ganggawfAvatar border
TS
ganggawf
Melatih Rasa Empati Pada Anak Lewat Si Manis Berbulu Comel


Assalamu'alaikum, agan sista semua.
Kali ini ane mau berbagi cerita tentang awal kenapa ane dan keluarga ane mulai jatuh cinta sama hewan berbulu manis ini. Ane sendiri tipikal orang yang introvert, jadi gak terlalu punya banyak sahabat di dunia nyata.

Tapi sebaliknya, sahabat setia ane ya binatang berbulu ini. Terlebih ada mitos yang menyebutkan kucing dapat menyerap energi negatif di dalam rumah. Terlepas dari itu mitos bener atau gak, ane pribadi emang jatuh cinta banget sama hewan kesayangan Rasulullah ini.

Kami sekeluarga semua suka dan sayang sekali dengan kucing. Awalnya ane di kasih satu kucing jenis persia medium sama adek ane. Saat di kasih ke ane, itu kucing umurnya masih 8 bulan.


Ini kucingnya, ane kasih nama Owen. Lucu, manja dan menggemaskan.


Hobinya ngintipin betina di depan rumahemoticon-Ngakak


Kebahagiaan ini semua harus sirna, karna beberapa waktu lalu Owen di tabrak lari sama orang yang gak tanggung jawab😭😭

Hari itu, ane bawa pulang jasadnya sambil nangis di jalan. Berasa hati remuk lihat dia dalam keadaan tak bernyawa dan berdarah-darah.
Setelah itu kami sekeluarga susah move on. Owen bersama kami sejak umur 9 bulan dan meninggal pada umur hampir 3 tahun.

Tapi memang, bagi kami. Tak ada kucing, rumah kami serasa hampa. Anak ane yang masih umur 2 tahun, lihat kitten meringkuk kuyup, kehujanan. Gemetar dan lusuh di depan rumah. Dia gendong dan bawa masuk, dia minta bapaknya untuk pelihara itu kitten yang saat itu besarnya masih sekepalan tangan orang dewasa.

Seorang diri di depan rumah, tanpa induk atau kucing yang lainnya. Entah dia tersesat atau di buang orang di depan rumah kami. Kami mandikan, dan rawat dia hingga kini. Sekarang dia sudah tumbuh besar. Kami berinama dia Haqueen. Pada saat itu hingga kini, Haqueen selalu menjadi teman setia anak kami.


Haqueen yang tidur bersama anak ane.


Haqueen ini hanya kucing domestik biasa. Tapi tak berpengaruh untuk kami. Bagi kami, dia adalah bagian dari keluarga kecil kami.


Ini saat, anak ane sakit. Tadinya ane gak izinkan dia dekat dengan hewan dulu. Tapi tak tega rasanya memisahkan mereka. Terlebih mereka berdua terlihat sekali saling membutuhkan satu sama lain.


Ini Haqueen dan ayahnya, ini momen dimana bangun tidur di pagi hari. Mereka menunggu Owen yang sejak semalam tidak pulang. Tak tahunya owen telah berpulang pada yang maha kuasa😭

Begitulah, cara ane menanamkan rasa empati dan rasa peduli pada anak ane. Ane mulai dari binatang peliharaan. Perlahan dia mengerti arti kasih sayang. Give and take!

Untuk makanan, ane kasih dry food. Ane biasa mix.

Yang bulet itu kemasan ketengan. Merknya maxi varian rasa ayam, merk ini kesukaan Haqueen. Harganya biasanya di petshop jakarta sekitar 15.000/stengah kg. Ane mix sama yang ori cat itu, soalnya kandungan gizi lebih lengkap yang merk Ori Cat itu, tapi kucingku kurang suka, ane siasati dengan di campur. Ada satu merk lagi yang suka ane mix, merk omega harga ketengannya sama kayak maxi. Cuma yang omega ini hanya ada rasa tuna dan seafood. Ane sering pake yang tuna karna seafood gak ada baunya, jadi kucing pada gak doyan.


Untuk jaga daya tahan tubuh mereka supaya gak gampang sakit atau kena virus, ane kasih vitamin ini. Bentuknya kapsul begitu kayak obat, tapi tenang gan, sist.. rasanya gak pahit kayak obat koq. Cara kasih ke kucingnya juga mudah, tinggal kita sodorin aja di dekat mulutnya, saat mreka udh nyium baunya pasti mreka akan makan itu kapsul. Karna memang baunya sesuai yang mereka suka.
Kandungannya ada kuning telur, collagen, lysine, Vit A, D, E, dll. Cukup lengkap kandungannya.

Karna WFH gini, ane jadi lebih dekat dengan mreka, di jamin gak bakal ngerasa kesepian. Momen memandikan, memotong kuku mreka yang biasa ane serahin ke petshop saat ane sibuk, sekarang ane lakukan itu semua sendiri. Seru juga! Berasa punya anak bayi lagi. Hehhehe...
Sebagai balasannya, mereka akan membalas kasih sayang kita dengan caranya yang unik. Membangunkan setiap pukul jam 3 pagi untuk sholat malam misalnya.


Nah, kalo si oyen ini. Ane baru adopsi dari pasar. Ane lihat di pasar dia di injek-injek dan di tendangin. Ane bawa pulang. Ane bersihin dan jadilah dia keluarga kami yang baru❤❤
Di kasih nama Simba sama ayahnya.


Ini saat si oyen atau simba sedang berjemur kala pagi.
Pada dasarnya, semua kucing tidak peduli kucing ras atau domestik (kampung). Merekan semua lucu dan bagus asal bersih dan terawat.

Ane pribadi, sayang duit kalo mau buat beli kucing ras. Si Owen itu karna di kasih adek aja makanya ane mau rawat. Daripada duit buat beli kucing ras, ane lebih milih duitnya di buat beli makanan kucing atau ngerawat kucing jalanan yang sakit. Jamuran misalnya.

Intinya, berikan cinta kasih pada mereka, dan lihat cinta yang akan mereka berikan kepada kita sebagai balasannya.

#Dirumahaja

Sumber: Opini Pribadi
Foto: Dokpri
Diubah oleh ganggawf 13-04-2020 11:11
NadarNadz
nona212
tien212700
tien212700 dan 34 lainnya memberi reputasi
35
1.3K
68
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Hewan Peliharaan
Hewan PeliharaanKASKUS Official
6.9KThread2.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.