tyatutuAvatar border
TS
tyatutu
Sawadikap! Liburan Phuket yang Bikin Greget
Saya berpikir keras untuk menulis cerita liburan Phuket saya yang memang nyaris tanpa gejolak. Semakin bergejolak biasanya saya semakin ingat suatu perjalanan, tapi ini gak! Wadaw berabe. 

Tapi demi keabadian maka saya akan kembali mengingat meski kalau sudah begini saya pasti ditegur kalau salah cerita atau ada yang ke skip. Ya, biasanya pasti dari teman perjalanan saya.

Makanya, penting banget foto-foto selama liburan membantu membangkitkan ingatan terhadap momen-momen penting yang seharusnya ga boleh dilupain. Ya, kan! Bikin blog aja udah banyak momen yang lupa apalagi gak didokumentasiin bisa hilang semua ingatan dalam kepala apalagi sudah makan usia. 

Nah, sama dengan sebagian besar perjalanan saya lainnya. Perjalanan kali ini pun berlangsung implusif. Jadi saat itu saya iseng ngecek situs web Jetstar ternyata lagi ada diskon ke Phuket harganya untuk PP cuma kurang dari 2 juga, sekitar 1,4 juta. Murah kan. 

Langsung tancap gas beli sama teman SMA saya dulu. Dia yang juga traveler dia sukarela juga mengatur semuanya mulai dari destinasi dan hotel. Saya sih senang aja karena saya bisa santai, kan yang biasanya ngatur itu saya kalau pergi kemana-mana. 

Namun kali ini saya benar-benar kaget, karena teman saya sampai buat timeline, ittinerary di excel dengan rincian waktu dan sebagainya. haahha... karena biasanya saya cuma buat segalanya itu di dalam otak paling kalau ditulis juga corat coretan. hahaha... Selain malas, saya juga ga terlalu suka straight to the plan karena saya orgnya implusif parah dan menikmati sensasinya. Nyasar-nyasar ato ga musti buru-buru menikmati segalanya karena itu sebenarnya esensi perjalanan. Menikmati segalanya tanpa dibatasi apapun termasuk ittinerary dan waktu. 

Tapi untuk kali ini saya serahkan semuanya, saya cuma tinggal bilang "terserah" "oke" atau "bagus juga" wakakaka... dan tibalah hari keberangkatan. Kita berangkat transit dulu di Singapore yang ternyata sampai di sana sudah hampir tengah malam. 

Teman saya ini dari awal berangkat sudah antusias benar mau ngevlog dan buat video jadi dia rekam mulai dari keberangkatan di Soetta. Tapi ternyata pas sampai di Singapore saya loyo karena ngantuk berat brooo... ini jadi membuat teman saya malas ngevlog lagi wkwkwk... maap yak. Meski ngantuk berat kami tetap cari tempat tidur ternyaman sampai besok pagi kita cuss ke Phuket. Apa daya, segala tempat yang nyaman sudah ada orangnya. Akhirnya kita memilih lokasi playground untuk tidur. 

Tidurnya pun ngumpet di kolong bangku dengan alas rerumputan plastik. Kalau dibayangin emang kasian yak hahah... tapi ini seninya traveling. Saya sebenernya udah ngantuk banget tapi entah kenapa ga bisa tidur malah tidur ayam. Alasannya berisik ada yang tetiba ikutan juga tidur di sana ditambah suhu di bandara Changi dingin parah. 

Tapi semua pasti terbayar lah ya. Besok pagi kita bersiap ke bandara Phuket yang ternyata jauh dari bayangan. Bandaranya sih bagus tapi cenderung sepi banget mungkin saat itu memang lagi gak banyak turis. Dari sini kita menuju pusat kota, kami memesan hotel dekat dengan pantai Patong dan juga mal Jungceylon.    

 Sampai di sana belum waktunya check in, jadi kita jalan-jalan dulu ke dalam mal, cek ombak. Malnya lumayan besar dan nyaman di dalamnya ada outdoor juga dan replika kapal yang ada sejarahnya gitu waktu zaman thailand kuno hehehe... jadi nama Jungceylon adalah nama kapal Thailand. 

Abis dari mal kita main juga ke pantai yang ternyata kalau malam jadi red district-nya Phuket karena banyak club dan jalan di sini buat kendaraan bakal ditutup. Aktivitas di pantai Patong juga ramai. Mereka buka macem-macem watersport salah satunya terbang pake parasut yang ditarik sama speedboat. Lumayan juga harganya sekitar 300 ribu kalau dirupiahkan, nah ternyata beberapa hari selepas saya dari sana jatuh korban, kakek meninggal gara-gara jatoh. Videonya serem banget, untung saya gak naik tuh terbukti kalau gak aman. 

Di pinggir-pinggir jalan juga banyak ditawarkan paket tur dan juga makanan minuman yang nyegerin. Saya beli puding kelapa di abang gerobak. Sementara teman saya beli coconut ice cream yang rasanya seger banget pas buat musim panas Phuket ini. Walau gak ada yang bisa ngalahin enak dan nyesnya jus mangga di Phuket. One of Best drink I ever had. 

Kita gak mutusin untuk beli paket phuket di pinggir jalan tapi di hotel aja yang ternyata harganya jauh lebih miring. Saya lupa berapa tepatnya saya beli paket untuk ke James Bond Island dan Phi phi Island itu sekitar 700 ribuan udah all in. Nah, karena kita sore gak ada acara makanya kita memutuskan untuk eksplorasi wisata di deket sini. Sebenernya banyak sih destinasinya cuma yang kita pilih itu Big Budha di Chalong, Wat Chalong sama night market.

