Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Deretan Permasalahan Kartu Prakerja Yang Tak Seindah Ekspektasinya

ayokitakemanaaAvatar border
TS
ayokitakemanaa
Deretan Permasalahan Kartu Prakerja Yang Tak Seindah Ekspektasinya
Deretan Permasalahan Kartu Prakerja Yang Tak Seindah Ekspektasinya

duitologi.com

Dimasa kampanye presiden, Presiden Jokowi mengatakan bahwa kartu prakerja akan merupakan bantuan biaya pelatihan vokasi untuk para pencari kerja. Sesuai dengan namanya "prakerja" harusnya diperuntukkan bagi pengangguran yang belum bekerja dan sedang mencari kerja. Karena ane rasa kalo kayak gini bakal tepat sasaran, karena uang yang dimiliki pengangguran terbatas (mungkin tidak ada) untuk mengikuti pelatihan yang harganya ratusan ribu rupiah. Ditambah para pengangguran yang belom bekerja ini belum pernah bekerja, otomatis pengalamannya nol. Udah duit nol, skill nol, pengalaman nol. Apa ada perusahaan yang mau? tentu ada, cuma probabilitasnya sedikit. 

Ane udah hampir 6 bulan nyari kerja sejak lulus kuliah dan belum juga dapet kerjaan, padahal pengalaman organisasi cukup banyak, IPK diatas 3 skill software yang ane bisa gunain juga cukup lumayan, tapi dari ratusan lamaran yang ane apply baru beberapa perusahaan yang manggil buat interview, dan itupun ga ada kabarnya lagi sampe sekarang emoticon-Big Grin. Dan kebanyakan perusahaan yang ane lihat mencari calon pekerja yang "berpengalaman", alias sudah pernah bekerja dibidang tersebut.

Deretan Permasalahan Kartu Prakerja Yang Tak Seindah Ekspektasinya

berbagiilmu.com

Oleh karena itu begitu tau ada kartu prakerja ini ane dengan semangat untuk ikutan mendaftar, lumayan pikir ane gak perlu keluar duit buat ikut pelatihan. Ya walaupun ilmu pelatihannya seumur hidup, tapi tetep aja 300ribu kerasa berat buat ane yang ngandalin pemasukan dari kaskus kreator. Singkat kata, setelah ane daftar dan ikuti tesnya (matematika dasar dan TPA dasar) ane optimis lolos program kartu prakerja gelombang pertama. Tapi sayangnya begitu pengumuman, ane dinyatakan tidak lolos emoticon-Hammer (S). Dengan alasan kuota sudah penuh. Padahal ane ikuti tes hari selasa tanggal 13 April 2020.

Ane tanya ke temen ane yang kebetulan juga baru dirumahkan, dia nyoba iseng-iseng tapi lolos, dan anehnya dia daftar pada hari kamis. Dari situ muncullah pertanyaan dari ane, kenapa ane yang daftar hari selasa kuota penuh tapi yang hari kamis bisa diterima?emoticon-Bingung (S). Apalagi temen ane ini udah punya pengalaman kerja, kenapa malah dia yang keterima, toh pengalaman kerja udah cukup ane rasa buat ngelamar kerja lagi nantinya.


Deretan Permasalahan Kartu Prakerja Yang Tak Seindah Ekspektasinya


Deretan Permasalahan Kartu Prakerja Yang Tak Seindah Ekspektasinya

kompas.tv

Dan ternyata setelah ane browsing ketauanlah bahwa kartu prakerja ini diprioritaskan bagi pekerja yang terkena PHK emoticon-Hammer (S)emoticon-Hammer (S). Muncul lagi pertanyaan di diri ane, kenapa yang diutamakan malah orang yang udah pernah kerja? Kan mereka lebih punya pengalaman dari ane, mereka lebih punya duit dari hasil kerja sebelumnya, kenapa mereka yang diprioritaskan??? Nah kalo yang diprioritaskan adalah mereka yang di PHK namun sudah berkeluarga oke ane setuju, toh beban hidup dia tentu lebih berat dari ane.

Deretan Permasalahan Kartu Prakerja Yang Tak Seindah Ekspektasinya

Akhirnya karena muncul banyak pertanyaan ane mampir lah ke akun instagram prakerja, dan makin aneh-aneh lah yang ane temuin di kolom komentarnya emoticon-Big Grin. Mulai dari yang masih kerja dan masih kuliah ada yang diterima. Emang kambing orang-orang yang kayak gini nih.

Deretan Permasalahan Kartu Prakerja Yang Tak Seindah Ekspektasinya

Deretan Permasalahan Kartu Prakerja Yang Tak Seindah EkspektasinyaDeretan Permasalahan Kartu Prakerja Yang Tak Seindah Ekspektasinya

Ada juga yang pagi cek gak lolos eh malemnya dicek lagi jadi lolos. Kok bisa??

Deretan Permasalahan Kartu Prakerja Yang Tak Seindah Ekspektasinya

Dan ada  pula yang iseng-iseng daftar taunya keterima.

Sebenernya ane gak masalah kalo 200 ribu orang itu dipilih acak, hanya saja seleksinya yang ane permasalahin, kenapa orang yang masih kerja ada yang bisa dapet?

Dan sekarang hari pertama gelombang kedua, yang di infonya bisa ikut gelombang berikutnya mulai jam 10 pagi, sampe sekarang pilihan gelombangnya belom ada emoticon-Hammer (S)

Tau ah, capek aku di PHP in.....emoticon-Ngacir

Sumber:Opini Pribadi


Deretan Permasalahan Kartu Prakerja Yang Tak Seindah Ekspektasinya
Diubah oleh ayokitakemanaa 22-04-2020 11:09
ceuhetty
infinitesoul
sitilestari2019
sitilestari2019 dan 261 lainnya memberi reputasi
262
12.6K
314
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.6KThread85.2KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.