Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

tafakoerAvatar border
TS
tafakoer
Walaupun Sedang Susah, Dalam Kondisi Apapun Tetaplah Memberi


Apa saja perbuatan yang baik yang baiknya dilakukan? setiap orang pasti punya jawabannya tersendiri. Salah satu perbuatan baik yang baiknya kita lakukan adalah memberi. Banyak sekali persepsi di sekitar kita tentang kapan kita harus memberi, biasanya orang akan memberi atau berderma ketika sedang banyak uang ataupun punya harta berlebih. Lalu bagaimana dengan mereka yang serba kekurangan? hal itu juga bukan menjadi sebuah halangan untuk bisa memberi kepada orang lain.


Selama kurun waktu 5 tahun sejak tahun 2012-2017, ane sendiri pernah menjadi seorang perantau yang mengejar cita-cita lewat kuliah dan juga bekerja. Di tahun awal-awal merantau berbagai kesulitan mulai silih menghampiri, kiriman orangtua sudah mulai berkurang dari ane sendiri mulai panik dengan hal itu hingga ane pun sampai berbicara dengan kakak kelas untuk menemukan jalan keluar entah itu lowongan pekerjaan ataupun peluang lainnya. Tak disangka ternyata ada kakak kelas yang baik hati memberikan bantuan, sebelumnya sempat ane tolak dan kemudian ane pun menerimanya. Dari sanalah ane terinspirasi untuk bisa berbagi dengan yang lain meskipun kondisi keuangan tengah sulit.

Kondisi saat menjalani kuliah di pertengahan jalan memang memprihatinkan, sampai-sampai masak nasi pun dengan lauk seadanya hingga pernah kepergok kakak kelas yang akhirnya memberikan uang untuk memberi lauk untuk makan. Dari banyaknya orang yang peduli di sekitar ane waktu itu ane berjanji pada diri untuk bisa berupaya memberi kepada orang lain atau bersedekah dalam bentuk apapun meskipun kondisi diri sedang susah. Pada saat mau pulang kampung pernah sisa beras masih banyak dan dikasihkan kepada orang lain yang membutuhkan.

Setelah sekian lama menjalani kuliah, pertengahan 2014 kehidupan ane yang masih kuliah mulai ada perubahan, kini ane sudah bisa meringankan beban orang tua karena sudah memiliki pemasukan keuangan entah itu dari mengajar atau bekerja sampingan lainnya. Saat ada adik kelas dari asal sekolah ane yang kuliah di tempat sama dan hidupnya tak jauh beda dengan masa-masa ane dahulu, ane tergerak hati untuk membantu kehidupannya selama kuliah. Tak jarang sembako ataupun bantuan lainnya aku berikan untuknya. Hingga lulus kuliah pun kebiasaan berbagi oleh ane masih dibiasakan dilakukan walaupun dalam kondisi susah. Hingga saat ini kebiasaan itu masih ane lakukan karena sesuatu yang kecil tersebut bisa menjadi dampak yang besar bila dilakukan.

Credit : islami.co

Dalam kondisi apapun tetaplah untuk memberi seperti pada masa sekarang saat virus corona mewabah, dalam kondisi susah seperti sekarangpun ada baiknya kebiasaan memberi tetap dilakukan karena itu adalah kebaikan kecil namun berdampak besar. Berkaca pada pengalaman ane sendiri bahwa memberi itu terlihat sederhana namun luar biasa terlebih saat dalam kondisi susah. Untuk itulah marilah kita menjadi orang yang peduli untuk memberi tanpa mengeluh pada kondisi diri saat ini, memberi itu perbuatan yang mulia dan dalam kondisi apapun kita biasakan untuk memberi dan peduli kepada setiap orang yang membutuhkan bantuan. Dengan memberi bukan sekedar menumbuhkan rasa peduli semata, namun juga bisa membahagiakan sesama yang membutuhkan uluran bantuan kita. Demikian paparan tulisan ane kali ini, lalu kebaikan kecil yang berdampak besar seperti apa yang agan sista lakukan? Silahkan sampaikan di kolom komentar dan sampai jumpa di tulisan selanjutnya. emoticon-Big Grin

Sumber : Pengalaman Pribadi dan Insipirasi Kehidupan
Sumber gambar via google images



Spoiler for bukti SS berbagi cendol ke 10 kaskuser:
nunu403
oranduweid
swiitdebby
swiitdebby dan 78 lainnya memberi reputasi
79
1.8K
18
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.