Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

novalfebriAvatar border
TS
novalfebri
Khawatir Berlianmu Imitasi? Kenali 5 Tandanya Ini!
Berlian termasuk barang berharga yang banyak dicari, entah untuk perhiasan atau investasi. Karena harga berlian asli itu mahal, ada aja oknum-oknum yang memanfaatkan kesempatan ini untuk menjual berlian palsu atau imitasi!

Kamu juga pasti nggak mau tertipu oleh oknum-oknum nakal ini, kan? Karena itu, sebaiknya kamu kenali dulu ciri-ciri berlian imitasi itu seperti apa supaya bisa membedakannya nanti.

Khawatir Berlianmu Imitasi? Kenali 5 Tandanya Ini!

Apa Itu Berlian Imitasi?
Berlian tiruan merupakan batu yang terlihat mirip seperti berlian asli, tetapi memiliki komposisi kimia dan sifat yang berbeda. Dengan kata lain, berlian tiruan adalah berlian palsu. Tapi, berlian sintetis dan imitasi itu nggak sama. 

Berlian sintetis memang memiliki material yang sama dengan berlian alami. Jadi, bisa dibilang kalau ini berlian asli. Tapi, jenis berlian ini nggak terbentuk secara alamiah, melainkan diproduksi di laboratorium.

Khawatir Berlianmu Imitasi? Kenali 5 Tandanya Ini!

Ciri-ciri Berlian Imitasi
Nah, kalau kamu udah tahu berlian imitasi itu apa, saatnya mengenali ciri-cirinya di bawah ini.

1. Terlihat Terlalu Bersih
Berlian imitasi seringkali terlihat lebih bersih dibanding berlian asli. Kok bisa? Karena berlian tiruan ini nggak punya cacat, baik di bagian luar maupun bagian dalam batu. Lain halnya dengan batu berlian asli yang pasti ada cacat di dalamnya. 

Kenapa berlian asli ada cacat di dalamnya? Karena berlian asli dibentuk di perut bumi dengan panas dan tekanan yang tinggi. Proses pembentukan inilah yang membuat berlian memiliki ‘tanda lahir’ berupa cacat di bagian dalam (inclusion/inklusi) dan cacat di bagian permukaan (blemishes).

2. Menyimpan Panas
Kalau berlian yang kamu beli bisa menyimpan/menahan panas, bisa dipastikan berlian itu tiruan. Coba lakukan fog test atau tes embun. Caranya adalah dengan menghembuskan nafas ke arah berlian seperti menghembuskan nafas ke cermin. 

Beda dengan berlian imitasi yang akan berembun selama beberapa saat, maka berlian asli akan mampu membuat embun menghilang sangat cepat. Hal ini dikarenakan berlian asli mampu menghasilkan konduktivitas panas dengan sangat baik.

Khawatir Berlianmu Imitasi? Kenali 5 Tandanya Ini!

3. Mudah Tergores
Berlian adalah batu permata yang paling keras. Biarpun kamu memukulnya dengan keras, berlian nggak akan mudah tergores. Tapi, berlian imitasi nggak sekeras berlian asli. Berlian imitasi akan mudah tergores kalau terbentur dengan benda lain, apalagi yang cukup keras.

4. Murah
Ciri paling mudah untuk menentukan kalau berlian yang kamu beli itu palsu atau nggak adalah melihat harganya. Berlian imitasi berharga yang jauh lebih murah dibanding berlian asli. Jadi, kalau ada berlian berukuran yang besar dan kelihatan bersih tanpa ada cacat, tapi dijual dengan harga yang sangat murah, kamu harus meragukan keasliannya.

5. Terlalu Berkilau
Berlian asli memang berkilau. Tapi, berlian imitasi biasanya terlihat lebih menyilaukan. Beberapa diantaranya bahkan memiliki kilau warna-warni pelangi. Contohnya adalah Cubic Zirconia. Kalau dibandingkan dengan berlian asli, berlian tiruan ini justru memperlihatkan kilau yang lebih berwarna.
 
Nah, jadi jangan sampai kamu terkecoh dengan harga yang murah atau kilauan warnanya, ya! Sebelum membeli, cek dulu keasliannya dan usahakan juga membeli berlian di tempat yang resmi dan sudah terbukti kredibilitasnya.

Sumber Artikel
sarkaje
nona212
tien212700
tien212700 dan 19 lainnya memberi reputasi
20
1.3K
5
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Fashionista
FashionistaKASKUS Official
2.2KThread4.6KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.