triyanti3Avatar border
TS
triyanti3
Ditemukan Bansos Berisi Makanan Kedaluwarsa


Bupati Toba Darwin Siagian memerintahkan petugas pemerintahan untuk segera menarik salah satu jenis bantuan pemerintah kepada masyarakat yang terdampak pandemi virus corona (Covid-19).

Bantuan yang diperintahkan bupati untuk ditarik itu adalah mi instan, yang sebagiannya ternyata sudah kedaluwarsa. Bantuan itu sebelumnya sempat disalurkan kepada masyarakat di Kelurahan Sangkarnihuta, Kabupaten Toba, Sumatera Utara (Sumut).

“Sebagai bupati, saya meminta maaf kepada masyarakat yang sebelumnya sudah menerima bantuan kedaluwarsa tersebut. Saya minta masyarakat supaya tidak mengonsumsinya,” ujar Bupati Toba Darwin Siagian, Kamis (16/4/2020).

Bantuan sembako oleh pemerintah kabupaten itu merupakan program bantuan sosial (bansos) yang disalurkan secara perdana kepada masyarakat tidak mampu di 6 kelurahan di Kecamatan Balige, Rabu (15/4/2020). Termasuk masyarakat tidak mampu di Kelurahan Sangkarnihuta, menerima bantuan pemerintah tersebut.

Salah satu bahan sembako yang diberikan pemerintah terhadap masyarakat adalah mi instan. Saat bantuan itu diberikan, masa kedaluwarsa mi instan itu ternyata berakhir pada 16 April 2020. Masyarakat sempat bereaksi saat mengetahui jenis makanan itu sudah kedaluwarsa.

Darwin pun meminta masyarakat yang menerima bantuan mi instan kedaluwarsa itu supaya mengembalikan kepada petugas. Kemudian, petugas yang ditugaskan menyalurkan bantuan mengganti mi instan yang masih baru atau tidak kedaluwarsa.

“Tidak ada faktor kesengajaan di balik pemberian bantuan yang sebagiannya ternyata sudah kedaluwarsa. Saya sudah turun melakukan pengecekan langsung dini hari tadi, dan informasi dari masyarakat itu memang benar,” katanya.

Darwin turun langsung melakukan penelusuran karena mendapatkan laporan masyarakat melalui media sosial (medsos). Oleh karena itu, dia mengapresiasi masyarakat yang turut berperan dalam mengawasi penyaluran bantuan tersebut.

“Saya mengharapkan partisipasi dan kerja sama masyarakat dalam mengawasi penyaluran bantuan pemerintah. Pengawasan masyarakat diperlukan mengingat wabah virus corona belum berakhir,” jelasnya.

Menurutnya, laporan masyarakat atas temuan makanan kedaluwarsa itu sangat membantu pemerintah untuk memperbaiki tata cara pelayanan terhadap masyarakat. Petugas pemerintahan diminta lebih teliti sebelum menyalurkan bantuan tersebut.

“Saya minta kepada petugas pemerintahan yang menyalurkan bantuan supaya lebih hati – hati dan teliti untuk ke depannya. Periksa dulu bahan bantuan sebelum sibagikan ke masyarakat. Saya tidak menginginkan kejadian seperti ini terulang kembali,” sebutnya. 



sumber: http://www.wartaregional.com/2020/04...-kedaluwarsa/
Mudah-mudahan bukan kesengajaan oknum yang cari kesempatan ya Gan...
sebelahblog
nona212
tien212700
tien212700 dan 9 lainnya memberi reputasi
10
942
10
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.2KThread40.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.