• Beranda
  • ...
  • The KASKUS Bar
  • [COC_ Cooking2020] Dalgona Coffee: Minuman Kekinian yang Bikin Ane Penasaran Banget

rirandaraAvatar border
TS
rirandara
[COC_ Cooking2020] Dalgona Coffee: Minuman Kekinian yang Bikin Ane Penasaran Banget




Assalamu'alaikum. Agansista bagaimana kondisinya hari ini? Semoga senantiasa baik-baik saja. 

Kali ini, saya mau ikut bebikinan yang lagi viral, nih. Bikin dalgona coffee. Jujurly, saya itu kurang tertarik awalnya. Karena memang bukan pengopi. Dalam satu bulan belum tentu saya minum kopi. Ntah itu yang hitam atau berupa kopi susu dan sejenisnya. Tapi, bujukan dari nak-anak sulit dibantah. Eh, ketambah pula ada event-nya dengan reward yang emejing #upsstt. Jadilah saya uji coba. Asal Agan Sista tau aja, saya uji coba bikin dalgona ini sampai tiga kali. Selama tiga hari berturut-turut. Efek penasaran yang tinggi. Dan syukurlah … hari yang ketiga, akhirnya berhasil.

Mari saya ceritakan perihnya gagal, bangkit. Gagal lagi, bangkit terus aja. Hiksss! 

Uji coba di hari pertama, resep pakai kopi merek hari baik, gagal. Gagal total. Buang! 

Hari kedua pake resep original. Nescafe classic, gula dan air panas. Perbandingan 2:2:2. Kurang berhasil. Dalgona-nya enggak nge-foam. Bisa diminum sejujurnya. Tapi, salahnya saya, pakai gula halus, yang halusinnya dicobek kayu bekas uleg cabe. Jadilah rasanya ada pedes-pedes gitu. Buang lagi.

Uji coba di hari ketiga berhasil. Uhh… betapa senangnya hati. Rasa? Tentu sesuai yang dibayangkan. Manis, dingin, sedikit pahit. Sebenarnya untuk resep yang saya pakai sama persis dengan uji coba di hari kedua. Hanya saja, air panasnya saya ganti dengan air dingin banget. Saya dapat resep ini setelah nonton YouTube-nya dr. Ray Leonard.

Di situ, dia jelaskan secara gamblang mengapa jika pakai air dingin dalgona bisa lebih nge-foam. Akan tetapi, awalnya saya ragu banget. Kok nyeduh kopi pakai air dingin? Kan harusnya pakai air panas. Bergulat lah batin saya. Tiba-tiba, anak saya yang besar bilang, "Loh, Bu, ini di belakang bungkus kopinya bisa kok nyeduh pake air dingin." 

Wah! Kenapa saya tidak berpikir untuk membaca sampai ke situ, ya.
Nah, jadilah saya bikin dalgona memakai air dingin. Berhasil!

Dalgona oh dalgona!

Memang, ya, kopi dalgona ini begitu membius semua orang. Rata-rata pasti sudah pernah coba bikin. Entah itu memakai kopi, milo, atau chocolatos drink.
Ngomongin kopi, agan sista udah tahu kan, ya, manfaat dari kopi itu sendiri. Tentu kopi asli bukan yang udah dicampur sana sini. Selain sebagai penahan kantuk, kopi ternyata banyak juga manfaat lainnya.
Salah beberapanya seperti di bawah ini.
Quote:
Link sumber


Ohya, dari berita yang saya baca, ternyata kopi dalgona ini pertama kali terlihat di episode Pyunstorang, sebuah acara TV Korea. Di mana para selebriti berlomba untuk mengembangkan resep baru yang pada akhirnya akan memasuki toko serba ada sebagai produk resmi. Dan, salah seorang selebriti bernama Jung Il- Woo, diklaim sebagai pencetus nama kopi dalgona.
[URL=https://lifestyle-okezoneS E N S O R.cdn.ampproject.org/v/s/lifestyle.okezone.com/amp/2020/04/04/298/2194251/asal-usul-kopi-dalgona-yang-lagi-hits-ternyata-dari-reality-show-korea?amp_js_v=a2&_gsa=1&usqp=mq331AQFKAGwASA%3D#aoh=15870163315719&referrer=https%3A%2F%2Fwww.google.com&_tf=Dari%20%251%24s&share=https%3A%2F%2Flifestyle.okezone.com%2Fread%2F2020%2F04%2F04%2F298%2F2194251%2Fasal-usul-kopi-dalgona-yang-lagi-hits-ternyata-dari-reality-show-korea]Link[/URL]

Wah, ternyata oppa, yang awalnya nyetusin, dan sekarang jadi booming kemana-mana. Juga banyak variasinya. Gak melulu dengan resep asli.


Di bawah ini bahan-bahan yang saya pakai.
Quote:


{thread_title}



Gak terasa udah di penghujung tulisan saja. Semoga agan sista berkenan singgah dan memberikan cendol beserta rate-nya. Terima kasih sebelumnya. Sampai jumpa kembali.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh.

Sumber foto: dokpri
Tulisan: opini pribadi.

onik
nona212
tien212700
tien212700 dan 30 lainnya memberi reputasi
31
1.3K
42
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The KASKUS Bar
The KASKUS BarKASKUS Official
1.2KThread2.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.