Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Kreativv.comAvatar border
TS
Kreativv.com
Ini Dia 4 Aplikasi Chatting Jadul yang Penuh Nostalgia


Berbagai aplikasi telah hadir di smartphone untuk mempermudah proses komunikasi yang lebih cepat dan efisien di tengah era digital ini. Kamu tak perlu lagi takut kehabisan pulsa untuk berkirim pesan dengan orang terkasih, karena cukup dengan data internet saja, komunikasi lancar bisa dinikmati dari mana saja. Maka dari itu, ada banyak sekali aplikasi yang dikembangkan para untuk memenuhi kebutuhan komunikasi masyarakat serta dukungan fitur-fitur tambahan lainnya.

Di Indonesia sendiri, WhatsApp masih jadi pemenang dengan jumlah pengguna paling banyak dan disusul oleh aplikasi besutan perusahaan asal Jepang, Line. Masing-masing aplikasi punya keunggulan yang unik dan berbeda satu sama lain. Eits, tapi ada juga beberapa aplikasi jadul yang dulu sempat berjaya nih. Apa saja tuh? Langsung simak pembahasan lengkapnya di bawah ini!

1. Blackberry Messenger (BBM)



Kepopuleran Blackberry Messenger (BBM) sepertinya sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Banyak orang yang membeli ponsel Blackberry (BB) demi fitur ponsel dan pesan singkatnya yang menjadi daya tarik unggulan. Dari anak muda hingga orang dewasa ikut memburu merek ponsel asal Kanada ini. Tak hanya pesan singkat, BB juga dilengkapi dengan profil sehingga penggunanya bisa membuat beragam status.

Berbeda dari WhatsApp atau Telegram, sesama pengguna berkomunikasi dengan bertukar PIN BB terlebih dulu. Meskipun ponsel Blackberry sudah digantikan smartphone lain, aplikasi ini masih sempat tersedia untuk dapat diunduh di sistem operasi iOS dan Android. Namun nasib malang menghampiri, pada 2019 lalu Blackberry memutuskan menutup BBM karena kesulitan mendapat pengguna baru.

2. WeChat



Aplikasi Chat dengan teknologi friend radar atau you juga pernah booming pada waktu dulu dan WeChat menjadi salah satu pionirnya. Hal terhebat yang bisa dilakukan aplikasi WeChat ini adalah bisa menemukan teman dalam radius tertentu. Kurang lebih mirip dengan fitur pencarian area yang sekarang umum ditemukan di berbagai aplikasi seperti Tinder dan Bumble.

Tetapi sekarang aplikasi jadul asal Tiongkok ini sudah jarang digunakan, kemungkinan besar dipengaruhi ukuran data dan aplikasi yang semakin membesar. Jangan salah, bila kamu berencana untuk bermain-main ke Negeri Tirai Bambu, WeChat adalah aplikasi wajib yang serba bisa untuk berbagai kebutuhan di hampir seluruh wilayah Tiongkok loh. Mulai dari pembayaran digital layaknya hingga fungsi-fungsi media sosial umum yang sering ditemukan.

3. KakaoTalk


[img]https://cdn-images-1.S E N S O Rmax/800/0*IfOT3I8c6I6-y3lz[/img]

Hadir sebagai salah satu pesaing WeChat dulunya, membuat pamor dari KakaoTalk juga ikut melambung, memang tidak ada perbedaan yang berarti dari kedua jenis aplikasi ini, namun KakaoTalk menawarkan kecepatan respon yang lebih baik dari WeChat dan didukung dengan stiker-stiker yang lebih menarik. Tetapi, pada akhirnya tetap saja tidak bisa bertahan di zaman sekarang di mana orang-orang lebih mengandalkan aplikasi chat yang simple dan responsif. Meskipun demikian, para penggemar dunia hiburan Korea masih banyak yang menggunakan KakaoTalk sebagai media komunikasi yang juga dipakai oleh para idol di Negeri Ginseng tersebut. Adakah di antara kalian yang masih memakai KakaoTalk?

4. Friendster


, ada aplikasi jadul yang bisa dibilang sebagai salah satu ‘nenek moyang’ Facebook dan berbagai platform sosial saat ini. Friendster muncul di awal tahun 2000-an dan langsung menggebrak jagad dunia maya. Platform media sosial dan yang satu ini memungkinkanmu untuk saling berteman di dunia maya sekaligus menyediakan berbagai fitur menarik. Di Friendster kamu bisa mengutak-atik background dengan banyak pilihan dekorasi, menulis testimoni di profil teman, dan mengetahui siapa saja yang mengunjungi profilmu lewat fitur Who’s viewed me. Sayangnya, seiring waktu berjalan Friendster mulai ditinggalkan penggunanya dan akhirnya diikuti dengan ditutupnya perusahaan pada bulan Juni 2018.

Baca Artikel Menarik Lainnya



Diubah oleh Kreativv.com 14-04-2020 01:29
zachwaadzromare
onik
tien212700
tien212700 dan 64 lainnya memberi reputasi
65
3.8K
52
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Handphone & Tablet
Handphone & Tablet KASKUS Official
10.8KThread8.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.