanSis, supaya mobil terparkir dengan aman dalam waktu yang lama:

Parkir di tempat beratap


Supaya terhindar dari hal – hal yang tidak diinginkan, mobil harus di parkir di tempat beratap. Hal ini untuk memastikan mobil terlindung dari cuaca ekstrem, gangguan dan kotoran ham liar yang bisa merusak mobil. Selain itu, parkir di tempat beratap juga melindungi mobil dari cahaya matahari langsung. Dan juga bergunan untuk membuat suhu di dalam mobil tetap rendah sehingga sirkulasi udara di dalam kabin jadi tetap segar dan komponen interior jadi terjaga.

Posisi transmisi

Untuk mobil matik, pastikan transmisi berada pada posisi P. Hal ini bertujuan untuk mencegah mobil bergerak ketika parkir (tanpa menggunakan rem). Sementara untuk mobil manual, cukup posisikan transmisinya pada posisi netral.

Panaskan mesin dan AC mobil secukupnya

Usahakan untuk memanaskan mesin mobil di ruang terbuka dua kali dalam seminggu selama 20 menit sambil menginjak pedal gas agar putaran mesin minimal 2000 RPM. Sambil memanaskan mesin buka jendela mobil dan menyalakan AC kendaraan agar terjadi sirkulasi oli pada sistem AC dan udara di dalam kabin, sehingga fungsi kerja AC selalu prima.

Aktifkan rem tangan


Untuk alasan keamanan lebih baik tetap gunakan rem tangan ketika mobil terparkir. Jika hanya mengganjal ban mobil, dikhawatirkan akan berbahaya bagi orang disekitar mobil. Kalian jangan takut komponen lain dari mobil rusak karena memarkir mobil dengan menggunakan rem tangan. Kalaupun nanti pada saat digunakan ada suara – suara aneh, itu normal dan akan hilang dengan sendirinya.

Angkat wiper atau ganjel dengan busa

Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya penumpukan debu atau partikel lain yang bisa merusak karet wiper. Selain itu, mengangkat wiper atau mengganjel dengan busa juga bisa menghindari karet dari kerusakan akibat suhu panas.


decodeca
nona212
tien212700
tien212700 dan 243 lainnya memberi reputasi
244
6.3K
198
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.7KThread14.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.