Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Budaya
  • Ruwahan : Tradisi Keluarga Ane Menjelang Bulan Ramadhan

zafinsyurgaAvatar border
TS
zafinsyurga
Ruwahan : Tradisi Keluarga Ane Menjelang Bulan Ramadhan
GIF
Ruwahan : Tradisi Keluarga Ane Menjelang Bulan Ramadhan

Ramadhan sebentar lagi tiba. Meski di tengah pandemi yang tak kunjung reda. Mari kita sambut Ramadhan ini dengan gembira. Bersiap diri untuk meraih segala keberkahannya.
Spoiler for :


Di keluarga ane ada semacam tradisi untuk menyambut bulan suci Ramadhan, yaitu dengan cara melakukan ziarah ke makam orang tua dan saudara yang sudah meninggal. Juga melakukan acara kirim doa untuk para almarhum dan almarhumah yang telah mendahului kami. Acara ini disebut munggahan atau kalau di kampung kami namanya ruwahan atau rowahan. Karena dilakukan di bulan Ruwa/Rowa (Sya'ban). Biasanya dilakukan diujung bulan Sya'ban atau seminggu sebelum memasuki bulan Ramadhan.
Spoiler for :


Seperti yang ane kutip dari wikipedia, munggahan berasal dari Bahasa Sunda unggah yang berarti naik, yang bermakna naik ke bulan yang suci atau tinggi derajatnya. Tradisi munggahan dimaksudkan sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah, untuk membersihkan diri dari hal-hal yang buruk selama setahun ke sebelumnya dan agar terhindar dari perbuatan yang tidak baik selama menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan.

Namun ada yang berbeda pada ruwahan kali ini, biasanya ruwahan yang kami lakukan mengundang banyak tetangga untuk sama-sama mendoakan para almarhum dan almarhumah keluarga kami yang telah meninggal dan dilanjutkan dengan makan bersama dan bermaaf-maafan, tapi karena saat ini sedang terjadi wabah dan adanya himbauan untuk jangan berkumpul atau berkegiatan yang melibatkan orang banyak, maka ruwahan kali ini hanya di lakukan keluarga inti saja yang rumahnya berdekatan.

Semoga di Bulan Ramadhan ini, kita semua diberikan kesehatan baik lahir maupun bathin. Meskipun di tengah wabah yang melanda seluruh umat di dunia, semoga kita dapat menjalankan ibadah puasa dengan khidmat dan khusyu.

Dan juga kita semua berdoa di bulan Ramadhan yang mulia dan penuh berkah ini, semoga wabah yang melanda ini cepat berlalu sehingga kita dapat berkumpul lagi bersama keluarga dan orang-orang yang kita sayangi, sehingga kita tidak kehilangan moment untuk bersama, berkumpul, dan bermaaf-maafan di hari raya Idul Fitri nanti. Aamiin

Ruwahan : Tradisi Keluarga Ane Menjelang Bulan Ramadhan
Ruwahan : Tradisi Keluarga Ane Menjelang Bulan Ramadhan

Spoiler for :


BumiTimur
NadarNadz
nona212
nona212 dan 39 lainnya memberi reputasi
40
1.2K
6
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Budaya
BudayaKASKUS Official
2.3KThread1.1KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.