• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Wow! Inilah Perang Tersingkat dalam Sejarah, Inggris vs Zanzibar Cuma 38 Menit

hvzalfAvatar border
TS
hvzalf 
Wow! Inilah Perang Tersingkat dalam Sejarah, Inggris vs Zanzibar Cuma 38 Menit


Biasanya sebuah peperangan akan berlangsung hingga bertahun-tahun. Perang dunia I terjadi selama empat tahun yakni 1914-1918 sedangkan perang dunia II selama 6 tahun yaitu 1939-1945. Namun, tidak selamanya sebuah peperangan itu terjadi dalam waktu yang lama. Ternyata ada juga kecamuk perang hanya terjadi dalam hitungan menit saja. Bagaimana kilas sejarahnya? Terus scrool ke bawah ya!

Pada tanggal 27 Agustus 1896 terjadi perang antara Inggris dan Zanzibar. Peperangan antara kerajaan Inggris atau Britania Raya dengan Kesultanan Zanzibar tersebut memiliki hal yang unik pasalnya perang ini hanya terjadi dalam kurun waktu yang singkat yakni 38 menit saja. Adapun peristiwa ini dikenal dengan nama Perang Anglo Zanzibar.



Adapun penyebab dari peperangan singkat ini karena dilatarbelakangi oleh kematian seorang sultan Zanzibar bernama Hamad bin Thuwaini pada tanggal 25 Agustus 1896 yang merupakan seorang sultan yang sangat pro terhadap kerajaan Inggris. Setelah wafatnya sang Sultan kemudian ia digantikan oleh Sultan Khalid bin Barghash yang mana merupakan seorang yang sangat menolak kerjaan Inggris. Padahal sebelumnya Inggris telah menyiapkan seorang pengganti bernama Sultan Sayyid Hamud bin Mohammed yang memiliki prinsip yang sama yaitu sangat mendukung kepentingan kerajaan Britania Raya. Diketahui sebelumnya bahwa Zanzibar merupakan daerah jajahan sekaligus kekuasaan Inggris.

Kerajaan Inggris sangat menolak naiknya Khalid bin Bargash sebagai Sultan Zanzibar. Hingga akhirnya Inggris kembali membuka sebuah perjanjian yang pernah disepakati dan ditandatangani di tahun 1886 yakni perihal pergantian sultan mesti mendapatkan izin dari konsulat Britania. Dalam hal ini, Khalid tidaklah memenuhi kriteria sebagai pengganti Sultan Hamad bin Thuwaini. Maka saat itu Inggris yang dibawah kepemipinan Ratu Elizabeth 1 mengirimkan sebuah ultimatum untuk Khalid bin Bargash agar segera turun tahta dan meninggalkan istana.



Mendapat surat ultimatum melalui konsulat Inggris bernama Basil Cave, Khalid bukannya segera meninggalkan istana namun ia justru dengan beraninya mengumpulkan pasukannya sebanyak 2.800 orang yang merupakan dari kalangan masyarakat. Mereka berdiri melindungi istana. Para pasukan itu telah dipersenjatai dengan artileri dan sebuah Royal Yacht. Hingga pada tanggal 25 Agustus 1886, Khalid mampu mengumpulkan sebanyak 3000 orang.

Sementara di tempat lain, konsulat Inggris Basil Cave sedang mempersiapkan pasukan juga, sambil melakukan komunikasi kepada Kementerian Luar Negeri di London melalui telegram. Cave menyampaikan pesan bahwa jika proses damai dengan Sultan Khalid berjalan gagal, mereka bisa mendapatkan otorisasi untuk menggempur daerah istana. Selain itu, selama proses komunikasi tersebut Cave juga kembali melakukan ultimatum kepada Khalid namun selau diabaikan. Kemudian balasan telegram Cave mendapatkan jawaban dari Kemenlu Inggris bahwa mereka mendapatkan otoritas untuk melakukan langkah apapun.



Hingga pada tanggal 26 Agustus 1886 Basil Cave kembali memberikan ultimatum terakhir berisi agar Khalid untuk segera meninggalkan istana pada tanggal 27 Agustus 1886 tepat pukul 09.00 waktu setempat.

Kemudian di tanggal 27 Agustus 1886, tepat satu jam sebelum ultimatum berakhir Khalid mengirimkan pesan bahwa mereka tidak pernah berniat untuk menurunkan benderanya dan ia pun yakin bahwa pasukan Inggris tak akan menyerang. Mendapat jawaban tersebut Basil Cave segera menjawab dengan diplomatis Inggris tidak akan menyerang jika tidak diminta. Setelah itu, tak ada lagi komunikasi yang terjadi. Maka tepat pukul 09.00 ultimatum berakhir, dan Basil Cave segera memerintahkan kapal-kapal perang Inggris yang memang sudah siap segera melancarkan serangan ke arah istana. Pada pukul 09.02 persenjataan pasukan Khalid hancur diikuti runtuhnya istana beserta 3000 orang berada di dalamnya. Bersamaan itu juga, diketahui Khalid berhasil meloloskan diri melewati pintu belakang istana meninggalkan para pasukannya.



Selanjutnya, pukul 09.40 serangan penembakan ke arah istana berhenti dan bendera Khalid berhasil diturunkan. Maka otomatis peperangan dimenangkan oleh Britania Raya dan perang itu berakhir hanya 38 menit saja. Perang singkat tersebut menimbulkan korban sebanyak 500 orang prajurtit tewas dan terluka dan satu perwira Inggris terluka. Setelah itu, Inggris mengangkat Sultan Hamud bin Mohammed sebagai Sultan Zanzibar dan duduk di tampuk kekuasaan selama 6 tahun.

Sementara itu, Khalid sendiri kabur ke konsulat Jerman. Pihak Inggris meminta agar Khalid bin Bargash untuk diestrakdisi namun AL Jerman menyeludupkan Khalid ke Tanzania pada 2 Oktober.



Inggris baru berhasil menangkap Khalid ketika Inggris melakukan invansi ke Afrika Timur pada 1916 dan ia dibuang ke pulau St. Helena. Setelah melalui masa pembuangan, ia diizinkan pulang dan meninggal pada tahun 1927.

Benar-benar perang yang sangat singkat. Hanya 38 menit saja. Bahkan lebih singkat daripada thread ini ditulis. hehehe

Sumber :

1

2

3
Diubah oleh hvzalf 16-04-2020 15:21
RideatInFinem
swiitdebby
infinitesoul
infinitesoul dan 61 lainnya memberi reputasi
62
7.9K
137
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.