Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

WardahRosAvatar border
TS
WardahRos
[COC_Cooking2020] Sukses Buat Dalgoona Coffee, Bikin Melek Sampai Pagi



Assalamualaikum, ketemu lagi sama ane, WardahRos


Mumpung ane kerja di rumah, bisa puas-puasin main bersama anak-anak. Mereka itu suka banget bereksperimen. Kaya yang lagi viral, Dalgona Coffee. Anak ane yang cewek langsung minta praktek buat kopi itu pas lihat cara buatnya di YouTube.


Sebenarnya apa, sih Dalgona itu?


Dari kimchimari.com ane dapat info kalau Dalgoona (달구나) adalah sebuah nama untuk jajanan anak Korea tempo dulu. Sekitar tahun 60-an di Busan. Jajanan ini terbuat dari glukosa yang dilelehkan di atas sendok besar langsung di atas api. Lalu saat glukosa mencair ditambah dengan baking soda agar berbuih. Baking soda ini menjadikan glukosa menjadi lebih ringan.

Aduk-aduk sampai baking soda merata ke cairan glukosa. Setelah itu dituang di atas plat datar, ditekan dengan cetakan menjadi bulat pipih seperti lolipop. Sebelum mengeras, bagian tengahnya dipres dengan cetakan bentuk sederhana seperti hati atau bintang.




Lalu apa hubungannya dengan Dalgona Coffee?

Sebenarnya nama Dalgona Coffee itu dari orang-orang Korea Selatan yang merasa kalau kopi itu rasanya seperti permen Dalgona. Kalau di negara lain namanya simple, Whipped Coffeegitu aja.

Dalgona itu kebalikannya kopi Latte. Kalau Caffe latte, kan kopi di bawah, buih susu di atas. Nah Dalgona itu justru susunya di bawah, buih kopinya yang di atas. Unik, ya? emoticon-Matabelo

Ane bukan penyuka kopi. Nge-teh aja jarang-jarang. Kalau minum kopi itu kadang perut jadi sebah. Tapi ada beberapa merk yang ga bikin perut ane mules, sayangnya di resep Dalgona Coffee yang diunggah di YouTube kebanyakan yang sukses berbuih itu memakai merk kopi yang ngajakin perut ane gelud emoticon-Mewek

Tapi demi konten, eh kesuksesan misi ... ane harus pakai merk itu. Ternyata pas hunting kopi itu, bukan hoki ane, Gaes. Kosong semua di minimarket dekat rumah. Jadinya ane coba pakai dua merk kopi instan mix. Di dalam sachet-nya itu sudah ada kopi, gula, dan susu.

Yang pertama White Coffee ada bubuk coklatnya untuk topping. Yang kedua pakai kopi Latte Classic. Untuk merk-nya ane samarkan, ya, kan bukan produk endorse emoticon-Blue Guy Peace


Trial and Error


Sebelum eksekusi seperti biasa ane nyari dulu contekan ke YouTube. Pertama coba pakai saringan kawat. Takarannya pakai 3 sendok kopi instan + 3 sendok makan air. Goyang terus si saringan, ga pakai ngebor. Pokok 3 menit sesuai instruksi.

Ternyata ... jreng jreng, gagal. Bonusnya lengan atas jadi gempal emoticon-Ngakak

Nyerah? Belum, dong. Coba lagi pakai mixer. Takaran sama, bedanya ga pakai otot buat ngocok.

Hasilnya?



Gagal maning emoticon-Mewek

Coba lagi, tapi kali ini cari contekan ke Mr. Google. Ketemu cara yang kaya bikin adonan kue. Yaitu pakai SP alias emulsifier. Untuk takarannya ane buat sendiri coba-coba.

Bahan Dalgona Coffee :
1/3 sendok teh SP
3 sendok makan kopi instan
3 sendok makan air

Pertama tim dulu SP menggunakan air 3 sendok makan.



Tim sampai SP mencair. Ane pakai penggorengan teflon diisi air, lalu atasnya pakai panci rantang yang nantinya untuk mengocok bahan kopi. Tunggu sampai SP mencair, lalu angkat dan biarkan dingin.

Tuangkan 3 sendok makan kopi instan ke rantang isi SP dan air tadi, lalu aduk asal rata dengan sendok.

Kocok dengan mixer dengan kecepatan tinggi hingga 3 menit.

{thread_title}


Voilaa! Sukses langsung di percobaan pertama. emoticon-Jempol

Finishing


Bagian bawah gelas diisi susu, ane pakai yang coconut delight. Jadi rasanya ada gurih kelapanya sedikit. Lalu tuang buih kopi sampai penuh. Kasih topping coklat bubuk di atasnya.



Yang pertama hasil buih kopinya pucat karena pakai White Coffee.

Lalu ane ulangi lagi pakai yang Latte, buih kopinya jadi lebih gelap.



Puas, dong sama hasilnya emoticon-Jempol


Rasanya?

Karena aku ga terlalu suka manis, susunya itu campuran dari coconut delight dan full cream yang ga ada gulanya sama sekali, kuencerin lagi dengan air es. Ane ga pakai es batu karena buatnya malam-malam. Es batu di freezer ukurannya sekiloan, masa ane malem-malem pecahin es batu. Bisa-bisa orang sekampung keluar semua emoticon-Ngakak

Buih kopinya waktu kucoba rasanya manis, ada pahitnya dikit. Lalu kuaduk dulu dengan susunya biar ga terlalu manis, baru deh minum sampai habis. emoticon-Blue Guy Peace

Efek dari habisin hasil eksperimen Dalgona Coffee ane jadi melek sampai pagi. emoticon-Ngakak

Gimana, Gaes pengen nyobain juga, kan? Jangan lupa foto-foto dulu Dalgona Coffee yang kamu buat, lalu upload ke sosmed. emoticon-Motret

Sampai jumpa di thread ane lainnya. Wassalam.


Sumber:
Dokumen pribadi
tirto.id
kimchimari.com
Diubah oleh WardahRos 11-04-2020 20:06
BumiTimur
onik
nona212
nona212 dan 27 lainnya memberi reputasi
28
1.3K
43
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The KASKUS Bar
The KASKUS BarKASKUS Official
1.2KThread2.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.