embunsuciAvatar border
TS
embunsuci
Sepele dan Sering Diabaikan, Namun Memiliki Dampak Luar Biasa!



Hai, Sahabat Kaskus. Kali ini ane membahas soal kebaikan kecil namun bernilai besar. Apa sih kebaikan itu? Adalah sesuatu yang memberikan nilai yang bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain. Dampak untuk diri sendiri yang membuat seseorang memiliki kesadaran untuk saling berbuat baik. Dampak baik buruknya berbuat kebaikan akan dirasakan oleh tiap manusia.


Tidak Membuang Sampah Sembarangan






Sangat sulit sepertinya untuk mengetuk sebagian hati seseorang. Menyadari betapa pentingnya membuang sampah pada tempatnya. Contoh ane pribadi, sekalipun hanya sampah plastik permen yang berukuran kecil. Berat rasanya untuk membuang sampah sembarangan. Kalau tidak menemukan tong sampah, kita bisa menyimpan dahulu di saku atau dalam tas.





Dampak buruk yang terjadi kalau terus melanjutkan budaya jelek membuang sampah sembarangan adalah Banjir, Erosi, dan pencemaran biota laut. Miris bukan? Bertahun lamanya musibah akibat ulah manusia sendiri, tak bisa diatasi hanya karena ketidaksadaran diri.


Banjir





Banjir terjadi akibat genangan sampah yang berserakan di saluran air. Sehingga menutupi jalan keluar air hujan, dan menyebabkan genangan di mana-mana.


Kerusakan Pada Tanah dan Air





Saluran pembuangan dari air hujan di hutan dan bukit, tertutup dan tumpat oleh sampah yang menumpuk. Sehingga banjir menyebabkan longsor. Bagaimana perasaan kita melihat rumah penduduk yang ditimpah longsor. Kasihan dan miris bukan? Karena itu yuk mulai dari diri sendiri untuk membuang sampah pada tempatnya.


Ambillah sampah yang kalian lihat, sekalipun bukan kepunyaan sendiri, lalu buanglah pada tempatnya. Itu sudah bernilai kebaikan yang sangat luar biasa.





Bila lingkungan bebas dari sampah, maka akan terlihat asri, bebas dari banjir dan longsor. Maka mata akan indah memandang dan pikiran tenang.





Tercemarnya Air Bersih


Tercemarnya air bersih mengakibatkan gangguan kesehatan seperti diare dan lainnya. Sampah yang berserakan juga menimbulkan penyakit seperti muntah, diare dan gangguan pencernaan. Lalat yang membawa kuman hinggap di makanan atau pakaian. Karena itu yuk mulai berbuat baik sekalipun itu sepele, ya, Sahabat Kaskus.

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia



Menimbulkan Bau Tak Sedap Dan Sarang Penyakit


Jika dalam waktu yang panjang, semakin lama, sampah akan dihinggapi lalat dan jadi sarang penyakit.

Kebersihan Sebagian Dari Iman



Kalau lah rasa kebersihan dalam diri tidak ada, sama artinya tak punya iman.

Kebersihan dimulai dari diri sendiri, tempat tinggal, lingkungan sekitar dan di mana pun kita berada. Bumi akan baik-baik saja, jika manusianya sadar akan nilai luar biasa di balik kebaikan kebaikan kecil.


Apa lagi, Sahabat Kaskus? Mulailah hidup bersih dengan berbagi kebaikan, ya. Salah satunya buang sampah pada tempatnya emoticon-Jempol




Quote:



Bagaimana Sahabat Kaskus, semoga kita termasuk dari orang yang memiliki kesadaran diri penuh ya. Kelihatannya sepele, tapi memiliki dampak yang luar biasa.


Sekian dulu ya thread sederhana dari ane. Moga bermanfaat dan menghibur Sahabat Kaskus sekalian. Tebarkan kebaikan sekecil apapun, karena kebaikan tak akan berbalas keburukan. Sekalipun kebaikan diikuti oleh keburukan.



Spoiler for SS Cendol :




Sumber : Opri
Gambar : Fb
Diubah oleh embunsuci 30-04-2020 09:35
darmawati040
Jancuk056
megagledeg
megagledeg dan 188 lainnya memberi reputasi
187
3.7K
85
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.