News
Batal
KATEGORI
link has been copied
303
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ea0d60ea727685f0e7d76f2/jokowi-bilang-mudik-beda-dengan-pulkam-saat-ditanya-najwa-publik-gempar
Suara.com - Cuplikan interview antara Presiden Joko Widodo dan presenter Najwa Shihab ramai diperbincangkan warganet di media sosial. Dalam video yang diunggah Najwa Shihab ke Instagram pada Rabu (22/4/2020) Jokowi mengatakan bahwa mudik tidak sama dengan pulang kampung. Awalnya Najwa mengungkapkan data dari Kementerian Perhubungan tentang banyaknya orang yang mudik lebih awal. "Kontroversi m
Lapor Hansip
23-04-2020 06:41

Jokowi Bilang Mudik Beda dengan Pulkam saat Ditanya Najwa, Publik Gempar

Jokowi Bilang Mudik Beda dengan Pulkam saat Ditanya Najwa, Publik Gempar

Suara.com - Cuplikan interview antara Presiden Joko Widodo dan presenter Najwa Shihab ramai diperbincangkan warganet di media sosial.

Dalam video yang diunggah Najwa Shihab ke Instagram pada Rabu (22/4/2020) Jokowi mengatakan bahwa mudik tidak sama dengan pulang kampung.

Awalnya Najwa mengungkapkan data dari Kementerian Perhubungan tentang banyaknya orang yang mudik lebih awal.

"Kontroversi mudik, data dari Kemenhub sudah hampir 1 juta orang curi start mudik. Faktanya sudah terjadi penyebaran orang di daerah, bapak," kata Najwa.

Jokowi menjawab, "Kalau itu bukan mudik, itu namanya pulang kampung".

Najwa langsung mempertanyakan perbedaan pulang kampung dan mudik seperti yang dikatakan oleh Jokowi.

Cuplikan video wawancara ini kemudian dikomentari oleh banyak warganet di Twitter.
Misalnya akun Twitter @IbnuIdris1453 yang mengunggah cuplikan video tersebut.

Namun video wawancara Jokowi dan Najwa Shihab yang diunggahnya telah diedit dan dijadikan meme. Videonya ditambahi cuplikan credit title yang tertulis, "Directed by Robert B. Weide."

"Tolong siapa saja ada yang tahu perbedaan mudik sama pulang kampung? Serius, gue gak mau ngakak terus gara-gara video ini," komentar @IbnuIdris1453.

Bahkan politikus PKS Mardani Ali Sera juga ikut mengomentari video tersebut.

"Gara2 Telat membuat larangan mudik. Menurut Nana: Data kemenhub sdh hampir 1 juta orang Mudik, sehingga terjadi penyebaran orang ke daerah (Mungkin mereka biasa Ramadhan di kampung atau mau nyekar) Mau tau jawaban pak Jokowi?" tulis Mardani Ali Sera.

Sementara itu warganet lain juga bertanya-tanya tentang perbedaan mudik dan pulang kampung.

"Mudik sama pulang kampung beda apa sama?" tanya seorang warganet.

"Kata Pak Jokowi beda kak, kalau mudik itu waktunya pas mendekati lebaran, kalo pulang kampun waktunya kapan aja, monggo koreksinya," kata warganet lain.

Wawancara Najwa Shihab dengan Jokowi ini terdapat dalam acara Mata Najwa bertajuk "Jokowi Diuji Pandemi" yang tayang di Trans7 pada Rabu (22/4/2020) malam.

sumber
Diubah oleh aremdaun
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 140 lainnya memberi reputasi
137
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 5 dari 10
Jokowi Bilang Mudik Beda dengan Pulkam saat Ditanya Najwa, Publik Gempar
23-04-2020 10:12
ndak usah di dramatisir begitu...
semua tau kok, yg dimaksud si bapak itu

