jonmaliboAvatar border
TS
jonmalibo
Ban Kapten Unik di Sepak Bola
Coba sebutin salah satu perlengkapan yang wajib ada di sebuah pertandingan sepak bola? Kalo bola, gawang, seragam, dsb sih udah pasti ya, Gan Sis. Tapi ada lagi nih yang gak kalah pentingnya, yaitu ban kapten



Biasanya sih ban kapten ini seragam ya Gan Sis. Apalagi di turnamen-turnamen besar FIFA kayak Piala Dunia atau Piala Eropa. Kalo liga, ada Premier League yang menggunakan ban kapten secara seragam, begitu juga di Liga Champions atau Liga Europa

Tapi ada juga ban kapten yang bisa dibilang ikonik banget sama sebuah tim loh. Nih ane kasih tau beberapa di antaranya:


BARCELONA



Mungkin Agan Sista gak kaget, karena pertandingan Barcelona cukup sering disiarkan langsung di tv. Warna bendera Katalan digunakan di ban kapten Barcelona. Bahkan di kompetisi Eropa, kapten tim Barcelona akan menggunakan dua ban kapten sekaligus, satu yang disediakan UEFA dan satu lagi ban kapten bercorak bendera Katalan

AJAX



Serupa dengan Barcelona, Ajax membuat ban kapten klub mereka dengan mengambil warna bendera Kota Amsterdam, yakni hitam, merah, dan putih. Tapi ban kapten ini biasanya hanya digunakan Ajax di Liga Belanda

ST. PAULI



Tim asal Jerman ini punya ban kapten yang lumayan serem, Gan Sis. Ada gambar tulang dan tengkorak, mirip kayak logo-logo para bajak laut, di atas tulisan St. Pauli. Gambar tersebut diambil dari gerakan para suporter klub pada tahun 80an

ATHLETIC BILBAO



Warna putih, hijau, dan merah yang menjadi warna dari bendera negara bagian Basque di Spanyol diadaptasi jadi warna ban kapten Athletic Bilbao. Tak cuma unik di ban kapten, Athletic juga terkenal unik dalam urusan merekrut pemain. Dimana mereka hanya mau mengontrak pemain kelahiran Basque atau yang menimba ilmu sepak bola di daerah tersebut

TIM NASIONAL JERMAN



Ban kapten yang sangat menggambarkan negara itu sendiri. Timnas Jerman menggunakan warna hitam-merah-kuning di ban kapten mereka dan tertera tulisan "Spielführer" yang memiliki arti "Kapten". Tapi ban kapten tersebut hanya digunakan Jerman di pertandingan persahabatan atau uji coba


Agan Sista ada yang tau lagi gak nih, ban kapten yang unik-unik di sepak bola? Kalo tau, langsung aja dikomen deh!

Sumber
Diubah oleh jonmalibo 13-04-2020 07:22
onik
nona212
tien212700
tien212700 dan 35 lainnya memberi reputasi
36
9.4K
42
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sports
Sports
icon
22.9KThread10.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.