salamsetirkiriAvatar border
TS
salamsetirkiri
Lagi Rame Zoombombing, Apa itu? Katanya udah Masuk ke Indonesia

Siapa disini Agan dan Sista yang sering make Zoom selama WFH? tau serangan atau gangguan zoombombing gak?

Jadi, belakangan ada beberapa pengguna zoom yang melaporkan adanya gangguan zoombombing pada saat mereka melakukan video conference dengan rekan kerja. Dan yang paling baru GanSis, ini terjadi di Indonesia, hal ini dialami oleh Dewan Teknologi, Informasi, dan Komunikasi Nasional (Wantiknas).


Saat itu mereka melakukan diskusi secara online dengan menggunakan aplikasi zoom. Nah, ketika Direktur Media Kernels Indonesia (Drone Emprit), Ismail Fahmi lagi memberikan paparan ke peserta diskusi. Tiba – tiba terjadi perubahan tampilan layar seperti sebuah proses coding. Setelah itu terdengar suara orang asing yang berbicara pada saat pemaparan masih berlangsung. Gak lama berselang layar pun menampilkan adegan gak senonoh yang dilakukan sesama pria.

Kira – kira kayak gitulah kejadiannya GanSis,

Jadi, zoombombing ini adalah serangan berupa gangguan yang datang dari pihak luar yang membajak video conference yang lagi berlangsung. Biasanya pembajak ini mengirimkan gambar porna atau ujaran kebencian. Tujuan mereka jelas, mereka ingin menggangu video conference.

Agan dan Sista ada yang ngalamin kejadian seperti ini selama menggunakan zoom?

Ternyata GanSis, dari info yang Ane dapat, katanya kejadian ini bukan semata – mata kesalahan dari platform. Ada kesalahan juga dari pengguna. Katanya kebanyakan dari pengguna yang mengalami kejadian ini menyetel pertemuan zoom menjadi “publik”. Sehingga dapat diakses oleh siapa pun yang punya tautan pertemuan tersebut.

Kejadian ini sempat rame di Amerika GanSis, bahkan banyak pengguna yang mengajukan gugatan hukum terhadap platform ini.

Tapi buat Agan dan Sista yang mungkin udah nyaman menggunakan aplikasi ini, untuk menghindari ini terjadi pada kalian, mungkin kalian bisa menyiasatinya dengan tidak menetapkan status “public” pada pertemuan tersebut. Dan tautan pertemuannya cukup di share ke mereka yang diundang aja.



nunu403
zachwaadzromare
onik
onik dan 138 lainnya memberi reputasi
133
12.2K
162
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.