Harga yang ditawarkan pihak hotel itu Rp 300 ribu untuk 6 jam dan mengeksplor 3 tempat itu. Yang gak enaknya itu, si driver yang kita sewa ternyata kaga bisa bahasa Inggris, baeklah bahasa tarzan dimulai!!

Big Budha 

Dari pusat kota ke big budha lumayan jauh dan nanjak. Saya sempat was was karena mobil sedan tua ini menderu-deru saat naik. Jalannya pun kecil tapi pas sampe di sana, widih rame banget. Saya sudah cuap cuap janjian sama driver untuk janjian ketemu. Dia mewanti-wanti agar kami tidak telat karena destinasi satu ke lainnya lumayan makan waktu banyak.


Etapi ya, dikasi waktu sekitar 1 jam di sini emang musti banget lah tangganya aja lumayan tinggi. View kota yang disajikan di sini juga lumayan bagus cuma tetep aja kalau pakai kamera abal ga keliatan jelas tuh kota dipotret. Ya, saya cuma bawa kamera poket. Saya lumayan ga nyaman di sini karena terlalu ramai. 



Saya juga gak terlalu detail eksplorasi di sini selain patung budha tersenyum yang segede gaban dan kuil di bawahnya. Saya juga buru-buru keluar dari kuil itu karena bau asep. Hahaha payah banget. Iya mereka kan berdoa pake dupa dupa gitu guys jadi buat mata perih juga. 

Yang saya sesalkan di sini saya gak dapet foto kece karena keramean orang dan sudah gak mood. huuu padahal bisa banget dapat foto instagramable, tetep ya buat konten.

Wat Calong 

Nah, ini bagian destinasi yang paling saya suka. Saya baru pertama kali ke temple Thailand yang menurut saya artistik dan mewah banget dengan kubah lancip menjulang.

Makanya foto-foto di sini keceh abis meski tanpa model. Kuilnya pun terawat karna masih jadi tempat ibadah. Saya selalu menahan gejolak diri saya untuk memotret orang yang lagi sembahyang meski ekspresi mereka bagus banget tapi itu gak sopan!! iya sih, tapi emang kapan lagi mengabadikan foto muka-muka pasrah seorang hamba hehehe….



Jadi ada beberapa kuil utama di sini yang kecil-kecil dan sempit dengan beragam patung budha emas dari yang kecil sampai yang besar. Masuk ke sini juga musti lepas sepatu, tenang ga bakal ilang ga kayak solat jumat di masjid wkwkwk…

Beberapa tempat juga ditutup saya sih tidak mengerti alasannya karena sama sekali gak ada petunjuk jelas. Ini yang membuat saya diusir sama biksu di sana gara-gara foto di rumah yang ternyata tempat raja mereka dimakamkan. Nah lho hahahha… situ sih kaga pasang plang dan peringatan ga boleh foto di bangunan putih itu. 

Saya sih ga berhenti-henti foto karena berbagai angle cucyok banget nih. tapi bukan selfie forever ya melainkan potret bentuk bangunan karismatik ini meski saat itu terik menyengat tapi saya betah. 

Sampai hampir lupa kalau kita juga punya waktu sejam aja di sini. Saya pun lari naik mobil takut si bapak kenai kami charge karena molor waktunya. Dia pun udah menunjuk-nunjuk jamnya, mengingatkan. 

Night Market

Destinasi terakhir yang kita singgahi adalah night market yang sebenarnya pas datang ke sana belum lah malam wkwkw… tapi pasar sudah rame dan lengkap. Saya cuma mengincar satu hal di sini. Sendal jepit! karena sepatu karet saya sudah sedemikian tidak nyaman. Akhirnya saya ke sini cuma beli sendal jepit. Sementara teman saya beli kacamata karena lupa bawa kacamata.Jiah… gimana ya bukannya beli oleh2 hahah…


Kami juga mencari makanan untuk makan malam meski banyak makanan warna warni, imut, ngegemesin, saya tetap harus hati-hati memilihnya takut haram bu. Bau babi juga menyeruak kemana-mana. Jadi saya beli makanan yang penjualnya berjilbab dan sudah terjamin kehalalannya. Apa yang kami beli? sepotong ayam berbumbu merah, manggo rice, kulit ayam dan sate-satean berbagai rasa. 



Setelah dirasa cukup, kami balik ke mobil dengan waktu yang sangat tepat sesuai perjanjian. Si bapak malah lagi asik liat kolong mobil ngebantuin bocah ngambil sesuatu. Entahlah. Hahaha… yang penting si bapak murah senyum ini ga ribut tunjuk tunjuk jam tangannya lagi. 

Kami kembali ke hotel Amici Miei yang dapat rating bagus di trip advisor. Petugasnya wanitanya memang ramah dan jago banyak bahasa, super banget dia tapi cuma dia doang, petugas yang lainnya hancurrr bahasa Inggrisnya.


Kita juga gak mau menyia-nyiakan malam begitu saja makanya masuk lagi ke Mal Jungceylon ternyata di jadwal tertentu kita bisa lihat pertunjukan air mancur di sana. Bagus deh. Ditampilin juga sejarah kapal Jungceylon itu saat masa perang dulu. Karena sudah terlalu capek kita putusin lebih dini istirahat karena besok mau ke phi-phi yeyeye. Videonya lihat di sini.   Cerita lainnya lihat di sini. 
BumiTimur
onik
nona212
nona212 dan 24 lainnya memberi reputasi
25
4.6K
13
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Cerita Pejalan Mancanegara
Cerita Pejalan MancanegaraKASKUS Official
840Thread2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.