Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

liliknurindahAvatar border
TS
liliknurindah
Wow!! Prediksi Terburuk: Ada Tambahan 3,78 Juta Orang Miskin Di Indonesia
Prediksi Terburuk: Ada Tambahan 3,78 Juta Orang Miskin karena Corona

Wow!! Prediksi Terburuk: Ada Tambahan 3,78 Juta Orang Miskin Di Indonesia

Jakarta - Pandemi COVID-19 memberikan dampak yang sangat besar bagi sosial dan ekonomi Indonesia. Bahkan, ironisnya diperkirakan akan ada tambahan 3,78 juta orang miskin baru di Indonesia karena pandemi ini.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menerangkan, pemerintah sudah membuat skenario indikator utama ekonomi makro tahun ini yang terimbas wabah Corona. Pertumbuhan ekonomi dengan prediksi berat hanya tumbuh 2,35% tahun ini. Tapi dalam skenario sangat berat ekonomi Indonesia 2020 bisa negatif -0,4%.

"Untuk PDB saat ini kita estimasikan dalam kondisi berat dan sangat bera. Sebelumnya baseline kita 5,3% tahun ini akan tekanan sampai ke level 2,3%. Bahkan dalam situasi sangat berat mungkin bisa sampai negatif growth -0,4. Ini pasti pengaruh ke dampak sosial ekonomi kita," ujarnya usai mengikuti Sidang Paripurna melalui virtual.

Ekonomi yang terkontraksi tentunya memberikan dampak negatif bagi kehidupan masyarakat. Dari sisi kemiskinan Sri Mulyani memprediksi akan ada tambahan sekitar 1,1 juta orang hingga 3,78 juta orang dalam kondisi paling buruk.

"Angka kemiskinan kita bisa naik dengan tambahan 1,1 juta orang atau skenario lebih berat kita akan menghadapi tambahan kemiskinan 3,78 juta orang," tuturnya.

Pemerintah juga menyiapkan skenario berat untuk nilai tukar rupiah tahun ini bisa mencapai Rp 17.500 per dolar AS. Sementara skenario sangat buruknya bisa mencapai Rp 20.000 per dolar AS.

Sementara inflasi diperkirakan juga akan melambung tinggi. Skenario berat mencapai 3,95% dan sangat beratnya mencapai 5,1%.


Wabah virus corona telah memukul sektor kehidupan masyarakat dunia. Terutama bagi warga miskin yang justru kian mengalami kesulitan di tengah keterbatasan yang dialami.

Hal itu kian parah, ketika upaya rakyat kecil untuk menyambung hidup harus dibayar dengan harta benda yang tersisa, kekerasan hingga kehilangan nyawa

Berikut potret nasib warga miskin saat wabah virus corona

1. Kelaparan saat Wabah Corona, Atek Dipukuli Massa karena Curi 5 Kg Beras

Atek, lelaki berusia 40 tahun warga Jalan Mawar, Kelurahan Sari Rejo, Kecamatan Medan Polonia, Medan, Sumatera Utara, nekat mencuri satu karung beras ukuran 5 kilogram.

Dia nekat mencuri beras karena tak memunyai uang untuk membeli, sehingga menderita kelaparan.

2. Demi Menyambung Hidup, Ojol Rela Gadaikan TV Miliknya dengan Beras 5 Liter

Efek wabah virus corona menyebabkan pendapatan sejumlah ojol menurun drastis. Bahkan beberapa ojol harus putar otak mencari penghasilan demi menyambung hidup untuk keluarga tercintanya.

Salah satunya kisah driver ojol satu ini. Dalam sebuah unggahan Twitter @eko_kuntadhi, ia menunjukkan tangkapan layar percakapan di WhatsApp dengan salah satu driver ojol yang tak disebutkan identitasnya.


3. Miskin karena Corona, Ibu Yuli Meninggal Dunia setelah 2 Hari Tak Makan

Kisah Ibu Yuli Nur Amelia berakhir di liang lahat setelah 2 hari kelaparan karena wabah virus corona. Ibu Yuli menjadi makin miskin karena pembatasan yang disebabkan karena wabah corona.

Ibu miskin yang merupakan warga Kelurahan Lontarbaru, Kecamatan Serang, Kota Serang meninggal dunuia. Ibu Yuli meninggal dunia, Senin, 20 April 2020 sekitar pukul 15.00 WIB.


4. Masya Allah Perjuangan Seorang Ayah, Ason Jual HP Rusak Buat Beli Beras

Kisah Ason Sopian keliling rumahnya di Batam jual ponsel rusaknya untuk biaya makan 5 anaknya mengurai air mata. HP rusak itu dijual Rp 10 ribu untuk dibelikan beras.

Ason Sopian, seorang ayah dari lima orang anak yang masih kecil-kecil dan hidup dalam keprihatinan. Ason Sopian tak memiliki pekerjaan tetap. Ia pernah bekerja di bengkel, tapi sekarang menganggur.


Danang Sugianto - detikFinance
Sumber : detik.com

https://m.detik.com/finance/berita-e...-karena-corona

Dan suara.com

Sorry, post ulang gan yg kemaren dihapus 🙏
Diubah oleh liliknurindah 24-04-2020 23:49
4iinch
infinitesoul
sebelahblog
sebelahblog dan 24 lainnya memberi reputasi
25
1.2K
43
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.