• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Akhirnya Ada Sebuah Penelitian Untuk Menemukan Kasus Covid-19 yang Tidak Terdeteksi

SalkryeAvatar border
TS
Salkrye
Akhirnya Ada Sebuah Penelitian Untuk Menemukan Kasus Covid-19 yang Tidak Terdeteksi
Seperti yang kita tahu bahwa salah satu alasan penyebaran tercepat dari Covid-19 adalah karena ada beberapa orang yang telah terinfeksi namun tidak menunjukan gejala apapun, dan terlihat sehat. Tanpa disadari ia menyebarkan SARS-CoV-2 ke setiap orang yang ia jumpai.

Peneliti Amerika Serikat ingin mengetahui berapa banyak orang yang mungkin membawa SARS-CoV-2 namun ia sendiri tidak menyadarinya. 



The National Institutes of Health(NIH), mengumumkan bahwa pada hari Jumat nanti mereka akan membuat sebuah penelitian untuk menentukan sejauh mana peyebaran tidak terdeteksi dari Covid-19.

Studi ini akan dilakukan oleh para peneliti dari Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular (NIAID) dan Institut Nasional Penggambaran Biomedis dan Bioteknologi (NIBIB), dengan dukungan tambahan dari Pusat Nasional Pemajuan Ilmu Penerjemahan Sains (NCATS) dan Institute Nasional Kanker (NCI).

Mereka berencana untuk mengumpulkan sampel darah hingga 10.000 orang di Amerika Serikat dan mencari petunjuk apakah ada seseorang yang memiliki antibodi untuk melawan Covid-19. 

Para ilmuwan akan menganalisis sampel darah agar dapat mengetahui keberadaan antibodi, atau protein yang diproduksi sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi tersebut.



Jika seseorang telah terinfeksi namun tidak memiliki gejala pada umumnya dan tetap merasa sehat, itu menandakan darahnya mengandung antibodi khusus untuk SARS-CoV-2, dan seseorang dengan antibodi tersebut dapat kebal terhadap Covid-19, setidaknya dalam jangka waktu tertentu.

"Tes antibodi ini dapat menjelajahi riwayat sistem kekebalan tubuhnya yang pernah terinfeksi oleh virus" kata Matthew Memoli, MD,peneliti utama studi tersebut, dalam pernyataannya 10 April 2020 kemarin.

Ini adalah jenis tes yang berbeda dari yang digunakan untuk mendiagnosis kasus coronavirus lainnya, yang melibatkan tes Molekuler dan Swab hidung untuk mencari genetik sebuah virus. Tes tersebut kurang efektif karena tidak bisa mendeteksi pasien yang telah sembuh meskipun ia memiliki riwayat positif sebelumnya.

Sebaliknya, Tes Antibodi jauh lebih efektif karena dapat mendeteksi pasien yang memiliki riwayat virus meskipun ia telah sembuh. 

Namun sayangnya tes seperti ini belum tersedia secara luas di berbagai negara, meskipun ada beberapa perusahaan dan rumah sakit yang berlomba-lomba untuk mengembangkannya.



Relawan yang sehat, berusia di atas 18 tahun, yang tidak sedang mengalami berbagai gejala dari Covid-19, dapat berpartisipasi. Beberapa relawan dapat memberikan sampel darahnya dengan datang ke NIH University, Bethesda, Maryland.

Relawan lainnya juga dapat menerima kit tusuk jarum pengumpul darah melalui pos agar mereka dapat memberikan sampel darahnya langsung dari rumah, yang nantinya sampel darah tersebut dapat dikirimkan kembali melalui pos untuk di analisis. 

Tes tusuk jari ini aman dan mirip dengan tes glukosa darah di rumah untuk pengidap diabetes.

Hasil penelitian ini dapat memberikan informasi mengenai komunitas dan populasi yang terpengaruh paling besar oleh Covid-19.

"Studi ini akan memberikan kita gambaran yang lebih besar dan jelas mengenai seberapa besar sebenarnya pandemi Covid-19 ini di Amerika Serikat dan Dunia" kata Anthony Fauci, MD, direktur National Institute of Allergy and Infectious Diseases (NIAID).

Dan.. kita tunggu saja perkembangan selanjutnya dari penelitian ini. 

Stay safe, See ya.



Referensi:

nih.gov| NIH begins study to quantify undetected cases of coronavirus infection
aha.org | NIH seeks to quantify undetected cases of COVID-19
• healthnavigator.org | Nasal swab test, Also known as a nasopharyngeal swab or aspirate, and pertussis testing
Diubah oleh Salkrye 15-04-2020 00:11
genk10z
Gimi96
abellacitra
abellacitra dan 87 lainnya memberi reputasi
84
8.8K
112
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.