11221234Avatar border
TS
11221234
Pengalaman TERBURUK sepanjang beli barang online, dikerjain MARKET PLACE
Saya hanya ingin bebagi pengalaman saja gan, endingnya saya udah pasrah dan males berhubungan lagi.

Ditipu penjual? Biasa
Lupa bikin video unboxing? Biasa
Di-PRANK MARKET PLACE? Ini yg luar biasa gan

Siapa MARKET PLACE tersebut? TOKOPEDIA

Kejadian berawal ketika saya membeli barang dari salah satu power merchant (penjual) yang ada di tokopedia.
Singkat cerita salah satu barang yang saya pesan tidak berfungsi dengan baik. Saya hubungi penjualnya, dan disepakati untuk dikembalikan saja barangnya.

Secara alur nih, maka saya harus membuat "komplain" di tokopedia. Secara sistem, setelah disetujui penjual, saya harus mengirim barangnya ke alamat penjual.
Setelah barang dikirim, saya diwajibkan membuktikannya dengan foto barang, foto nomor resi, dan mengisi nomor resi ekpedisi pengiriman.

Permasalahan pertama muncul ketika nomor resi ekspedisi pengiriman yang saya masukan tidak terbaca di dalam sistem tokopedia.
"Komplain" tokopedia per-hari ini, menggunakan sistem bot otomatis, yang artinya tidak ada ada interaksi dengan manusia selama berlangsungnya "komplain"
Maka ketika saya jelaskan bahwa nomor resi tsb ketika di cek manual di website ekpedisi terbaca normal, pembuktian saya tetap dianggap invalid karena sistem tokopedia-nya yang rusak. Berakibat pada saya tidak mendapatkan uang refund dari barang yang sudah saya kirim kembali karena rusak.

Ok, ga masalah. Saya coba komplain lagi..

Nah permasalahan kedua adalah ketika saya melakukan terusan "komplain" ini. Terusan komplain ini dijawab oleh CS/manusia kan ya.
Namun sangat disayangkan, ketika ditanya kejelasan tentang bagaimana tentang uang refund saya, jawaban mereka (CS tokopedia) sangatlah tidak professional. Kayak disepelein gan, dijawab copas jawaban sebelumnya. Baca aja deh ss dibawah.

Jujur saya sakit hati, dendam malah.
Bukan kali ini saja saya pernah bermasalah dg tokopedia ini, dulu pernah masalah cashback gak masuk, dikomplain gak ada hasil. Kalo gak salah gara2 trx masuk komplain juga, barang diganti penjual-trx selesai tapi gak dapat cashbacknya (Masalah sistem)
Pernah juga diputer2 si CS sang maha pintar katanya bukti kurang pas alur komplain, padahal bukti sudah maksimal. Rugi juga lagi disini
Sekarang ini yg paling gondokin, dianggap sepele. Saya sudah berusaha ngomong baik-baik WALAUPUN kesalahan jelas ada di sistem tokopedia, lah dijawabnya diremehin copas doang.

Dengan tulisan ini, saya memutuskan untuk tidak ingin lagi berhubungan dengan setan tsb.
Saya sarankan agan-agan juga untuk tinggalkan market place ini, jangan sampai ada lagi kerugian lain yg terjadi.

Bagi tim legal yang ini membutuhkan kompilasi terhadap orang-orang yang dirugikan oleh tokopedia, dengan senang hati saya akan membantu.

Salam

SS:
https://ibb.co/vm379gx
https://ibb.co/stycxnB
Diubah oleh 11221234 05-06-2020 22:49
r03dy
fatal1ty2003
meowzie
meowzie dan 22 lainnya memberi reputasi
21
4.2K
30
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Surat Pembaca
Surat PembacaKASKUS Official
13KThread1.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.