mudik = liburan bekerja
pulang kampung = berhenti kerja


apapun istilahnya, ya point nya disitu
kalo masih ngak ngerti mending mati aja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
junaedi1982new dan 6 lainnya memberi reputasi
6 1
5
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Jokowi Bilang Mudik Beda dengan Pulkam saat Ditanya Najwa, Publik Gempar
23-04-2020 10:12
sebenarnya mudik dan pulang kampung dalam kamus besar bahasa indonesia sendiri gimana gan? sama apakah artinya berbeda? ane fakir ilmu gan huhu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
junaedi1982new dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Jokowi Bilang Mudik Beda dengan Pulkam saat Ditanya Najwa, Publik Gempar
23-04-2020 10:17
Ndak penting sich debat soal istilah, yang penting keq mana penyebaran virus bisa dihentikan....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
junaedi1982new dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Jokowi Bilang Mudik Beda dengan Pulkam saat Ditanya Najwa, Publik Gempar
23-04-2020 10:18
bener, mudik itu pas jelang lebaran, buktinya selalu ada arus mudik, bukan arus pulang kampung toh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
junaedi1982new dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Jokowi Bilang Mudik Beda dengan Pulkam saat Ditanya Najwa, Publik Gempar
23-04-2020 10:19
waktu nonton rasanya campur aduk antara mau ketawa apa kasian denger jawaban kayak gitu
ngelesnya kliatan bangetemoticon-Mewek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
junaedi1982new dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Jokowi Bilang Mudik Beda dengan Pulkam saat Ditanya Najwa, Publik Gempar
23-04-2020 10:21
kalau tidak dikoreksi pernyataan itu akan menjadi pembenaran akan tindakan yang salah di kemudian hari,

harusnya mencerdaskan pola pikir bangsa, ini malah menjadi pembodohan, ironisnya ini dilakukan oleh seorang presiden dimana masyarakat bisa saja setuju hanya karena jokowi adalah seorang presiden
profile-picture
profile-picture
profile-picture
junaedi1982new dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Jokowi Bilang Mudik Beda dengan Pulkam saat Ditanya Najwa, Publik Gempar
23-04-2020 10:22
kalo beye sampingan nya bikin lagu kalo nyang ono maen lenong emoticon-I Love Indonesia

tinggal nyontoh tutorial nya di skill academy pake kartu prakerja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
junaedi1982new dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Jokowi Bilang Mudik Beda dengan Pulkam saat Ditanya Najwa, Publik Gempar
23-04-2020 10:25
Anak saya baru masuk TK kelas nol. Dia sudah paham kalau mudik = pulang kampung..

Apa Persiden Indonesia ini jejaang pendidikannya lebih rendah dari TK ???

Atau bapak cuma bercanda?

Pantas selama ini gak serius ngurusi Corona dianggap becandA... Sedangkan coronA gak bercanda ingin memusnahkan manusia.

Nasib sial rakyat indonesia, kalau begini pak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
junaedi1982new dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Jokowi Bilang Mudik Beda dengan Pulkam saat Ditanya Najwa, Publik Gempar
23-04-2020 10:25
Quote:Original Posted By whellere
Udah jgn dibahas terus.. iyahin aja.

Yg salah Wikipedia.
Yg salah JS Badudu.
Yg salag Google.

Yg bener.. mudik TIDAK SAMA dgn pulang kampung.

Sekian.
😊


Bener dari pada ente diadili mending benerin aja yak. emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
junaedi1982new dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Jokowi Bilang Mudik Beda dengan Pulkam saat Ditanya Najwa, Publik Gempar
23-04-2020 10:35
oh iya ya beda pulang kampung aja ah 🤭
profile-picture
profile-picture
profile-picture
junaedi1982new dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Jokowi Bilang Mudik Beda dengan Pulkam saat Ditanya Najwa, Publik Gempar
23-04-2020 10:41
Jadi kita boleh yang mana nih pak, boleh mudik atau boleh pulang kampung. atau gak boleh dua-duanya.

atau ada bahasa baru kidmu atau gnupmak gnalup untuk kedaerah asal
profile-picture
profile-picture
profile-picture
junaedi1982new dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Jokowi Bilang Mudik Beda dengan Pulkam saat Ditanya Najwa, Publik Gempar
23-04-2020 10:44
seenggaknya presiden kita sudah menjawab,, dan dengan begitu nati saat lebaran kita pulang kampung saja,, jangan mudik, karena mudik dilarang,, pulang kampung belum ada larangannya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
junaedi1982new dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Jokowi Bilang Mudik Beda dengan Pulkam saat Ditanya Najwa, Publik Gempar
23-04-2020 10:47
yaampun masalah gini doang lo sampe bacotin kepala pemerintah lo..
kasian tenaga lo kebuang sia2 mending pake kerja mayan bisa pake beli nasi bungkus kan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
junaedi1982new dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Jokowi Bilang Mudik Beda dengan Pulkam saat Ditanya Najwa, Publik Gempar
23-04-2020 10:47
cek kbbi aja emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
junaedi1982new dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Jokowi Bilang Mudik Beda dengan Pulkam saat Ditanya Najwa, Publik Gempar
23-04-2020 10:51
emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak blunder jokowi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
junaedi1982new dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Jokowi Bilang Mudik Beda dengan Pulkam saat Ditanya Najwa, Publik Gempar
23-04-2020 10:52
lg bingung ya gimana cara bela pakde tentang mudik & pulkam emoticon-Leh Uga
Mudik = pulang waktu lebaran/sblm lebaran
Pulkam = ya bebas kalo udah gak kerja diperantauan emoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
junaedi1982new dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Jokowi Bilang Mudik Beda dengan Pulkam saat Ditanya Najwa, Publik Gempar
23-04-2020 10:52
sebenarnya essensi pertanyaannya itu adalah sudah terjadi perpindahan manusia dlm jumlah besar dari area merah pandemic ke daerah lain berdasar data kemenhub yang entah presiden kita malah jawab perbedaan istilah mudik vs pulang kampung. Padahal orang yg katanya pulang kampung itu sudah terbukti ada yg bawa corona di kampugnya.

gw bilang mending pihak istana larang media apapun buat wawancara langsung presiden kecuali daftar pertanyaannya sdh diberikan duluan, yg kayak gini malunya senegara apalagi kalau sampai nyebar ke luar negeri.

profile-picture
profile-picture
profile-picture
rachmansdk dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Jokowi Bilang Mudik Beda dengan Pulkam saat Ditanya Najwa, Publik Gempar
23-04-2020 10:53
mending nonton videonya dulu lah, pasti langsung faham dengan penjelasannya

kecuali....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rezayunanda dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Jokowi Bilang Mudik Beda dengan Pulkam saat Ditanya Najwa, Publik Gempar
23-04-2020 10:54
ayam kampung ada, ayam mudik apa ada?

mungkin maksud Kowi. Pulang kampung itu kembali ke tempat asal dan ga balik2 lg

Mudik cukup pergi dan kembali lg

Tapi Pemimpin harus peka, kenapa mereka Pulkam? ya bantuan ga diterima

Ane aja di perbatasan Bekasi ampe sekarang belum turun tuh bansos

Mungkin terbentur birokrasi, mafia, salah sasaran
Diubah oleh nevertalk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
junaedi1982new dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Jokowi Bilang Mudik Beda dengan Pulkam saat Ditanya Najwa, Publik Gempar
23-04-2020 10:55
Sebenrnya mudah aja bedaiinya

coba deh tanya orang yang mau balik ke kampung halamannya disaat non hari raya , pasti mereka akan bilang "mau pulang kampung"

namun disaat lebaran orang cenderung bilangnya " mau mudik"

bedanya , pulang kampung bukan gelombang besar kepulangan masyarakat menuju kampung halaman, biasanya dilakukan hanya oleh beberapa orang

sementara mudik lebih berarti gelombang besar atau hegemoni besar kepulangan masyarakat menuju kampung halaman , sehingga pada mudik ini lebih beresiko penyebaran covid 19 nya

simpel nya mudik itu bisa diartikan sebagai sebuah "budaya dalam masyarakat" yang biasanya diidentikan dengan gelombang besar pulang ke kampung halaman secara bersama sama pada menjelang lebaran

emoticon-Toast emoticon-Shakehand2
Diubah oleh Guitarboy
profile-picture
profile-picture
profile-picture
junaedi1982new dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 5 dari 10
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia